Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama Dengan Cepat

Share dan Tag Temanmu di :

Cara meredakan nyeri haid merupakan salah satu informasi yang mungkin tengah banyak di cari oleh para wanita. Dan yang menjadi alasannya adalah karena tidak sedikit dari pada wanita yang mengalami kondisi ini terutama di hari pertama. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui informasi tentang cara menghilangkan nyeri haid hari pertama, anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Haid atau menstruasi adalah kondisi normal yang alami oleh wanita usia subur. Meski pada umumnya siklus haid pada wanita tidaklah sama, namun rata-rata setiap siklus berjarak satu bulan. Masa haid paling pendek adalah satu hari, sedang masa haid terpanjang adalah 15 hari. Dan apabila  masa haid anda tak kunjung berkahir setelah 15 hari ada baiknya untuk memeriksakannya pada dokter.


Akan tetapi, Selama masa haid tersebut berlangsung sebagian dari pada wanita sering kali mengeluhkan nyeri haid (dismenore) atau merasakan rasa sakit di area perut, terutama di hari pertama mengalami haid atau selama masa menstruasi berlangsung. Penyebab nyeri haid di hari pertama tersebut pada dasarnya normal karena sebagai akibat dari kontraksi peluruhan di dinding rahim. Namun, jika kondisi tersebut mengganggu aktivitas sebaiknya segera mengatasinya, salah satunya dengan berbagai cara meredakan nyeri haid di perut dengan cepat berikut.

Cara meredakan nyeri haid hari pertama dengan cepat secara alami

Nyeri haid memang sangat mengganggu, namun anda jangan terburu-buru mengonsumsi obat antinyeri analgesik di apotik, pada saat rasa nyeri tersebut menyerang di hari pertama. Dan sebagai alternatifnya, anda bisa menggunakan cara mengatasi nyeri haid tanpa obat berikut sebagai solusi terbaik secara alami.

1. Kompres dengan air hangat

Hal yang pertama yang bisa anda lakukan sat mengalami nyeri haid di hari pertama adalah mengompres perut bagian bawah dengan menggunakan air maupun kompresan hangat. Caranya cukup dengan menyimpan air hangat di dalam botol kaca pada bagian permukaan perut yang terasa sakit Cara mengatasi nyeri haid ini adalah tehnik relaksasi untuk mengurangi rasa nyeri.

2. Pijat

Memijat perut bagian bawah juga di yakini dapat menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi.  Anda juga bisa berbaring sambil mengangkat kaki ke atas  atau berbaring miring denga menekuk lutut sebagai cara meredam nyeri haid yang tengah anda alami.

3. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi supleme maupun makanan yang kaya akan dungan vitamin E, asam lemak omega-3, vitamin B1, vitamin B-6, kalsium, zat besi dan magnesium di duga dapat menyembuhkan kram saat menstruasi secara efektif. Selain itu, hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol dan juga merokok karena dapat memperparah rasa nyeri yang anda alami.

4. Minyak aroma terapi

Suatu penelitian menunjukkan bahwasannya menggosokan minyak aroma terapi (mawar, lavender, sage) ke daerah yang terasa sakit  dapat meredakan pada kerut termasuk selama menstruasi secara signifikan.

5. Berolahraga

Pastinya saat anda mengalami nyeri haid anda enggan beranjak dari tempat tidur, Namun, dengan bergerak dan berolahraga ringan, seperti jalan kaki, yoga, jongging serta bersepedah, nyatanya dapat membuat rasa sakit anda mereda. Saat badan anda bergerak atau berolahrasa, tubuh anda mengeluarkan hormon endorfin yang mana bekerja sebagai penghilang rasa sakit dan juga meningkatkan mood.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara meredakan nyeri haid di hari pertama secara alami dan mudah. Adapun jika rasa nyeri tersebut berlanjut hingga hari berikutnya ataupun bertamabah parah anda bisa mengonsumsi obat nyeri haid alami atau memeriksakannya ke dokter. Semoga bermanfaat.

By Nida Saripah - Tips Senin, 03 April 2017 10:24:42

Related Post :
Tips
Cara Mengobati Bronkitis Dengan…

Cara mengobati bronkitis dengan…

Manfaat
Manfaat Air Kelapa Muda…

Manfaat dan khasiat air…

Kesehatan
Ibu Jari Tangan Kiri…

Ibu jari tangan kiri…

Kesehatan
Catat! Ini Anjuran Makanan…

Harap di catat! Ini…

Kesehatan
Perubahan yang Terjadi Pada…

Walaupun menyehatkan, namun ada…

Obat Kimia
Sulfadiazine Antibiotik Sulfonamide Untuk…

Sulfadiazine tergolong ke dalam…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Menggunakan Lensa Kontak agar Tetap Aman

Cara menggunakan lensa kontak yang…

Tips
Sering Merasakan Penglihatan Mata Kabur? Ini Solusinya

Sering Merasakan Penglihatan Mata Kabur?…

Tips
Tips Cara Memilih Multivitamin Yang Tepat

Tips dalam memilih multivitamin yang…

Kirim Pertanyaan
Top