Obat Penurun Trigliserida Tinggi Alami yang Efektif

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah dan juga merupakan zat yang disimpan dalam jaringan sebagai hasil konversi sebagain besar jenis lemak didalam tubuh. Bukan hanya berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saja, tetapi trigliserida juga berasal dari hasil produksi yang dilakukan sendiri oleh tubuh sebagai sumber energi.

Seseorang yang sering mengonsumsi kalori melebihi jumlah yang diperlukan tubuh akan berisiko memiliki kadar trigliserida tinggi. Semakin tinggi kadar trigliserida, maka risiko untuk terkena penyakit jantung dan sindrom metabolik yang juga berhubungan dengan stroke akan meningkat.


Penurunan kadar trigliserida tinggi bisa dilakukan melalui penerapan pola makan dan gaya hidup sehat. Namun, jika perubahan gaya hidup dan pola makan belum cukup untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi, maka biasanya dokter akan memberikan obat-obatan. Namun, pada saat ini, tidak sedikit orang yang lebih memilih obat trigliserida tinggi alami sebagai solusi pengobatan. pasalnya, selain mudah dan murah, pengobatan dengan memanfaatkan bahan alami juga minim efek samping, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Berikut ini bahan-bahan alami yang dipercaya memiliki khasiat yang efektif untuk membantu menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam tubuh, diantaranya adalah :

  • Biji ketumbar

Biji ketumbar merupakan bahan alami yang cukup populer untuk menurunkan trigliserida tinggi. Menurut sebuah studi di tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Biology, terjadi penurunan yang signifikan pada tingkat trigliserida dan kolesterol hewan yang diberi makan biji ketumbar. Ini disebabkan karena tindakan hipolipidemik ketumbar yang bereaksi pada metabolisme lipid.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji ketumbar ini cukup mudah. Siapkan 1 atau 2 sendok biji ketumbar dan rebus dengan 1 cangkir air. Setelah mendidih, saring dan biarkan hingga dingin. Konsumsi ramuan ini 1 atau 2 kali sehari selama beberapa bulan.

  • Kayu manis

Kayu manis memang dikenal memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, salah satunya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida tinggi. Menurut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, kayu manis dapat meningkatakn glukosa dan lipid pada orang dengan diabetes 2. Asupan 1 hingga 6 gram kayu manis setiap hari membantu penderita diabetes tipe 2 mampu menurunkan trigliserida serta kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Anda bisa memasukkan 1/4 sendok teh kayu manis bubuk pada setiap makanan atau minuman yang akan dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Bawang putih

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Nuntrition menyebutkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, gula darah, dan kadar kolesterol. Bawang putih mentah memiliki efek yang kuat dibandingkan dengan yang telah dimasak. Karena didalam bawang putih mentah terdapat aktivitas yang bisa menurunkan lipid.

Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih mentah ketika perut kosong. Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari selama beberapa bulan.

  • Cabai rawit

Bagi Anda pecinta pedas, tentu sudah sangat akrab dengan cabai rawit. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata cabai rawit dapat membantu menurunkan trigliserida secara alami ? Hal ini disebabkan karena cabai rawit mengandung senyawa alkaloid, capsaicin, yang membantu mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat pada penderita obesitas. Seduh 1 sendok teh cabai rawit dengan air panas dan konsumsi 2 kali sehari selama beberapa minggu.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel juma termasuk salah satu obat trigliserida tinggi alami yang direkomendasikan. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan di Pakistan Journal of Biological Sciences menemukan bahwa cuka sari apel membantu meningkatkan profil lipid ke tingkat normal pada tikus diabetes dengan menurunkan trigliserida, kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Masukkan 1 sendok teh cuka sari apel tanpa filter dalam 1 gelas air dan campurkan sedikit madu. Konsumsi minuman ini 2 kali sehari selama setidaknya beberapa bulan untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Beras ragi merah

Di Cina, beras ragi merah ini populer sebagai pengobatan trasidional untuk mengurangi trigliserida. Didalamnya terkandung sekelompok statin alami dan memiliki efek modulasi terhadap lipid dan protein. Ini dapat membantu menurunkan trigliserida lebih rendah serta kadar kolesterol yang tinggi.

  • Asam lemak omega 3

Obat trigliserida tinggi alami terakhir yang bisa Anda konsumsi adalah asam lemak omega 3. Studi menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 membantu mengurangi trigliserida tubuh dengan mengurangi kolesterol jahat yang diproduksi oleh hati, mempercepat penghancuran chylomicron dan kolesterol jahat dari darah dan mengubah asam lemak menjadi energi.

Sumber terbaik omega 3 diantaranya adalah ikan salmon, makarel, ikan cod, kenari, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, minyak biji rami dan minyak kedelai.

By Sri Maryati - Alami Sabtu, 01 April 2017 11:30:58

Obat Penurun Trigliserida Tinggi Alami yang Efektif
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pada saat ini tidak sedikit yang lebih memilih obat penurun trigliserida tinggi alami. Pasalnya, selain murah, obat alami juga memiliki efek samping yang minim.
Alami - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?

  • apa manfaat mengonsumsi air daun kersen ?

    1 Balasan

    Alami

    Dok, saya sering kali melihat ibu saya mengonsumsi air rebusan daun kersen. Dan ketika saya tanya, katanya itu baik untuk kesehatan dan bisa mengobati penyakit juga. Apakah benar daun kersen…


Alami
Obat Luka Diabetes Tradisional Agar Cepat Kering

Obat luka diabetes tradisional dan…

Alami
Bahan Alami untuk Mengatasi Infeksi Paru Secara Efektif

Mengetahui berbagai pilihan bahan alami…

Alami
Obat Nyeri Haid Alami Paling Ampuh Dan Aman

Obat nyeri haid alami paling…

Tambah Pertanyaan
Top