Cara Aman Memecahkan Bisul yang Sudah Matang

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit bisul memang merupakan salah satu penyakit yang cukup dikenal oleh masyarakat. Namun, sebagina besar masih belum mengetahui bagaimana cara mengobati bisul dengan tepat.

Bisul adalah sekumpulan nanah (neutrofil mati) yang telah terakumulasi di rongga di haringan setelah terinfeksi sesuatu, umumnya karena bakteri atau parasit atau barang asing seperti luka tembakan/tikaman. Bisul merupakan reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebarnya barang asing di tubuh.


Bisul disebabkan oleh infeksi bakteri. Dan sebagian besar penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan dalam hidung.

Gejala awal timbulnya bisul bisa diawal dengan kulit yang berwarna kemerahan, kemudian timbul benjolan yang terasa sakit, semakin besar benjolan maka akan semakin sakit dan berisi nanah, hingga akhirnya (sudah matang) akan pecah.

Gejala bisul lainnya, termasuk demam, kelelahan, dan badan pegal-pegal. Pembengkakan bisa terjadi pada jaringan di dekatnya dan kelenjar getah bening yang terlibat, terutama kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan.

Ketika timbul bisul, biasanya obat bisul alami sering menjadi pilihan untuk mengataasinya. Secara umum, untuk bisul yang berukuran kecil bisa dilakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara yang sederhana.

Berikut ini beberapa cara aman memecahkan bisul yang sudah matang sendiri di rumah :

Tunggu dan amati

Sebagian besar sistem imun alami manusia cukup kuat untuk mengatasi infeksi kulit minor seperti bisul secara efektif. Dengan demikian, bisul sering kali sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu, meskipun Anda kemungkinan mengalami gatal dan rasa sakit agak berdenyut pada tahap awal.

Kompres hangat

Menempelkan kompres hangat pada bisul bisa membantu bisul agar pecah dan keluar nanahnya, karena panas membuat pembuluh darah di bawah kulit mengembang dan meningkatkan aliran darah dan getah bening. Kehangatan kompres juga bisa membantu meredakan rasa sakit, meskipun menimbulkan peradangan lokal.

Gunakan minyak tea tree

Minyak tea tree adalah antibiotik atau antiseptik alami yang biasa digunakan untuk mengatasi infeksi kulit. Minyak ini bisa membantu mengatasi bisu karena khasiat antiperadanagn dan antibakteri yang dikandungnya, meskipun tingkat penyerapannya ke dalam kulit belum dipahami benar. Minyak ini juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran bakteri ketika bisul pecah. Celupkan bola kapas bersih ke dalam minyak tea tree, kemudian oleskan tipis-tipis pada bisul 3-5 kali sehari. Hindari area mata, karena bisa menimbulkan rasa perih.

Rangsang nanah agar keluar dari bisul

Ketika bisul pecah, rangsanglah nanah agar keluar dengan menekan pelan pinggur bisul menggunakan tisu penyerap yang bersih. Jangan terkejut ketika Anda melihat nanah dan darah yang keluar dari bisul hanya sedikit. Biasanya kondisi ini sering kali dibandingkand engan jerawat besar. Seraplah darah dan nanah sebanyak mungkin, buang tisunya, kemudian bersihkan seluruh area bisul dengan tisu basah antibiotik. Bisul memang tidak menular, namun bakteri yang ada didalamnya bisa menyebar.

Selain melakukan perawatan di rumah, Anda juga bisa mencari bantuan medis untuk membantu memecahkan bisul yang telah matang. Perlu diingat bahwa bisul disebabkan oleh infeksi bakteri, jadi bisul bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

By Sri Maryati - Tips Selasa, 28 Maret 2017 11:51:48

Related Post :
Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa…

Salah membersihkan telinga dengan…

Ibu Dan Anak
Penyebab Umum Bayi Menangis…

Sebagian besar orangtua, terutama…

Manfaat
Manfaat Star Bio Oil…

Berikut adalah khasiat dan…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa…

Kebiasaan merokok yang sering…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Ibu Dan Anak
Hal Yang Harus Dilakukan…

Hal yang harus dilakukan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Meski Berhijab

Wanita yang mengenakan hijab berarti…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan…

Tips
Cara Benar Mengolah Buah Mengkudu Sebagai Obat Tradisional

Tahukah anda bagaimana cara mengolah…

Kirim Pertanyaan
Top