Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Darah Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Penderita darah tinggi tidak hanya harus mengetahui makanan pantangannya saja, tapi juga harus mengetahui makanan yang dianjurkan bagi penderita darah tinggi. Sama seperti beberapa penyakit lainnya, penderita darah tinggi pun disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangannya. Dan disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang tepat untuk penderita darah tinggi.


Akan tetapi, tidak hanya mengetahui makanan yang dianjurkannya saja, penderita darah tinggi juga harus menyediakan dan mengkonsumsi makanan yang dianjur untuk dikonsumsi bagi penderita. Baik saat tidak sedang mengalami darah tinggi ataupun sedang mengalami darah tinggi yang kambuh. Karena jika penderita mengkonsumsi makanan yang tepat dan baik dikonsumsi oleh penderita, maka tidak akan berisiko tekanan darah anda semakin naik.

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Darah Tinggi

Sayuran hijau

Salah satu makanan yang dianjurkan bagi penderita darah tinggi adalah sayuran hijau. Berikut ini adalah beberapa sayuran hijau yang baik dikonsumsi penderita darah tinggi:

-Buncis. Buncis mengandungan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh dan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

-Bayam. Sayuran yang satu ini menjadi sayuran favorit orang indonesia. Selain harganya murah, bayam juga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Karena bayam memiliki kandungan kalium yang merupakan zat yang dapat membantu mengurangi dampak dari tingginya tekanan darah.

-Seledri. Tidak hanya buncis dan bayam saja, seledri juga merupakan sayuran yang baik dikonsumsi penderita darah tinggi.

-Brokoli. Brokoli memiliki kandungan vitamin C dan beta karoten  yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tingi. Sehingga tidak heran penderita darah tinggi atau hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau ini.

Buah-buahan

Tidak hanya sayuran, penderita darah tinggi pun disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Bahkan beberapa buah-buahan ini dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, bila penderita penyakit ini mengkonsumsi buah-buahan ini. Berikut adalah buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi diantaranya:

-Blewah. Buah yang dapat dijadikan sebagai obat penurun darah tinggi adalah buah blewah. Karena buah ini memiliki kandungan potasium yang tinggi yang baik untuk menurunkan tingginya tekanan darah.

-Melon. Hampir semua orang mengetahui bentuk dan rasa buah melon. Namun khasiat buah melon tidak diketahui banyak orang. Padahal salah satu manfaat dan khasiat buah melon adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, bila dikonsumsi setiap hari maupun selama mengalami penyakit darah tinggi. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung kandungan potasium yang tinggi.

-Kiwi. Buah kiwi juga merupakan buah yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi atau hipertensi. Oleh karena itu konsumsilah buah ini secara rutin. Terlebih bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi yang sering kambuh atau sedang mengalami darah tinggi.

-Alpukat. Selain enak dimakan, alpukat juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak diantaranya serat, kalsium, vitamin C, vitamin E dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya yang dimiliki buah ini. Sehingga tidak heran buah ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh termasuk membantu menurunkan darah tinggi.

-Pisang. Pisang juga merupakan buah yang baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Karena buah ini mengandung kalium dan potasium yang tinggi yang bermanfaat dapat membantu menurunkan darah tinggi.

Kacang kedelai

Salah satu jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi adalah kacang kedelai. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan kalium yang ada pada kacang kedelai bermanfaat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ikan salmon

Ikan salmon tidak hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak saja, tapi juga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan mineral dan vitamin yang ada pada ikan salmon dapat membantu menyembuhkan darah tinggi.

Gandum

Makanan lainnya yang aman dikonsumsi bagi penderita darah tinggi adalah gandum. Oleh karena itu konsumsilah gandum secara rutin. Karena manfaatnya tidak hanya untuk menurunkan tekanan darah tinggi saja, tapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Selain mengkonsumsi obat penurun darah tinggi dari dokter ataupun obat penurun darah tinggi alami, penderita darah tinggi juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga tepat untuk penderita supaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan darah tinggi.  Dan supaya darah tinggi tidak kambuh lagi, maka hindarilah makanan pantangan penderita darah tinggi.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 31 Maret 2017 11:17:28

Related Post :
Kesehatan
Benarkah Jambu Biji Bisa…

Trombosit turun merupakan salah…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri…

Berikut adalah gejala nyeri…

Kesehatan
Antibiotik untuk Infeksi Paru…

Penggunaan antibiotik untuk infeksi…

Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Penyakit
Pengobatan Dan Diagnosis Anemia…

Pengobatan dan diagnosis anemia…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Dan Cara…

Penyebab, gejala dan cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Pentingnya Manfaat Mengonsumsi Suplemen Bagi Tubuh

Mengenal pentingya manfaat mengonsumsi supelemen…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang Mengandung Formalin Dan Boraks

Inilah ciri-ciri makanan yang mengandung…

Kesehatan
Bahaya Karbon Monoksida Penyebab Jonghyun SHINee Meninggal

Salah satu member boyband SHINee,…

Kirim Pertanyaan
Top