Manfaat Luar Biasa Kulit Bawang Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Bawang kerap kali digunakan sebagai pelengkap untuk masakan. Namun, sebagian besar orang tidak mengetahui dan sering membuang kulit bawang karena dirasa tidak diperlukan. Kulit bawang, baik itu bawang merah ataupun bawang putih memang terlihat kering seakan-akan tidak dapat dikonsumsi. Sehingga sebagian besar orang cenderung akan membuangnya.


Namun, apakah Anda tahu bahwa sebenarnya kulit bawang juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Mantan pimpinan The Food and Health Forum at the Royal Society of Medicine, bernama Dr Marilyn Glenville, menjelaskan mengenai adanya keuntungan dari kulit bawang putih yang sering diabaikan. Padahal, secara tidak sengaja kulit bawang mengandung senyawa alami penting untuk kesehatan tubuh. Selaras dengan hasil penelitian di Jepang yang menyatakan bahwa kulit bawang putih terbukti mengandung sebanyak 6 senyawa alami bagi kesehatan.

Selain kulit bawang putih, kulit bawang merah juga tidak jauh berbeda. Dibandingkan dengan buahnya, kulit bawang merah diperkaya dengan kandungan Quercetin lebih tinggi. Itu merupakan antioksidan kuat yang dikela untuk membantu permasalahan pada tubuh. Sebuah studi dalam Plant Food for Human Nutrition menyebutkan bahwa adanya warna kulit tampak merah kecoklatan pada bawang tidak hanya menunjukkan tingginya jumlah Quercetin, tetapi juga memiliki sifat anti karsinogenik.

Berikut ini manfaat kulit bawang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui :

Menurunkan tekanan darah tinggi

Selain mengonsumsi obat dan menjalankan gaya hidup sehat, tekanan darah tinggi juga bisa dihindari dengan cara mengonsumsi kulit bawang merah. Berdasarkan keterangan Weight Loss Resources menunjukkan, kandungan Quercetin tidak semata-mata menjadi pewarna alami/pigmen kulit bawang merah saja, melainkan mereka juga memiliki efek anti inflamasi serta membantu menurunkan tekanan darah.

Menjaga kesehatan jantung

Kulit bawang juga dapat berperan pentin dalam melindungi organ jantung. Seperti yang diungkapkan oleh Dr Marilyn, jika Anda mengupas kulit bawang putih, berarti sama saja dengan menghilangkan antioksidan berupa Phenylopropanoid. Padahal senyawa tersebut bermanfaat untuk melindungi jantung.

Sedangakn kulit bawang merah diperkaya oleh senyawa Fenolik yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung koroner. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari kulit bawang, maka cobalah untuk mencampurkan kulit bawang ke dalam masakan Anda.

Mencegah penyakit stroke

Jumlah Quercetin yang ada didalam kulit bawang merah juga dapat mencegah timbulnya plak di arteri. Jika sampai plak di arteri tubuh terus menumpuk, maka dapat menimbulkan penyakit stroke. Maka dari itu, ketika kulit bawang merah dikonsumsi secara rutin, maka hal ini mampu meminimalisir penumpukan plak dalam tubuh. Sebaiknya kulit bawang merah bisa di masukkan ke dalam sup atau mencampurkannya pada masakan tertentu sebelum disajikan.

Membantu program diet

Kulit bawang merah ataupun putih ternyata sangat bagus untuk membantu program diet penurunan berat badan. Kandungan serang tinggi dalam kulit bawang mampu membantu melancarkan penurunan berat badan. Hasil studi dalam Plant Food for Human Nutrition menjelaskan bahwa kulit bawang memiliki banyak kandungan serat tidak larut.

Baik jenis serat larut atau tidak, semuanya mampu dicerna oleh tubuh. Bedanya, serat larut cenderung menghilangkan limbah usus besar, kemudian menjaga pH usus agar tetap normal. Sedangkan serat tidak larut bermanfaat menjaga kondisi tubuh secara reguler, serta mengoptimalkan gerakan usus.

Sebagai obat anti penuaan dini

Dr Marilyn menjelaskan bahwa kandungan Phenylopropanoid pada kulit bawang putih tidak hanya menunjang kesehatan jantung, tetapi juga mampu memberikan efek anti penuaan pada tubuh.

Timbulnya penuaan dini sendiri bisa disebabkan oleh faktor makanan tidak sehat, sehingga berdampak pada kesehatan kulit. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk mengatur kembali pola makan Anda, banyak minum air putih, dan terapkan pola hidup sehat. Dan Anda juga bisa menambahkan kulit bawang merah ke dalam menu harian Anda untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 31 Maret 2017 13:38:24

Related Post :
Penyakit
Ketahui Ciri-Ciri Kanker Serviks…

Ketahui tanda gejala dan…

Alami
Obat Herpes Tradisional Paling…

Mengobati herpes tidak hanya…

Kesehatan
Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi…

Menghindari makanan penyebab kolesterol…

Kesehatan
Terapi Pengobatan Kanker Paru-Paru

Terapi pengobatan kanker paru-paru…

Kesehatan
Jenis Makanan Sehat Yang…

Jenis makanan sehat yang…

Daun
Manfaat Daun Kecubung Dan…

Selain untuk burung kenari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Mengungkap Khasiat Luar Biasa Ikan Teri Bagi Kesehatan

Dibalik tubuhnya yang kecil, ternyata…

Manfaat
Manfaat Buah Bintaro Yang Perlu Anda Ketahui

Bintaro adalah tanaman peneduh yang…

Manfaat
Khasiat Biji Buah Ketapang Untuk Mengobati Kolesterol

Pohon Ketapang atau yang bernama…

Kirim Pertanyaan
Top