Cara Mengobati Penyakit Hepatitis Dengan Terapi Medis

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagian besar pasti pernah mendengar tentang penyakit hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia. Disini, hati atau liver mengalami peradangan sehingga membuat fungsi hati yang sebagai tempat penyaring racun-racun dalam darah menjadi terganggu. Fungsi hati yang terganggu bisa berdampak pula pada fungsi organ lain, sehingga membuat kesehatan seseorang akan hancur secara keseluruhan.


Banyak dari penderita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi hepatitis. Terkadang mereka baru mengetahuinya ketika melakukan pemeriksaan kesehatan berkala dikantor atau ketika akan melamar pekerjaan.

Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan hepatitis, seperti diantaranya virus, alkohol, obat-obatan tertentu, autoimun, serta stagnasi empedu. Namun, penyakit hepatitis paling sering disebabkan oleh virus.

Tidak semua orang dengan hepatitis dapat merasakan gejala. Namun, beberapa gejala dapat mengindikasikan bahwa Anda terinfeksi hepatitis, diantaranya adalah demam, menggigil, nyeri otot dan persendian, mudah lelah, penurunan nafsu makan, mual, muntah, nyeri perut (terutama disekitar hati, yaitu bagian kanan perut bawah tulang iga), warna urine menjadi gelap seperti teh, perubahan warna tinja menjadi dempul, serta warna kuning di mata dan kulit.

Pengobatan Penyakit Hepatitis dengan Terapi Medis

Cara mengobati penyakit hepatitis akan disesuaikan dengan penyebabnya. Alangkah baiknya jika penderita melakukan perawatan sejak dini agar penyakit hepatitis bisa disembuhkan. Karena semakin lambat ditangani, maka virus akan semakin merusak hati bahkan bisa berkembang menjadi kanker.

Secara umum, penderita hepatitis harus banyak istirahat, menghindari alkohol, dan mengonsumsi obat, baik obat hepatitis alami ataupun kimia untuk membantu meringankan gejala.

Sebagian besar penderita hepatitis A dan E akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Penderita juga bisa mengobati penyakit hepatitis dengan melakukan vaksinasi untuk mendapatkan antibodi dari virus hepatitis A dan virus hepatitis B. Namun, tidak ada vaksinasi untuk mencegah virus hepatitis C.

Meskipun seseorang belum terindikasi virus ini, namun pemberian vaksin dapat mencegah virus merusak hati, karena gejala hepatitis bisa saja baru timbul puluhan tahun kemudian. Pemberian vaksin sangat diperlukan, khususnya pada anak-anak, karena kekebalan tubuh mereka lebih lemah untuk membersihkan virus hepatitis dibandingkan dengan orang dewasa.

Untuk infeksi virus hepatitis B dan C diperlukan pengobatan antivirus, namun indikasi dan waktu pemberian antivirus ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam atau konsultan hepatologi. Sementara itu, pengobatan untuk hepatitis autoimun diberikan obat untuk mengatasi peradangan yang mungkin dapat diberikan sampai seumur hidup. Selain itu, transpalntasi hati mungkin juga diperlukan pada kegagalan hati yang disebabkan oleh hepatitis B atau C.

Selain mengetahui cara mengobati penyakit hepatitis, Anda juga harus mengetahui cara pencegahannya agar terhindari dari risiko hepatitis. Untuk menghindari penyakit hepatitis, beberapa langkah pencegah bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan mengetahui cara penularannya dan mekanisme bagaimana hepatitis itu sendiri terjadi.

By Sri Maryati - Tips Sabtu, 25 Maret 2017 13:15:58

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Kurap Dan…

Penyakit kulit terdiri dari…

Kesehatan
Tanda-Tanda Sesak Nafas Akibat…

Mengenali dan membedakan tanda-tanda…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara…

Pilek ialah infeksi ringan…

Penyakit
Kenali Gejala Dan Penyebab…

Berikut ini adalah berbagai…

Alami
Obat Pertolongan Pertama yang…

Selain untuk memberi rasa…

Penyakit
Faktor Penyebab Timbul Memar…

Faktor penyebab timbul memar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Meredakan Payudara Saat Nyeri Menyusui

Payudara nyeri merupakan salah satu…

Tips
Tips Cara Mengatasi Kapalan Di Kaki

Tips cara mengatasi kapalan dikaki…

Tips
Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Selama puasa, daya tahan tubuh…

Kirim Pertanyaan
Top