Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun jarak memang telah banyak di kenal oleh banyak orang sebagai tanaman herbal multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan, layaknya manfaat daun kelor. Bahkan, kini banyak orang yang tengah mencarinya karena di percaya dapat alternatif pengobatana untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan tak hanya daunnya, seluruh bagian dari tumbuhan jarak mulai dari akar, gerah daun buahnyapun pada umumnya dapat di gunakan.


Tanaman jarak (banyak juga orang yang memanggilnya jarak pagar) adalah salah tumbuhan hijau yang dapat tumbuh liar di berbagai musim dan tempat, terkecuali di daerah perairan. Tanaman ini pada umumnya memiliki tinggi batang antara 2-3 meter, dengan batang bulat licin, berongga, berbuku buku, tumbuh berseling serta memiliki daun dengan ujung dan sisi yang runcing.

Selain sangat baik untuk kesehatan, penelitian terbaru yang tengah di kembangkan terhadap tanaman jarak pada saat ini adalah perihal minyak jarak yang dapat di jadikan sebagai alternatif bahan bakar. Namun, pada kesempatan kali ini bukan itu yang akan kami bahas, melainkan tertuju secara spesisik terhadap kandungan dan apa khasiat daun jarak secara lengkapnya.

Kandungan dan manfaat daun jarak untuk kesehatan


Pasti beberapa diantara anda banyak yang bertanya mengapa tanaman jarak begitu istimewa untuk kesehatan? Hal tersebut di karenakan di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Dan berikut kandungan senyawa yang mulai terdapat di dalam daun, akar, getah hingga biji daun jarak.

  • Kandungan pada daun: Kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol.
  • Kandungan pada biji (jatropha curcas L.): B -glukanase (memiliki aktivitas antifungi), tosksalbumin dan curcin yang tidak hanya memiliki aktivitas sebagai antifungi (memiliki aktivitas sebagai antifungi hingga antikanker).
  • Ampas biji jarak: nitrogen, fosfat dan kalium.
  • Kulit batang jarak mengandung tanin, malam, resin dan juga saponin.
  • Kandungan pada getah: Flavonoid, saponin serta jatrophie yang bersifat sebagai antijamur.

Adapun kegunaan daun jarak untuk kesehatan pria dan wanita selengkapnya,  adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan panas pada anak

Untuk menurunkan panas pada anak, bisa menyiapkan 2-3 heklai daun jarak yng telah di cuci bersih. Kemudian olesi minyak goreng yang belum di pakai. Panaskan di atas api kompor selama 2 menit dengan menggunakan api kecil hingga panas merata. Letakan daun tersebut pada dahi, punggung dan perut anak. Adapun pada bayi bisa di pasangkan pada gurita bayi.

2. Mengatasi susah Buang Air Besar (BAB)

Untuk memanfaatkannya, anda bisa mengukus beberapa helai daun jarak, dan anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan pada makanan anda. Hal ini sangat efektif dalam melancarkan BAB.

3. Memperbesar alat vital pria

Kegunaan daun jarak telah lama di percaya dapar mengatasi masalah pria yang satu ini. Bahkan al ini adalah salah satu cara yang banyak di cari oleh pria untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Adapun cara penggunaannya adalah siapkan terlebih dahulu 10 lembar daun jarak, 1 buah jeruk nipis, dan minyak zaitun secukupnya. Tumbuk daun jarak bersamaan dengan jeruk nipis hingga menyatu. Lakukan pemijatan pada alat vital terlebih dahulu menggunakan minyak zaitun sehingga hangat. Kemudian lakukan pemijatan kembali dengan menggunakan ramuan daun jarak yang telah di aduk hingga halus bersama daun jarak. Ramuan ini dapat di gunaklan untuk 3x pemijatan.

