Cara Mengatasi Alergi Kulit Bentol-bentol Paling Efektif

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bentol-bentol Paling Efektif

Gejala gatal yang disertai bentol-bentol seringkali dianggap sebagai hal biasa oleh setiap orang. Tetapi itu memang hal yang wajar karena biasanya bentol dan gatal tersebut bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya. Lalu bagaimana jika kondisi gatal dan bentol yang sering kambuh?


Penyebab badan gatal dan bentol-bentol bisa terjadi oleh beberapa faktor misalnya alergi cuaca dingin, faktor makanan, kulit sensitif, dan masih banyak lagi. Kondisi seperti ini bisa menyerang semua usia dan lebih sering menyerang anak-anak serta orang dengan sistem daya tahan tubuh yang lemah juga beresiko mengalami gatal-gatal dan bentol pada tubuh.

Apabila kondisi yang dialami yaitu bentol kemerahan yang terasa sangat gatal, kemungkinan itu kaligata yang dalam istilah medis dikenal dengan urikaria atau biduran. Biduran yaitu gangguan kulit yang terjadi reaksi alergi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti stress, faktor keturunan, gigitan serangga, infeksi bakteri, makanan, komplikasi penyakit (hepatitis, hipertiroid), jamur, debu, suhu ekstrim, bulu binatang, efek samping sabun, obat, atau kosmetik.

Cara mengurangi rasa gatal anda bisa menggunakan antihistamin dan salep kortikosteroid dan jika terjadi infeksi sekunder bisa diatasi dengan salep antibiotik. Namun sebaiknya penderita berkonsultasi dahulu ke dokter ahli kulit.

Maka jika anda ingin mengurangi rasa gatal atau menghilangkan bisa dengan beberapa cara berikut ini yang merupakan obat gatal kulit alami diantaranya :

1. Mengoleskan kunyit 

Kunyit merupakan obat tradisional yang bisa menghilangkan penyakit gatal pada kulit seperti kaligata dan alergi. Dengan vara memarudnya kemudian masukan kedalam wadah dan campurkan dengan minyak kayu putih.

Caranya oleskan pada seluruh badan dan biarkan hingga empat jam walaupun badan anda berubah menjadi kuning tetapi hanya bersifat sementara dan bisa dihilangkan.

2. Meminum minuman berjahe

Jahe salah satu obat tradisional yang bisa menghilangkan penyakit gatal untuk mengatasi penyakit gatal pada kulit, anda bisa meminum jahe ini seperti dijadikan bandrek, bajigur, atau bisa juga membuat minuman langsung dari jahenya.

3. Berjemur dipagi hari

Sinar matahari yang masih baru sangat baik untuk kesehatan salah satunya untuk mengatasi orang yang terkena penyakit gatal karena bisa menghilangkan rasa dingin sehingga gatal pun bisa hilang.

4. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat paling efektif itu biasanya dari air pegunungan yang aktif misalnya kawah galunggung, cipanas garut, dan yang lainnya. Karena air gunung mengandung belereng akan menghilangkan virus yang mengakibatkan gatal pada kulit sehingga virus tersebut akan mati.

Cara menghindari penyakit gatal-gatal pada kulit

Selain mengobati dan menyembuhkan, ada beberapa cara agar terhindar dari penyakit gatal-gatal antara lain :

  • Jangan telat makan

Jika anda telat makan maka akan menimbulkan rasa mual yang terdapat pada tubuh walaupun hal ini tidak terasa langsung oleh anda, namun hal tersebut bisa mengakibatkan munculnya bentol-bentol besar yang disebut kaligata.

  • Hindari tempat yang bersuhu dingin

Untuk orang yang tidak terbiasa ditempat suhu rendah biasanya akan menimbulkan gatal-gatal disertai bentol sehingga tidak baik jika berada lama disuhu yang dingin.

Itulah cara mengatasi alergi kulit bentol-bentol paling efektif serta menjaga kulit agar terhindar dari penyakit gatal-galal, semoga bermanfaat.

By Ana Rediana - Tips Rabu, 29 Maret 2017 14:35:30

Related Post :
Kesehatan
Mewaspadai Efek Negatif Fogging…

Meskipun bermanfaat untuk memberantas…

Obat Kimia
Obat Timolol Tetes Mata…

Tergolong beta blockers dalam…

Manfaat
Manfaat Daging Domba Bagi…

Dibandingkan daging kambing, daging…

Ibu Hamil
Tips Mencegah Varises Pada…

Tips mencegah varises pada…

Kesehatan
Jangan Nekat Bikin Tato…

Saat ini tato mata…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Maag…

Pantangan makanan bagi penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Menangani Bisul Di Wajah

Saat kulit terinfeksi yang dimulai…

Tips
Cara Efektif Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara efektif mengatasi bibir kering…

Tips
Tips Agar Tidak Mudah Sakit saat Suhu Dingin dari Dokter

Akhir-akhir ini suhu di beberapa…

Kirim Pertanyaan
Top