Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Menstruasi Dengan Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Cara menghilangkan sakit perut saat menstruasi

Pada wanita yang telah memasuki usia subur, mereka akan mengalami siklus menstruasi setiap bulannya. Namun, pada saat itu pula sebagain dari pada wanita mengalami sakit perut atau nyeri haid (dismenore) yang berlerbih. Meski hal terserut sudah biasa di alami oleh beberapa wanita, akan tetapi pada beberapa wanita lainnya rasa sakit yang di alami sangatlah hebat dan berlebihan sehingga tak jarang menggangu aktivitas keseharian mereka.


Menurut ilmu medis, secara garis besar dismenore sendiri di bagi ke dalam 2 bagian:

  • Dismenore primer: nyeri haid yang dialami telah berlangsung sejak seorang wanita pertama mengalami menstruasi, dan dianggap sangat normal.
  • Dismenore sekunder: nyeri haid  yang muncul pada saat periode atau siklus haid yang ke sekian kalinya, padahal pada beberapa periode sebelumnya tidak pernah mengalaminya. Kondisi ini sering kali di picu adanya masalah yang mempengaruhi rahim atau organ panggul lainnya.

Adapun sakit perut bagian bawah saat siklus haid berlangsung, pada dasarnya di sebabkan kontraksi dinding rahim yang di picu oleh zat hormon seperti prostraglandin, sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemik jaringan yang bertujuan untuk mengluarkan darah haid setiap bulannya. Dan kontraksi inilah yang pada umumnya menjadi penyebab nyeri haid. Bahkan pada beberapa wanita yang memiliki kadar prostaglandin tinggi maka dapat menyebabkan sakit perut ketika haid (kram) yang lebih hebat.

Selain merasakan sakit pada bagian perut, bagian dari gejala dismenore lainnya yang sering kali menyertai adalah keluarnya keringat dingin, sakit kepala dan bahkan hingga pingsan. Maka tak jarang mereka yang mengalami terbaring lemas selama 1-2 hari mulai haid bahkan hingga siklus  haid berakhir. Namun anda juga perlu mewaspadai penyebab lainnya yang di sebabkan oleh gangguan kesehatan seperti halnya kista dan lainnya.

Adapun untuk menghilangkan sakit perut ketika haid, ternyata dapat di lakukan tanpa obat. Dan sebagai alternatifnya, anda bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai cara untuk mengatasinya.

Cara menghilangkan sakit perut saat menstruasi dengan alami

Selain dengan memanfaatkan obat nyeri haid alami yang telah kami informasikan pada kesempatan sebelumnya, anda pun masih memiliki opsi alami lainnya untuk mengatasi sakit atau kram perut ketika haid yang dengan beberapa cara alami menghilangkan sakit perut pada saat menstruasi berikut.

1. Kompres dingin atau hangat pada bagian perut. Caranya cukup dengan menmpelkan kantong kompreasan yang telah di isi dengan air hangat atau dingin pada bagian perut yang terasa sakit. Kompres hangat swendiri memberikan dampak fisiologis untuk membuat otot tubuh khusunya di perut menjadi lebih rileks, karena peningkatan suhu pada area tubuh tertentu dapat membantu proses vasoilatasi (pelebaran pembuluh darah).

Begitupun kompres dingin dapat membuat pembuluh darah menguncup (vasokonstriksi) dan penurunan metabolik yang betujuan uhtuk membantu mengontrol pendarahan maupun pembengkakan karena trauma sehingga dapat mengurangi nyeri, serta menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot. Maka dengan demikian bisa menghilangkan nyeri haid yang anda alami.

2. melakukan pijatan ringan pada perut bagian bawah. Cara meredakan saat perut saat menstruasi lainnya adalah dengan melakukan pijatan ringan di daerah perut bagian bawah, dengan gerakan memutar dan ringan dengan menggunakan ujung jari. Anda juga bisa menggunakan minyak ataupun krim bayi untuk membantu pemijatan.

3. Mengonsumsi makanan bergizi. Bagi anda yang kini tengah mengalami kram atau mengalami sakkit perut ketika haid juga di anjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, terlebih makanan yang kaya akan kandungan vitamin E seperti minyak ikan dan juga mkanan yang mengadung vitamin B6, karena beberapa jenis makanan tersebut di yakini dapat mengurangi rasa sakit yang anda alami.

4. Menghindari minuman kafein, alkohol dan mengandung gula tinggi. Beberapa jenis minuman tersebut seperti halnya kopi, minuman beralkohol serta minuman yag mengandung gula tinggimlainnya, sebaiknya anda hindari karena di percaya dapat memparah rasa sakit yang anda alami. Untuk alternatifny anda bisa memperbanyak air putih atau mengonsumsi jus buah.

5. Memilih posisi yang nyaman. Meski terdengar sepele, namun hal ini adalah nalurian pada saat kita merasakan rasa nyeri pada bagian tubuh manapun. Bahkan tubuh akan secara refleks untuk mencari posisi untuk meringankan nyeri pada tubuh. Adapun posisi yang di sarankan pada saat anda menglami sakit perut saat haid ialah membaringkan tubuh dengan memposisikan kaki sedikit di angkat, kemudian kaki dapat di ganjal dengan menggunakan bantal atau benda lainnya.  Ataupun anda juga bisa merbaring dengan posisi miring dengan  lutut di tekuk.

6. Berolahraga ringan. Adapun cara mengatasi sakit perut saat menstruasi lainnya adalah dengan berolahrag ringan seperti halnya jalan kaki dan bersepeda. Sangat tidak di sarankan untuk berolahraga berat karena di duga dapat memperparah kondisi anda.

7. Mandi dengan air hangat. Hal ini juga dapat di lakukan sebagai bentuk relaksasi, sehingga otot yang ada di dalam perut menjadi lebih rileks dan rasa nyeri yang anda alami pun dapat berkurang.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menghilangkan sakit perut saat menstruasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat membantu meringankan rasa sakit atau nyeri haid yang anda derita.

By Nida Saripah - Alami Selasa, 04 April 2017 09:12:20

Related Post :
Manfaat
Kandungan dan Manfaat Daging…

Dibalik penampilannya yang cantik,…

Kesehatan
Olahraga untuk Usir Lemak…

Perut buncit atau naiknya…

Kesehatan
Khasiat dan Kandungan Biji…

Khasiat dan kandungan biji…

Obat Kimia
Obat Generik untuk Darah…

Obat untuk darah tinggi…

Alami
Cara Alami Menghilangkan Gatal…

Cara alami menghilangkan gatal…

Kesehatan
Tak Disangka! Ternyata Keputihan…

Tidak selalu membahayakan, ternyata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Ramuan Alami untuk Bantu Atasi Bercak Penuaan di Tangan

Tanda penuaan mungkin akan mengganggu…

Alami
Perawatan Rambut Rusak Parah dengan Bahan Alami

Perawatan rambut rusak parah setelah…

Kirim Pertanyaan
Top