Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir
Perawatan kulit bayi yang baik dan benar perlu diketahui oleh setiap ibu. Hal tersebut dikarenakan kulit bayi sangat sensitif dan rentan mengalami iritasi. Begitu juga dengan sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah. Bayi tidak bisa  sembarangan bersentuhan dengan produk kimia, wewangian, bahkan air untuk mandi. Kulitnya akan mudah lecet, muncul ruam, mengering, serta iritasi jika Anda tidak hati-hati mengaplikasikan senyawa kimia ke kulitnya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kulit bayi.



-Lindungi dari sengatan matahari langsung. Tidak disarankan untuk bayi berusia di bawah 6 bulan untuk terkena sinar matahari secara langsung terutama dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Jika terpaksa, Anda harus mengoleskan tabir surya khusus bayi ke bagian kulit yang tidak terbalut pakaian. Pilih sunscreen yang memiliki kandungan titanium dioxide atau zinc oxide SPF 15.


-Jangan sering memandikannya. Tubuh bayi tidak gampang kotor selayaknya anak-anak atau orang dewasa. Oleh karena itu, jangan terlalu sering memandikannya. Terlalu sering bersentuhan dengan air bisa mengikis kadar minyak alami pada kulit bayi. Selama bayi berusia satu atau dua bulan, Anda bisa mengelap tubuh bayi hanya dengan mengelapnya dengan handuk basah sebanyak dua sampai tiga kali seminggu.


-Lembapkan kulit bayi. Oleskan pelembap yang bebas wewangian setelah badannya dilap untuk menghindari kulit kering. Pelembap jenis krim lebih disarankan daripada pelembap jenis lotion.


-Rawat kulit kepala bayi. Kulit kepala bayi biasanya tampak kering dan mengelupas. Beberapa bayi juga memiliki bercak pengerasan kulit seperti kerak berwarna kekuningan seperti minyak. Kondisi ini tidak berbahaya dan biasanya menghilang setelah beberapa bulan. Bisa juga mencuci rambutnya dengan sampo khusus bayi sambil memijat lembut kepalanya untuk membantu merontokkan sisik tersebut.


-Mencegah ruam popok. Bayi yang menggunakan diaper biasanya rentan terkena ruam popok berupa bintik-bintik jerawat, kemerahan, atau luka lecet pada area popok. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk segera mengganti popoknya ketika sudah basah ata kotor karena tinja.


-Pilih deterjen khusus untuk bayi. Menurut ahli kulit, ruam biasa muncul di kulit bayi ketika bersentuhan dengan baju siapapun yang bersentuhan dengannya.

Oleh karena itu, tidak hanya baju si kecil yang dicuci dengan deterjen khusus bayi, tetapi juga baju seluruh anggota keluarga. Cuci semua pakaian seperti sprei, selimut, dan handuk. Bila anda terjangkit penyakit panu silahkan lihat artikel cara menghilangkan panu

By Diane Rosse A.Md.Keb - Ibu Dan Anak Minggu, 15 Mei 2016 00:03:04

Related Post :
Obat Kimia
Waspada Obat Pelangsing Perut…

Waspada Obat Pelangsing Perut…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang buah cermai,…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Daun
Luar Biasa! Ini Khasiat…

Selain sering kali digunakan…

Kesehatan
Olahraga Yang Tepat Bagi…

Olahraga yang tepat bagi…

Obat Cina
Thermolyte Plus Obat Pelangsing…

Thermolyte plus obat pelangsing…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Kenali Gejala Penyakit DBD Pada Anak

Mengenali gejala penyakit DBD pada…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Demam Pada Anak Naik Turun? Ini Penyebab Dan Pengobatannya

Berbagai penyebab demam pada anak…

Kirim Pertanyaan
Top