Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Darah Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi sangat penting untuk diketahui terutama bagi penderita darah tinggi. Namun, tidak hanya mengetahuinya saja, tapi juga harus mempraktikkannya. Bila penderita darah tinggi menghindari makanan yang menjadi pantangannya, maka  bisa membantu penderita penyakit ini agar terhindar dari komplikasi.


Oleh karena itu, penderita darah tinggi sebaiknya harus mulai merubah pola makan dan hindari makanan yang dapat memicu darah tinggi menjadi kambuh kembali. Bila penderita darah tinggi tidak mengurangi dan menghindari makanan yang bsia memicu darah tinggi, maka dapat meningkatkan resiko komplikasi seperti serangan jantung dan stroke.

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Darah Tinggi

Garam

Penderita darah tinggi harus mengurangi konsumsi garam. Karena jika penggunaan garam yang banyak atau masih sering mengkonsumsi makanan yang banyak garam bisa mengakibatkan tekanan darah semakin naik. Bila tekanan darah semakin naik, dikhawatirkan bisa meningkatkan resiko komplikasi.

Makanan olahan dari daging

Makanan yang harus dihindari untuk penderita darah tinggi adalah jenis makanan olahan dari daging seperti kornet, dendeng, nugget dan sosis. Walaupun jenis makanan olahan ini tidak terlalu asin, tapi kandungan garamnya cukup tinggi.

Makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan lainnya yang harus dihindari untuk penderita darah tinggi adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena mengkonsumsi makanan lemak jenuh secara berlebihan bisa meningkatkan resiko obesitas. Dan obesitas dapat memicu darah tinggi. Selain itu, penderita darah tinggi juga harus menghindari makanan yang di goreng, sebab dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

Daging merah

Penderita darah tinggi juga harus menghindari konsumsi daging merah. Karena daging merah mengandung lemak yang dapat meningkatkan tekanan darah secara secara cepat.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji salah satu makanan yang biasa dikonsumsi oleh sebagian banyak orang. Dikarenakan jenis makanan ini rasa enak. Namun tidak untuk penderita darah tinggi, karena makanan cepat saji merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi.  Sebab mengandung banyak garam dan juga bahan perasa lainnya yang dapat meningkatkan resiko darah tinggi menjadi kambuh. Oleh karena itu, bai penderita penyakit ini, kurangi dan hindari makanan cepat saji seperti burger, chiken, dll.

Minuman yang harus dihindari penderita darah tinggi

Selain makanan, ada beberapa jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi.

Kopi


Kopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat indonesia, banyak orang yang menyukai minuman ini. Namun bila terlalu berlebihan minum kopi di setiap harinya, maka tentunya tidak baik untuk kesehatan. Apalagi bagi anda yang sering mengalami darah tinggi, harus mengurangi dan berhenti minum kopi. Karena minum ini mengandung kafein dan juga bisa meningkatkan resiko darah tinggi.

Alkohol


Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa minum minuman alkohol bahaya bagi kesehatan. Termasuk pada penderita darah tinggi, bila penderita penyakit ini masih sering minum minuman alkohol maka dapat meningkatkan resiko darah tinggi kambuh.

Cara menghindari makanan yang dapat memicu darah tinggi

  1. Kurangi dan hindari kebiasaan makan diluar.
  2. Masak sendiri di rumah, supaya anda bisa mengurangi penggunaan garam.
  3. Hindari makanan dan minuman kemasan seperti makanan kaleng, minuman kaleng dll.

Semoga setelah mengetahui makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi, sangat diharapkan penderita penyakit ini selalu memperhatikan pola makannya dengan menghindari pantangan makanan bagi penderita darah tinggi. Selain mengkonsumsi obat penurun darah tinggi, alangkah baiknya ubah pola makan yang tidak sehat menjadi pola makan sehat. Supaya tidak menimbulkan komplikasi akibat darah tinggi.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 30 Maret 2017 11:22:04

Related Post :
Kesehatan
Stop ! 14 Kebiasaan…

Kebiasaan buruk ini benar-benar…

Kesehatan
Manfaat Lain Tisu Basah…

Tisu basahkini tidak hanya…

Kesehatan
Kebiasaan Sepele Ini Bikin…

Kebiasaan sepele ini bikin…

Kesehatan
Wanita Wajib Tahu! Ini…

Wanita wajib tahu! ini…

Kesehatan
Penyebab Tubuh Sering Terasa…

Berikut ini adalah berbagai…

Penyakit
Diagnosis Lyme Disease Serta…

Berikut ini merupakan informasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kita Bersedekah

Menolong sesama atau bersedekah ternyata…

Kesehatan
Makanan Untuk Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Makanan untuk melancarkan haid yang…

Kesehatan
Pengaruh HIV Pada Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Pengaruh HIV pada sistem kekebalan…

Kirim Pertanyaan
Top