Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun peterseli bagi kesehatan ternyata sangatlah luar biasa. Namun sayang, hingga saat ini belum banyak yang mengetahui akan hal ini. Adapun untuk mendapatkan manfaat dan menambah wawasan kita seputar jenis daun yang satu ini, anda bisa menyimak informasi selengkapnya pada uraian berikut.


Daun peterseli (sebagian menyebutnya daun parsley) memiliki nama ilmiah Petroselinum Cripsum, adalah salah satu jenis daun yang sering kali di samakan dengan daun seledri. Namun, jelas di antara keduanya memiliki perbedaan. Bahkan, daun ini sendiri merupakan salah satu keluarga dari wortel. Ciri-ciri tumbuhan ini sendiri merambat dan mencapai ketinggian hingga 1 meter lebih. Adapun karakteristik daun peterseli sendiri adalah daunnya yang berwarna hijau dan juga harum.

Pada umumnya, daun parsley sendiri telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia, yang sering kali di olah menjadi sup, masakan italia dan juga menjadi garnish dari beberapa jenis makanan. Namun karena tumbuhan ini cenderung tumbuh di tempat yang dingin, di Indonesia sendiri jenis daun ini tidak terlalu banyak di temukan seperti seledri, sehingga ada beberapa orang yang belum mengenal akan daun ini.

Kandungan dan manfaat daun perteseli untuk kesehatan

Tak heran jika banyak dari penelitian maupun pakar kesehatan yang menyebutkan bahwasannya daun perteseli ini sangat baik untuk kesehatan. Hal tersebut memang di karenakan jenis daun yang satu ini kaya akan berbagai vitamin, mineral dan berbagai kandungan senyawa alami di dalamnya, yang diantaranya adalah:

- Lisin
- Asam folat
- Firocoumarin
- Xanthotoxin
- Asam amino
- vitamin C
- Nikotin
- Beta- phelandrene
- Kalsium
- Zat besi
- Fosfor
- Potassium
- Vitamin A


Setelah kita mengetahui berbagai kandungan yang ada di dalamnya, sekarang giliran kita untuk mengataui berbagai khasiat yang terkandung di dalam daun yang menngandung antioksidan tinggi ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang terdapat di dalam daun peretseli membuat, daun perteseli ini sangat baik di komnsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga andapun dapat terhindar dari berbagai kelihan mata seperti rabun jauh, ramun dekat, rabun ayam, mata merah, silindris dan juga katarak.

2. Menjaga kestabilan sistem daya tubuh

Khasiat daun parteseli selanjutnya adalah dapat meningkat sistem kekebalan tubuh akan tetap baik. Hal ini di karenakan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya cukup tinggi. Dengan terjaganya sisitem kekebalan tubuh, maka anda tidak amudah terserang penyakit, tubuh akan menjadi lebih bugar dan andapun dapat beraktivitas dengan lancar dan semangat.

3. Menjaga kesehatan tulang

Daun persley juga di perkaya dengan kandungan kalsium, fosfor dan vitamin K, yang mana berbagai kandungan tersebut di ketahui sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, yang diantaranya dapat mencegah osteoporosis, memperkuat struktur tulang dan juga menambanh tinggi badan terlebih pada masa pertumbuhan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Daun parsley ini juga di ketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga bagi anda yang ingin jantung anda sehat, jangan lupa untuk memasukan daun parsley pada menu diet harian anda.  Hal juga dapat berpengaruh terhadap stamina tubuh anda yang terjaga, menjadikan peredaran darah di dalam tubuh semakin optimal, mencegajh kekurangan oksigen dan juiaga mencegah timbilnya serangan jantung  dan penyakit jantung koroner.

5. Menghilangkan bau mulut

Dengan mengonsumsi atau mengunyah hanya 1 batang peterseli di percaya dapat menghilangkan bau mulut yang di sebabkan oleh sisa makanan. Kandungan klorofil di dalamnya bertindak sebagai antioksidan daun juga antiinflamasi, yang mana mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulut.

6. Menurunkan resiko kanker

Peterseli juga di anggap sebagai sumber makanan yang dapat menurunkan bahaya kanker seperti halnya kanker kulit, percernaan, payudara dan juga prostat. Hal tersebut di karenakan kandungan flavonoidnya yang begitu tinggi yag di kenal juga dengan nama apigenin. Selain mengandung senyawa apigenin yang memiliki sifat antikanker luar biasa, ia juga memikiki tambahan antioksidan dan antiinflamasi yang cukup kuat.

Menurut suatu penelitian yang di lakukan di University of Missouri, para ilmuwan mendapai apigenin dapat menyusutkan tumor dan juga kanker payudara tertentu yang di rangsang oleh progestin, hormon sintetis yang di ambil oleh perempuan untuk mengatasi gejala menopause.

7. Baik untuk pencernaan

Sebagai salah satu dari sayuran hijau, maka daun peterseli ini sangat baik untuk pencernaan anda. Sehingga andapun akan terhindar dari berbagai masalah pencermnaan seperti halnya sembelit, diare, sakit perut, sualit buang air besar dan wasir.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Khasiat daun peterseli untuk ginjal juga dapat anda dapatkan pada saat anda mengonsumsi sayuran ini. Selain menjaga kesehatan ginjal, daun peterseli juga sangat baik untuk mencegah berbagai ganggan masalah yang dapat terjadi pada ginjal seperti halnya batu ginjal dan gagal ginjal.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun peterseli untuk kesehatan seperti diantaranya, memiliki kandungan antioksidan yang kuat, mencegah anemia, membantu produksi eritrosit, menjaga kesehatan ibu hamil, mencegah keruksakan otak hingga  baik untuk kesehatan dan perkembangan pada bayi. Namun, umntuk mendapatkan semua manfaat itu, di tekankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Semoga bemanfaat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 01 April 2017 15:04:00

Related Post :
Ibu Hamil
Tips Sederhana untuk Kendalikan…

Berikut ini 4 tips…

Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Unta…

Daging unta merupakan salah…

Kesehatan
Efek Samping Operasi Caesar…

Selain efek samping jangka…

Alami
Obat Sirosis Hati Terbaik…

Daftar obat sirosis hati…

Penyakit
Pilihan Jenis Terapi yang…

Ada banyak jenis terapi…

Ibu Dan Anak
Fakta Menarik Tentang Bayi…

Fakta menarik tentang bayi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Anggur Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah anggur…

Daun
Daun Keji Beling Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Daun keji beling dan manfaatnya…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Jelatang Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top