Khasiat Dan Manfaat Temulawak Untuk Penderita Hepatitis

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat temulawak tanpa anda ketahui sebelumnya ternyata sangatlah melimpah terlebih untuk kesehatan. Dan salah satu di antaranya adalah dapat mengobati penyakit hepatitis secara alami.


Hepatitis sendiri adalah satu masalah kesehatan pada organ hati yang menyebabkan peradangan akibat toxin, seperti halnya bahan kimia atau obat maupun akibat infeksi virus dan lainnya. Jika di lihat dari segi gejala hepatitis berlangsung, hepatitis ini di kategorikan menjadi hepatitis akut, yang mana gejala hepatiais ini berpangsung dari 6 bulan dan juga hepatitis kronis yang mana gejala hepatitis berlangsung selama lebih dari pada 6 bulan.

Sebagian besar penyebab hepatitis adalah di akibatkan oleh virus, terlebih salah satu dari 5 virus hepatitis itu sendiri. Diantaranya seperti virus hepatitis A, B, C, D dan E. Sehingga secara umum, jenis-jenis hepatitis sendiri di klasifikasikan berdasarkan penyebab virus yang menyerangnya.

Pada umumnya, penderita hepatitis A akan sembuh dengan sendirinya tanpa menyebabkan gejala menjadi kronis. Bahkan setelah sembuh, maka kekebalan tubuh akan kebal terhadap hepatitis A, namun tetap tidak akan kebal terhadap berbagai jenis virus hepattis lainnya. Sedangkan pada penderita hepatitis B dan C, 0,8 - 5% dari penderitanya pada umumnya akan menjadi kronis apabila tidak di tangani dengan baik.

Untuk itu, pengobatan tepat dan segera sangat di perlukan oleh penderita hepatitis. Karena jika tidak kondisi hepatitis telah parah dan kronis, maka berbagai komplikasi serius dapat muncul mulai dari penyakit sirosis hati bahkan kanker hati pun dapat terjadi.

Manfaat temulawak untuk mengobati hepatitis

Selain pengobatan secara medis, ternyata penyakit hepatitis pun dapat di atasi secara alami yang salah satu diantaranya menggunakan temulawak.


Temulawak (curcuma xanthorrhiza) adalah sejenis tumbuhan obat herbal yang tergolong ke dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae) asli Indonesia khususnya pulau Jawa, yang kemudian menyebar ke wilayah Malaysia dan beberapa negara di belahan dunia lainya.

Lalu, kenapa khasiat temulawak bisa mengobati hepatitis? Hal tersebut terletak pada kandungannya yang beragam dan berkhasiat yang diantaranya protein, karbohidrat serta minyak atsiri yang terdisi atas kamfer, glukosida dan juga kurkumin.  Adapun krukumin sendiri bermanfaat sebagai antiinflamasi alami dan juga antihipototoksik (anti keracunana empedu).

Adapun selain itu, temulawak juga mengandung berbagai efek farmakologi yang diantaranya  hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar gula kolesterol, antiinflamasi, laxative (pencahar), direutik (peluruh kencing, meningkatkan nafsu makan, menghilangkan nyeri sendi, melancarkan ASI dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara meramu temulawak untuk mengobati hepatitis yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dan kupas 2-3 rimpang temulawak, cuci hingga bersih.
  • Potong tipis dan keringkan dengan cara di jemur.
  • Setelah kering, kemudian rebus dengan menggunakan 250-500 ml hingga mendidih
  • Tambahkan gula aren ke dalamnya
  • Setelah dingin, anda bisa mengonsumsinya secara teratur.
  • Konsumsi ramuan ini 3x250 ml atau 2x250 ml secara tertur selama 2 minggu berturut-turut, dan setelah itu lakukan
  • pemeriksaan apakah telah ada perkembangan atau belum

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat temulawak sebagai obat hepatitis alami. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

By Nida Saripah - Manfaat Jum'at, 31 Maret 2017 08:56:35

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Kacang…

Manfaat kacang panjang untuk…

Kesehatan
Rekomendasi Terapi Pengobatan BPD

Orang yang menderita borderline…

Manfaat
Manfaat Kaca Mata Hitam…

Manfaat Kaca Mata Hitam…

Manfaat
Manfaat Buah Pepaya Untuk…

Segudang kandungan mineral dan…

Kesehatan
Penyebab Susah Buang Air…

Berikut ini adalah penyebab…

Ibu Hamil
Resiko Yang Mungkin Terjadi…

Resiko yang mungkin terjadi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kandungan Dan manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia, daun serai…

Manfaat
Tepung Beras, Alternatif Tepung Yang Bebas Gluten

Tepung Beras Alternatif Tepung Yang…

Manfaat
Kebaikan Mandi Air Hangat Setelah Kehujanan

Kebaikan mandi air hangat setelah…

Kirim Pertanyaan
Top