Mengetahui Gejala Penyakit yang Bisa Dilihat dari Mata

Share dan Tag Temanmu di :

Terkadang beberapa penyakit jarang menimbulkan gejala yang begitu signifikan. Namun, tanpa kita ketahui beberpa anggota tubuh justru bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita secara menyeluruh. Salah satu anggota tubuh yang bisa memberikan tanda mengenai kondisi kesehatan yaitu mata. 

Tanpa kita ketahui, ternyata kedua mata bisa memberitahu beberapa penyakit yang mungkin tidak kita sadari. Bahkan, mata bisa menajdi jendela mengenai bagaimana kondisi kesehatan kita. 


Nah, berikut ini gejala penyakit yang bisa dilihat dari mata yang harus diketahui :

  • Nyeri pada kelopak mata

Rasa nyeri pada kelopak mata yang Anda alami saat ini tidak kunjung hilang ? Atau bahkan disertai dengan hilangnya bulu mata ? Jangan dianggap sepele, ini bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami karsinoma sel basal atau kanker kulit. 

Menurut New York Eye Cancer Center, pasien-pasien dengan karsinoma sel basal seringkali melihat bintil kemerahan yang terbentuk secara perlahan di kelopak matanya. Tumor tersebut paling sering ditemukan di kelopak mata bagian bawah, tetapi juga bisa terjadi di kelopak mata bagian atas. Selain itu, jika bulu mata menghilang di sekitar tumor tersebut, maka hal ini bsia menunjukkan bahwa tumor tersebut ganar. 

Jangan abaikan jika Anda mengalami hal ini. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Jika terus diabaikan hal ini bisa menyebabkan cacat parah, kebutaan, bahkan jika tumor tersebut telah mencapai otak melalui rongga mat bisa menyebabkan kematian.

  • Bola mata menonjol keluar (bug eyes)

Bola mata yang menonjol bisa menunjukan gejala dari penyakit Graves, yaitu salah satu jenis gangguan sistem imun yang membuat kelenjar tiroid menjadi over-aktif, menyebabkan peradangan dan aktivitas sistem kekebalan tubuh lainnya mempengaruhi otot serta jaringan lain disekitar mata (kondisi Graves ophthalmopathy).

Gejala yang bisa dilihat dari mata lainnya yang terkait dengan penyakit ini, termasuk mata terasa seperti berpasir, ada tekanan atau nyeri pada mata, kelopak mata tertarik ke atas atau bengkak, mata merah atau meradang, sensitif pada cahaya, penglihatan ganda, atau bahkan hilangnya penglihatan. 

  • Kelopak mata turun (droopy eyelids)

Jika salah satu atau kedua kelopak mata mengalami penurunan, maka hal ini bisa menunjukkan kondisi myasthenia gravis, yaitu penyakit autoimun yang ditandai dengan kelemahan otot yang parah. Kondisi ini bisa terjadi pada semua ras, pria atau wanita, serta pada semua usia. 

Jika Anda merasakan adanya perubahan pada kelopak mata Anda, maka sebaiknya segera minta bantuan untuk untuk mendiagnosis penyakit tersebut sebelum kondisinya semakin parah dan mengancam nyawa Anda. Pasalnya, secara potensial kondisi ini bisa menjadi penyakit yang fatal. Tetapi dengan perawatan medis yang tepat, mak Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. 

  • Timbul cincin abu-abu di sekitar kornea

Kondisi ini disebut dengan arcus atau arcus senilis dan sering dihubungkan dengan trigliserida tinggi, yang dapat meningkatakn risiko serangan jantung dan stroke. Kondisi ini diakibatkan oleh kumpulan lemak (lipid) yang terletak jauh di tepi kornea. 

Jika Anda sadar memiliki tanda ini pada mata, maka sebaiknya segera lakukan tes darah untuk memeriksa kadar lipid darah yang meningkat, terutama jika usia Anda dibawah 60 tahun. Tidak hanya itu, untuk menormalkan kadar trigliserida tinggi, Anda bisa melakukan dengan diet sehat yang kaya akan biji-bijian, bauh-buahan, dan sayuran, juga diimbangi dengan olahraga secara teratur serta menghindari konsumsi gula, lemak tidak sehat, dan minyak.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 05 April 2017 11:55:03

Related Post :
Kesehatan
Mencegah dan Mengatasi Stres…

Selain berlibur atau beristirahat,…

Manfaat
Mengetahui Kebaikan dan Manfaat…

Selain bisa meningkatkan nilai…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun…

Kandungan dan manfaat daun…

Penyakit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Manfaat
20 Manfaat Petroleum Jelly…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Mengenali Penyakit Necrotizing Enterocolitis…

Berikut adalah informasi tentang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Rekomendasi Jenis Vaksin yang Penting untuk Lansia

Tidak hanya anak-anak, para lansia…

Kesehatan
Mencegah dan Mengatasi Stres dengan Manfaat Nutrisi Alami

Selain berlibur atau beristirahat, beberapa…

Kesehatan
Jangan Cuci Daging Ayam Mentah! Ini Bahayanya

Jangan cuci daging ayam mentah!…

Kirim Pertanyaan
Top