Penyebab Lain Gatal di Kulit Kepala selain Ketombe

Share dan Tag Temanmu di :

Gatal yang timbul di kulit kepala memang akan sangat mengganggu kenyamanan dan kesegaran rambut. Namun, selain itu, rasa gatl juga bisa merusak penampilan, karena terkadang kulit kepala yang gatal juga disertai oleh serpihan putih di kulit kepala.

Gatal di kulit kepala bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan kulit kepala, mulai dari masalah yang tergolong ringan hingga yang cukup parah. Namun, sebagian besar orang secara spontan akan mengira hal ini disebabkan oleh ketombe atau mencurigai adanya kutu rambut.


Padahal, rasa gatal yang timbul di kepala tidak hanya disebabkan oleh kedua hal tesebut. Terdapat beberapa jenis penyakit yang ternyata juga bisa memicu rasa gatal di kepala.

Berikut ini beberapa penyebab lain gatal di kulit kepala selain ketombe yang harus diketahui :

  • Psoriasis kulit kepala

Psoriasis kulit kepala dapat mengakibatkan rasa gatal pada kulit kepala, masalah ketombe yang parah, rambut rontok, dan bahkan jika terus digaruk bisa menyebabkan kulit kemerahan. Karena psoriasis adalah kelainan kulit yang kronis, maka Anda memerlukan perawatan jangka panjang.

  • Herpes zoster

Rasa gatal di kulit kepala yang disebabkan karena herpes zoster memang jarang terjadi. Biasanya kondisi ini terjadi ketika herpes bermunculan di wajah dan meluas hingga kulit kepala. Secara umum, herpes lebih sering memengaruhi punggung dan dada seseorang. Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan menimbulkan ruam kulit yang menyakitkan dan bahkan sering menjadi lecet. Sayangnya, herpes bisa menyebabkan kebotakan jika telah merambah ke kulit kepala.

  • Alopecia

Jaringan parut alopecia adalah sekelompok gangguan rambut rontok kronis dan langka. Penyakit ini menyerang folikel rambut dan menyebabkan bekas luka di kulit kepala. Pada akhirnya kondisi ini menyebabkan kerontokan pada rambut. Orang yang menderita planopilaris lumut (jenis jaringan parut alopecia) pada walnya mengalami gatal kulit kepala yang parah, nyeri, dan sensasi terbakar.

  • Diabetes

Diabetes ternyata juga bisa menyebabkan beberpa masalah di kulit, salah satunya gatal di kulit kepala. Hal ini disebabkan karena diabetes menyebabkan kulit menua lebih cepat. Penderita pada umumnya akan menimbulkan kulit bersisik dan juga kulit kepala kering yang berujung pada rasa gatal tak tertahankan. Jika Anda dapat mengontrol diabetes, maka rasa gatal di kulit kepala juga akan mereda dengan sendirinya.

Untuk mengatasi gatal dikulit kepala, jika masih tergolong ringan, maka Anda bisa mengatasinya dengan shampo atau obat gatal pada kulit yang bisa Anda beli secara bebas. Namun, jika gatal di kulit kepala diikuti dengan beragam gejala yang sangat mengganggu, maka segera konsultasikan dengan dokter agar tidak semakin parah dan mengganggu aktivitas serta penampilan Anda.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 30 Maret 2017 11:50:49

Related Post :
Penyakit
Ini Cara Mendeteksi Penyakit…

Inilah cara mendeteksi penyakit…

Ibu Dan Anak
Dampak Pengobatan Kanker pada…

Pengobatan kanker seperti kemoterapi…

Kesehatan
Inilah 10 Jenis Artritis…

Selain osteoarthritis, ada banyak…

Obat Kimia
Obat Penurun Kadar Kolesterol…

Obat penurun kadar kolesterol…

Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Senam…

Sama seperti olehraga lainnya,…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala…

Kenali penyebab sakit kepala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Jangan Cuci Daging Ayam Mentah! Ini Bahayanya

Jangan cuci daging ayam mentah!…

Kesehatan
Alasan Mengapa Calon Jamaah Haji Harus Vaksin Meningitis

Melakukan Vaksinasi merupakan hal yang…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top