Haloperidol Obat Untuk Masalah Kejiwaan

Share dan Tag Temanmu di :

Haloperidol, Obat Untuk Masalah Kejiwaan
Haloperidol merupakan sebuah obat yang bisa mengatasi masalah yang mempengaruhi perasaan, cara berpikir dan perilaku karena cara kerjanya dengan menghambat efek kimia di dalam otak. Oleh karena itu, haloperidol dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kejiwaan seperti sindrom tourette, gejala skizofrenia, mania, tic disorder, psychomotor agitation, serta masalah psikologis lainnya.



Obat yang berbentuk kapsul,tablet, dan obat cair ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan oleh perempuan hamil, menyusui, serta perempuan yang sedang merencanakan kehamilan. Begitu juga oleh orang-orang yang menderita gangguan hati, ginjal, jantung, masalah prostat, penyakit pembuluh darah, tumor kelenjar adrenal, myasthenia gravis, depresi, epilepsi, glaukoma, penyakit parkinson, serta penyakit kuning.


Haloperidol juga harap tidak dikonsumsi orang lanjut usia yang menderita demensia serta mereka yang mengalami masalah pernafasan. Dosis haloperidol ditentukan pada tingkat keparahan penyakit, kondisi pasien, serta respon tubuh pasien terhadap obat.


-Penyakit skizofrenia, psikosis, serta mania akut untuk dewasa dosis yang diberikan 2-20 miligram per hari.
-Penyakit skizofrenia, piskos, dan mania kronis untuk dewasa, dosis yang diberikan adalah 3-20 miligram per hari.
-Psychomotor anti agitation kronis pada dewasa dosisnya sebanyak 1,5-9 miligram per hari.
-Psychomotor anti-agitation akut untuk dewasa dosis yang diberikan sebanyak 3-15 miligram per hari.
-Penyakit Skizofrenia untuk anak usia 3-12 tahun, dosis yang diberikan kisaran 0,5-6 miligram per hari, sementara untuk anak usia 13-17 tahun dosisnya 0,5-10 miligram per hari.
-Penyakit psychomotor anti-agitation untuk anak usia 3-12 tahun, dosis yang diberikan 0,25-3 miligram per hari, sedangkan anak usia 13-17 tahun dosisnya 0,25-6 miligram per hari.


Dosis yang diberikan bisa diminum sekali sehari atau dibagi menjadi beberapa dosis. Umumnya, dokter memberikan dosis kecil di awal lalu meningkatkan dosisnya perlahan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.


Lalu apa efek samping haloperidol? Beberapa efek samping yang mungkin terjadi diantaranya perubahan berat badan, mulut terasa kering, sakit kepala, sulit buang air kecil, sakit perut, perubahan suasana hati, gemetar, masaah menstruasi, pandangan buram, sulit tidur, konstipasi, perubahan kemampuan seksual, payudara membesar, detak jantung berdebar, dan hidung tersumbat.


Tidak hanya itu, ada pula efek samping yang terjadi berupa gejala sindrom neuroleptik maligna seperti berkeringat, demam tinggi, jantung berdebar cepat, otot terasa kaku, dan linglung. Jika efek berlanjut, segera hubungi dokter.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Jum'at, 13 Mei 2016 09:30:17

Related Post :
Daun
Manfaat Daun Mint Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Manfaat Daging Belut Bagi…

Mengingat begitu banyaknya kandungan…

Obat Kimia
Obat Famotidine di Apotek…

Obat Famotidine di Apotek…

Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Kesehatan
Cara Membedakan Demam yang…

Demam akibat infeksi virus…

Obat Kimia
Obat Cetrizine Untuk Mengatasi…

Obat cetrizine untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan Untuk Kulit Gatal Di Apotek

Hydrocortisone adalah salah satu jenis…

Obat Kimia
Obat Cetrizine Untuk Mengatasi Gejala Alergi

Obat cetrizine untuk mengatasi gejala…

Obat Kimia
Aminofilin Obat Untuk Penyakit Pernapasan

Aminofilin Obat Untuk Penyakit Pernapasaneperti…

Kirim Pertanyaan
Top