Rekomendasi Nama Obat Gatal pada Kulit di Apotik

Share dan Tag Temanmu di :

Gatal-gatal yang timbul di kulit merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun, jika terjadi dalam waktu yang lama, tentu saja kondisi tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan tentunya menggangu aktivitas penderitanya  karena keinginan untuk menggaruk bagian kulit yang gatal.


Gatal bisa terasa pada area tertentu atau seluruh tubuh. Kulit kemerahan atau ruam adalah gejala yang sering mengiringi rasa gatal. Mengenali penyebab gatal di kulit sangat penting untuk menenttukan penanganan yang tepat. Penyebab yang paling umum terjadi adalah gigitan serangga, namun sebenarnya ada banyak hal lain yang juga dapat memicu terjadinya gatal pada kulit dan umumnya dapat reda dengan sendirinya dengan obat gatal pada kulit yang biasa dijual bebas.

Selain obat yang diresepkan dokter, Anda juga bisa membeli beberapa jenis obat gatal pada kulit di apotik. Beberapa rekomendasi nama obat gatal pada kulit diapotik yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah :

  • Scabimite

Scabimite adalah obat gatal yang berfungsi untuk memperlambat repolarisasi dinding sel yang menyebabkan paralise parasit, yaitu dengan cara mengganggu polarisasi pada dinding sel syaraf parasit melalui ikatan natrium. Scabimite dapat dimetabolisir oleh kulit dengan cepat. Scabimite hanya bisa digunakan untuk sekali pemakaian dengan cara mengoleskannya secara merata pada seluruh permukaan kulit, terutama pada lipatan-lipatan tubuh. Untuk waktu pemakaiannya sekitar 8-12 jam, sehingga dianjurkan untuk menggunakannya di malam hari agar dapat dicuci pada keesokan harinya.

  • Miconazole

Miconazole merupakan obat gatal pada kulit yang bisa Anda beli di apotik selanjutnya. Obat ini berfungsi untuk mengatasi infeksi jamur pada bagian tubuh seperti kulit, vagina, dan mulut. Selain itu, Miconazole juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada kuku dan infeksi pada bagian bokong bayi akibat penggunaan popok. Biasanya Miconazole digunakan selama 1-2 minggu, sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Jika gatal pada kulit telah reda, sebaiknya tetap gunakan obat ibu selama beberapa hari untuk mencegah kambuhnya infeksi jamur.

  • Hydrocortisone

Hydrocortisone dapat mengurangi gatal yang membengkak dan kemerahan yang terjadi pada kulit. Gunakan obat ini pada kulit saja, kecuali bagianw ajah dan ketiak, kecuali jika telah disarankan oleh dokter.

  • Ketoconazole

Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada kulit seperti kurap pada kaki atau selangkangan, panu, serta ketombe. Obat iniu berfungsi untuk membunuh jamur uang yang menyebabkan terjadinya infeksi dan mencegahnya untuk tumbuh kembali dengan cara mengganggu sintesa ergosterol, yaitu komponen penting dari membran sel jamur.

  • Elocon

Elocon tersedia dalam bentuk krim, salep, dan lotion yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal pada kulit, peradangan yang disebabkan karena eksim, alergi, dermatitis, dan ruam kulit. Glukokortikosteroid (GCS) pada Elocon berfungsi untuk mengobati kulit yang meradang dan gatal-gatal serta kondisi yang berhubungan dengan hiperkeratosis pada orang dewasa dan anak diatas 2 tahun.

Itulah beberapa rekomendasi nama obat gatal pada kulit di apotik yang bisa Anda gunakan. Jika rasa gatal masih timbul setelah melakukan pengobatan, jangan ragu untuk mengunjungi dokter agar bisa mendapatkan solusi yang tepat. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Obat Kimia Rabu, 29 Maret 2017 13:23:46

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Cara Merawat Bayi…

Tips cara merawat bayi…

Kesehatan
Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium…

Tanda tubuh kekurangan kalsium…

Obat Kimia
Baclofen, Obat Kimia Relaksan…

Baclofen, Obat Kimia Relaksan…

Kesehatan
Sering Sakit Pundak? Kenali…

Berikut ini informasi tentang…

Tips
Cara Sederhana untuk Bantu…

ternyata ada cara sederhana…

Tips
Cara Menormalkan Kadar Trigliserida…

Mengubah gaya hidup dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Cetrizine Untuk Mengatasi Gejala Alergi

Obat cetrizine untuk mengatasi gejala…

Obat Kimia
Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet PCC yang Harus Diketahui

Berikut ini merupakan beberapa fakta…

Kirim Pertanyaan
Top