Cara Menormalkan Kadar Trigliserida Tinggi dengan Cepat

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagian besar lemak yang dikonsumsi berbentuk trigliserida. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dapat meningkatkan trigliserida dalam darah dan cenderung meningkatkan kadar kolesterol. Kadar trigliserida tinggi merupakan salah satu bagian dari sindrom metabolik, sekelompok faktor risiko yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Kadar trigliserida dalam tubuh bisa diketahui melalui tes darah. Berikut ini adalah parameter kadar trigliserida yang bisa digunakan sebagai acuan kesehatan. 

Jumlah trigliserida dalam satuan miligram per desiliter (mg/dL)

  • ? 500 Sangat tinggi
  • 200-499 Tinggi
  • 150-199 Cukup tinggi
  • < 150 Normal

Cara Menormalkan Kadar Trigliserida Tinggi dengan Cepat


Jika kadar trigliserida lebih dari 500 mg/dl, makan kadar trigliserida tersebut harus segera diturunkan. Tingginya kadar trigliserida dalam tubuh memiliki risiko yang dikenal dengan pankreatitis. Namun, jika kadar trigliserida lebih besar dari 200 mg, maka sebaiknya ubah gaya hidup, pola makan, dan mengobati penyebab sekunder yang sering menyertainya, sepeti hipertensi, diabetes, hipotiroid, dan kegemukan. 

Berikut ini beberpa cara menormalkan kadar trigliserida tinggi dengan cepat yang bisa Anda lakukan :

Pilih lemak sehat

Turunkan asupan lemak jenuh dan tak jenuh tunggal dan beralihlah mengonsumsi asam lemak omega 3. Pilihlah sumber makanan yang memiliki kandungan lemak sehat, seperti kacang, zaitun, dan minyak canola. Mengonsumsi ikan sebagai pengganti daging merah, khususnya salmon yang kaya akan asam lemak omega-3.

Mengurangi asupan kalori

Tubuh mengubah kalori ekstra menjadi trigliserida yang kemudian menjadi lemak. Jadi, jika Anda mengurangi asupan kalori, maka hal tersebut dapat membantu menurunkan kadar trigliserida tinggi. Makanan dengan kadar lemak dan karbohidrat tinggi menjadi target utama yang harus dikurangi. Perubahan diet lain yang mungkin bisa membantu adalah meningkatkan asupan serat dengan makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian. 

Hindari alkohol

Alkohol memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi, sehingga tidak baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi alkohol bisa menambah tingginya trigliserida dalam darah. Maka dari itu, sebaiknya hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dari sekarang. 

Menurunkan berat badan berlebih

Ketika Anda berupaya untuk menurunkan berat badan, maka secara otomatis tubuh juga akan menurunkan trigliserida. Maka dari itu, penting untuk tetap termotivasi dan fokus karena kehilangan berat badan beberapa kilo dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan tubuh. 

Olahraga 

Olahraga termasuk salah satu cara menormalkan kadar trigliserida tinggi yang bisa dilakukan. Setidaknya lakukan olahraga sekitar 30 menit setiap hari. Pasalnya hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis lain, seperti pengapuran sendi atau masalah jantung, maka berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. 

Namun, terkadang cara menormalkan kadar trigliserida tinggi dengan perubahan gaya hidup saja tidak cukup. Jika demikian, maka dokter dapat meresepkan obat atau suplemen untuk membantu menurunkan trigliserida tinggi. Terdapat beberapa jenis yang mungkin bisa membantu, seperti diantaranya :

  • Obat fibrat, namun tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan statin.
  • Statin, seperti Zocor atau Lipitor, yang dirancang untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan buruk.
  • Niacin atau asam nikotinat, namun obat ini harus digunakan dengan hati-hati karena terdapat potensi interaksi negatif dengan obat lain.
  • Dosis tinggi suplemen minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3. 

Selain itu, tidak sedikit pula yang juga memilih obat trigliserida tinggi alami untuk membantu menurunkan atau menormalkan kembali kadar trigliserida tinggi dalam tubuh. Obat alami cukup dipilih karena selain memiliki kahsiat yang tidak kalah dengan obat kimia, juga memiliki efek samping yang minim, sehingga aman untuk dikonsumsi meskipun dalam jangka panjang.

By Sri Maryati - Tips Rabu, 05 April 2017 10:03:56

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Kecanduan Alkohol Bagi…

Kecanduan alkohol adalah kondisi…

Kesehatan
Ini Alasan Kenapa Pria…

Sama halnya dengan wanita,…

Kesehatan
Jenis-jenis Jamu Gendong dan…

Berbagai macam jenis jamu…

Penyakit
Tips Mencegah Penyakit Maag…

Tips mencegah penyakit maag…

Tips
Cara Mengatasi Gagal Ginjal…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Penyakit
Komplikasi Luka Bakar Akut…

Waspadai komplikasi luka bakar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Merangsang Kontraksi Saat Hamil Tua Agar Cepat Lahir

Tips merangsang kontraksi saat hamil…

Tips
Pertolongan Pertama Dipatuk Ular Berbisa

Pertolongan Pertama Dipatuk Ular Berbisa…

Tips
Tips Mudah Atasi Kaki Bengkak Secara Cepat dengan Bahan Alami

Kaki bengkak memang cukup mengganggu.…

Kirim Pertanyaan
Top