4. Menjaga kesehatan dan mengencangkan payudara wanita

Siapa sih wanita yang tidak ingin memiliki payudara sehat dan kencang? Nah, selain dengan menggunakan produk yang beredar di pasaran, anda juga bisa melakukannya hanya dengan manfaat daun jarak untuk payudara ini. Caranya cukup dengan menumbuk 5 helai daun jarak pagar, 2 buah pisang, 1 ruas jahe yang semuanya telah di cuci bersih hingga halus. Tambahkan pula sedikit garam ke dalamnya. Kemudian tempelkan racikan tersebut pada payudara secara merata, dan setelah kering anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air hangat.

5. Mengatasi kurap

Untuk mengatasi penyakit kulit yang satu ini, anda bisa memanfaatkan miyak jarak. Senyawa bernama asam undesilenat yang terdapat di dalam minyak jarak di percaya efektif dalam mengobati kurap.

Adapun cara pemanfaatnnya adalah dengan merendam beberapa helai daun jarak yang telah di cuci bersih pada minyak kelapa selama beberapa jam, dan panaskan. Kemudian terapkan pada bagian permukaan kulit yang terkena dan tutup menggunakan kain katun selama semalaman. Lakukan cara ini secara teratur hingga sembuh secara menyeluruh.

6. Mengobati rematik

Bagi anda yang kini tengah menderita rematik, daun jarak bisa menjadi alternatif sebagai obat rematik alami yang cukup efektif.

Adapun cara pemanfaatnnya bisa di lakukan dengan menyediakan terlebih dahulu 5-8 lemabar daun jarka  yang telah di cuci bersih. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit saja iar hangat ke dalamnya. Kemudian oleskan pada bagian rematik atau kulit yang bermasalah lainnya seperti eksim, korengan dan lainnya. Untuk hjasil yang maksimal lakukan cara ini 3x sehari.

7. Mengatasi perut kembung

Mengalami perut kembung entah itu karena masuk angin ataupun kondisi lainnya tentunya membuat kita tidak nyaman. Untuk itu, anda bisa mengatasi perut kembung dengan menggunakan daun jarak. Cara cukup dengan melayukan daun jarak yang tentunya telah di cuci bersih. Setelah menjadi layu kemudian, oleskan pada permukaan daun minyak kayu putih dan minyak kelapa. Tempelkan daun tersebut pada punggung dan tunggu beberapa saat hingga kandungan dalam daun jarak bekerja.

Selain dari pada daunnya, bagian tumbuhan jarak pagar lainnya pun sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Seperti diantaranya dapat mengatasi sakit gigi, mengatasi luka koreng atau luka bernanah, sariawan, menjaga kesehatan rambut, kelumpuhan otot pada wajah, menajamkan penglihatan mata, mengatasi gatal, campak, cacar air, mengobati dan mengencerkan dahak hingga dapat membantu mengobati kanker serviks.

Penting!

  • Selain kegunaan daun pohon jarak sangat melimpah untuk kesehatan, namun nyatanya tanaman jarak pagar ini juga dapat menimbulkan eefek samping yang kemungkinan dapat terjadi, terlebih pada minyaknya. Beberapa diantaranya seperti sembelit, masalah gastrointestinal, seperti ketidaknyamanan pencernaan, diare dan lainnya.
  • Sangat tidak dianjurkan pemakain minyak jarak pada penderita kram, iritasi usus, maag, prolpases dan baru menjalani operasi karena kemungkinan dapat menimbulkan efek samping.
  • Di samping minyak jarak dapat merangsang persalinan secara alami, namun juga dapat menimbulkan sensasi sedikit mual pada wanita hamil.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun jarak untuk kesehatan secara menyeluruh. Semoga bermanfaat dan bisa anda aplikasikan dalam keseharian anda!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 30 Maret 2017 14:02:58

Related Post :
Penyakit
Mewaspadai Gejala Kanker Ovarium…

Kanker ovarium menjadi salah…

Ibu Dan Anak
9 Makanan untuk Memperkuat…

Sistem kekebalan tubuh anak…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah…

Khasiat dan manfaat buah…

Kesehatan
Faktor Yang Bisa Memicu…

Ada banyak faktor yang…

Tips
Cara Pengobatan Sakit Pinggang…

Berikut adalah informasi tentang…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang ikan salmon,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Manfaat Daun Hantap Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun hantap bagi kesehatan…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top