Khasiat Dan Manfaat Daun Kamboja Untuk Mengatasi Bisul

Share dan Tag Temanmu di :

Tak hanya bunganya, nyatanya manfaat daun kamboja juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan terutama dalam mengatasi bisul. Adapaun informasi secara lengkapnya bisa anda simak pada uraian berikut ini.


Kamboja adalah salah satu tanaman hias berbunga cantik yang berasal dari daerah Amerika tropik dan juga Afrika. Di Indonesia sendiri, tanaman ini sering kali kita dapati tumbuh tinggi di area pemakan, sehingga tak sedikit dari orang yang menyebutnya dengan bunga kematian. Namun ada juga dari pada tanaman ini yang memiliki ukuran kerdil yang di kreasikan menjadi pohon bonsai yang sangat cantik, yang di simpan di pekarangan rumah.

Di balik keelokan dan keharuman bunganya tersebut, tanaman yang memiliki nama latin plumiera acuminata ait ini ternyata telah banyak di gunakan untuk kesehatan dan kecantikan terutama bagian bunganya. Bahkan di negara Jepang, Taiwan dan China bunga kamboja sendiri telah banyak di olah menjadi minyak wangi, teh seduh hingga obat nyamuk. Bahkan untuk menjaga kesehatan jenis bunga ini bisa di makan secara langsung layaknya bunga pepaya dan juga bunga turi.

Hal tersebut tak luput dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya, yang beberapa diantaranya seperti damar, kautscuk, senyawa sejenis karet, senyawa triterpenoid amytin, lupeol dan antiseptik alami. Tak hanya pada bagain bunganya melainkan berbagai kandungan tersebut tersebar pada batang dan getah bunga kamboja itu sendiri. Adapun bagi anda yang belum mengetahui jenis tanaman yang satu ini, berikut adalah ciri-ciri tumbuhan kamboja secara detailnya:

  • Memiliki ketinggian hingga 3-7 meter dengan akar tunggang
  • Batangnya bercabang-cabang dan bergetah
  • Buku-buku batang dan ruas batang tidak jelas
  • Batang dari pangkal ke ujung bagian buga berjumlah lima
  • Batang dan akar memiliki kambium sehingga dapat tumbuh besar.

Namun jangan salah, tak hanya bunganya namun hampir semua bagian dari tanaman ini memiliki fungsi masing-masing. Seperti kulit pohon, akar dan terutama daunnya. Adapun khasiat daun kamboja yang paling terkenal adalah dapat menyembuhkan masalah kulit seperti bisul.

Khasiat dan manfaat daun kamboja untuk mengatasi bisul

Karakterisitik maupun ciri-ciri dari daun kamboja sendiri adalah daunnya yang tunggal, bertangkai panjang, duduk berkarang atau bergerombol si ujung tangkai. Selain itu, helaian daun mempunyai bentuk lanset, teksturnya kaku seperti kulit, ukuran panjangnya mencapai 20-40 cm dan lebarnya mencapai 6-12,5 cm. Tepi daun rata, ujungnya runcing namun pangkalnya menyempit dengan tulang daun yang menyirip. Adapun untuk memanfaatkan daun kamboja sebagai obat bisul alami, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

- Siakan beberapa lembar daun kamboja dan cuci hingga bersih.
- Setelah itu, panaskan daun kamboja hingga lemas.
- Oleskan minyak kelapa dan baru anda tempelkan pada bisul.
- Untuk yang lebih praktisnya, anda juga bisa menggunakan getah pohon kamboja dan oleskan pada bisul.
- Lakukan cara tersebut secara berulang agar hasil yang di dapat memuaskan.

Karena daun kamboja juga di ketahui mengandung senyawa fulvoplumieri, maka di dalam setiap dosis 1,5 mg daun kamboja juga berkhasiat untuk menghambat perkembangan kuman TBC. Bahkan rebusan daun kamboja di ketahui bermanfaat untuk mengatasi asam urat secara alami dan juga  mengatasi tumit pecah.

Nah, itulah khasiat dan manfaat daun kamboja untuk mengatasi bisul dan menumpas masalah kesehatan lainnya. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 28 Maret 2017 14:40:36

Related Post :
Kesehatan
Karena Alasan Ini Demam…

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, namun…

Ibu Dan Anak
Kenali Penyebab Dan Tanda…

Informasi tentang susah buang…

Kesehatan
Risiko Penyakit Akibat Badai…

Anda harus selalu waspada…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Adas…

Informasi lengkap seputar khasiat…

Tips
Cara Menurunkan Kadar Lemak…

Berikut ini beberapa cara…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Gejala dan Penyebab…

Mengetahui serta mewaspadai gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Mengenal Khasiat Dan manfaat Daun Dewandaru Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top