Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat daun pepaya ternyata tak hanya nikmat di jadikan sebagai pengganti sayuran, melainkan di dalamnya juga terdapat berbagai kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan. Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya bisa anda simak pada ulasan singkat berikut ini.


Mungkin banyak dari pada anda kini hanya mengenal manfaat buah pepaya yang baik untuk kesehatan sebagai satu-satunya manfaat yang bisa anda peroleh dari tumbuhan pepaya. Namun di luar itu, ternyata daun dan bagain tanaman pepaya lainpun juga memiliki bayak manfaat di dalamnya. Hal tersebutpun berpacu menurut "Papaya Medicine Tree", yang menyebutkan bahwasannya seluruh bagian dari tanaman pepaya termasuk akar, buah dan terlerbih daunnya memiliki nilai sebagai obat.

Pepaya adalah salah satu jenis pohon tropis, yang pada awalnya di budidayakan di Meksiko dengan ketinggian pohon bisa mencapai 30 meter. Pepaya sendiri di sebut-sebut sebagai salah satu buah yang serba guna dan dapat di konsumsi dalam keadaan mentah dan juga matang. Adapun daunnya sering kali di makan menjadi sayuran dalam beberapa masakan khas Indonesia. Bahan tak cukup di situ. Manfaat air rebusan baun pepayapun di yakini sangat baik, terutama bagi kesehatan dan kecantikan.

Hal tersebut di karenakan, di ketahui di dalam daun pepaya terkandung berbagai kandungan vitamin dan juga mineral yang di antaranya adalah vitamin A, B, C, D, E dan juga kalsium. Dan beberapa kandungan tersebut umumnya sangat di perlukan untuk menunjang kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, sebagai antioksidan dan juga  untu menangkal radikal bebas.

Khasiat dan manfaat daun pepaya bagi kesehatan

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Untuk mendukung sistem kekebala tubuh meningkat, setidaknya daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan yang beberapa di antaranya seperti vitamin A, C dan kandungan di dalamnya tersebut  secara alami akan melakkan regenrasi sel darah putih dan juga trmbosit. Sehingga kemampuannya dapat melawan berbagai infeksi virus khususnya virus flu biasa. Untuk mendapatkannya manfaatnya anda bisa mengoalhnya menjadi jus.

2. Mengahambat pertumbuhan bakteri dan cacing

Seperti yang di ketahui sebelumnya, bahwasannya jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 zat aktif termasuk di dalamnya senyawa karpain yang mana senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme layaknya jamur, cacing, bakteri serta berbagai sel-sel kanker. Selain itu, di dalamnya juga terjkandung senyawa tanin, sehingga dapat di gunakan sebagai media pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di di dinding usus, sehingga dapat menekan penyebab terjadinya tifus.

3. Memiliki sifat anti kanker

Menurut sebuah penelitian yang lakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, menyebutkan bahwasannya di dalam jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat untuk melawan  kanker terhadap berbagai tumor. Seperti halnya kanker leher rahim, kanker payudara hingga kanker hati tanpa efek toksik pada tubuh. Bahkan pada saat ini, ekstrak daun pepaya telah di jadikan sebagai terapi kemoterapi alami pada sebagaian penduduk dunia yang mengalami kanker.

4. Mencegah Demam berdarah

Jus daun pepaya bisa menjadi metode tradisonal untuk mencegah sekaligus menyembuhkan demama berdarah tanpa efek samping. Menurut penelitian ilmiah yang telah di lakukan pada daun ini menyebutkan bahwasannya ekstrak daun pepaya mengandung senyawa papain  yang mana dapat meningkatkan trombosit darah.

5. Mengurangi nyeri haid

Khasiat daun pepaya selanjutnya adalah dapat di jadikan sebagai obat nyeri haid alami. Selain mengolahnya sebagai jus, untuk meredakan nyeri haid sendiri anda bisa mengolahnya dengan merebus 1 daun pepaya, tambahkan asam jawa dan sedikit garam ke dalamnya campurannya dengan segelas air hingga mendidih. Minum ramuan ini secara tertur pada sakit sakit perut saat haid menyerang.

6. Untuk mengatasi asam lambung

Khasiat daun pepaya untuk asam lambung tidak terlepas dari kandungan enzim papain yang mana dapat membantu dalam pencernaan protein dan bergun untuk mengobati ganguan pencernaan seperti hanya masalah asam lambung. Caranya cukup dengan memakan daun pepaya yang telah di rebus untuk mengatasi rasa mulas atau sakit serta meningkatkan nafsu makan. Selain dari pada itu, kandungan di dalam daun pepaya pun dapat mencerna gluten protein gandum atau penyakit celiac.

7. Menurunkan berat badan

Manfaat daun pepaya untuk diet dapat bisa rasakan terutama bagi anda yang kini tengah berkeinginanan untuk meurunkan berat badan akibat obesitas atau ingin membentuk tubuh anda menjadi ideal. Daun pepaya sendiri di ketahui memiliki kandungan 8% lemak dan juga 2% lemak, serta 75% mengandung air sehingga dapat mengenyangkan tubuh dan menghindarkan anda dari dehidrasi, sehingga sangat baik untuk anda jadikan untuk diet.

8. Membantu mengobati penyakit pembesaran prostat jinak

Fungsi daun pepaya lainnya adalah dapat membantu mengatasi  permasalahan pembesaran prostat jinak. Selain dari ada itu, juga dapat membantu mengurangi berbagai masalah terkait dengan prostat seperti masalah lesi dubur dan lainnya.

9. Mengatasi jerawat

Jika anda kini tengah mengalami masalah jerawat, anda bisa mencoba mengatasi dengan alternatif alami daun pepaya. Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya untuk jerawat, lakukan cara mengolahnya dengan tepat. anda bisa mengambil daun pepaya muda lalu keringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu, blender dengan air secukupnya untuk di buat seperti pasta. Setelah itu, aplikasikan sebagai masker, biarkan kering dalam 10-30 menit. Cuci dan bilas muka anda hingga bersih.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan seperti dapat mengatasi ambeien, anti-malaria, mencegah katarak, meningkatkan trombosit, rematik, ginjal, mengatasi emfisema, dispepsia, mengurangi cacingan, mengatasi hipertensi dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan selain untuk kesehatan, kegunaan daun pepaya pun dapat berguna auntuk hal lainnya, seperti untuk wanita, kulit, kecantikan, memperlancar ASI, rambut, menghilangkan ketombe dan lainnya.

Selain dapat memanfaatkan secara tunggal, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan beberapa bahan alami lainnya seperti adas, kunyit, pare, kemangi dan masih banyak lagi yang di sesuaikan dengan keluhan yang anda derita.

Efek samping daun pepaya

Terlepas dari berbagai manfaat yang terdapat di dalamnya, anda juga perlu mengenali efek sampingnya yang mungkin timbul halnya alergi. Karena pada dasarnya enzim papain dapat menimbulkan alergi seperti halnya mata terasa pedas dan hidung berair. Selain itu sangat tidak di anjurkan di konsumsi oleh ibu hamil karena kandungan enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya di duga dapat beracun pada janin dan berimbas pada terjadinya keguguran.

Adapun bagi anda yang kini tidak sedang hamil, tidak mengalami alergi atau siapapun anda maka jangan segan untuk mengandalkan berbagai manfaat daun pepaya untuk kesehatan tersebut yang sangat murah meriah. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 04 April 2017 13:58:11

Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Khasiat dan manfaat daun pepaya muda ataupun daun pepaya kering untuk kesehatan pria dan wanita, seperti halnya untuk mengatasi jerawat, asam lambung, wasir, rematik dan kenali juga efek sampingnya.
Daun - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun mimba…

Daun
Tambah Pertanyaan
Top