Menu Makanan untuk Penderita Trigliserida Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Trigliserida dan kolesterol merupakan jenis-jenis lemak darah yang terdapat dalam tubuh manusia dan bersikulasi dalam aliran darah. Meskipun keduanya termasuk jenis lemak dasar dan memiliki kesamaan, namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Sama halnya dengan kolesterol, kadar trigliserida dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh menu makanan yang dikonsumsi. Dengan mengetahui menu makanan yang sehat maka dapat membantu untuk mencegah dan menurunkan kadar trigliserida tinggi dalam tubuh.


Berikut ini menu makanan untuk penderita trigliserida tinggi yang baik untuk dikonsumsi, diantaranya :

Oatmeal dan makanan berserat tinggi

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Serat yang dapat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian termasuk didalamnya kedelai, lentil, dan sebagainya mengandung serang yang tinggi. Pada umumnya biji-bijian sangat rendah lemak dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Terlebih, biji-bijian memiliki indeks glikemik rendah dan itu berarti bahwa diperlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan ini, sehingga Anda tidak akan mudah merasa lapar.

Jenis kacang almond dan kacang lainnya dapat menurunkan kolesterol. Kenari dengan kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. Mengonsumsi 43.5 gram kacang-kacangan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, namun dengan syarat tidak menambahkan garam atau gula dalam kacang-kacangan tersebut.

Makanan dengan kandungan omega-3 dan ikan

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi ikan 3 kali atau lebih dalam sehari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena ikan mengandung omega-3. Umumnya semua ikan mengandung omega-3, namun omega-3 terbaik bisa didapatkan dari jenis ikan salmon, tuna, dan sardine.

Untuk pengolahannya, ikan lebih baik dibakar atau dikukus dibandingkan dengan menggorengnya yang dapat menambah kadnungan lemak didalamnya. Selain ikan, sumber omega-3 lainnya adalah minyak canola yang dapat Anda beli di supermarket.

Buah dan sayuran


Terutama buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan betakaroten yang tinggi adalah pilihan terbaik untuk diet kolesterol. Buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C antara lain semua jenis berry (strawberry, cranberry, blackberry, dan lainnya), jeruk, anggur, mangga, brokoli, dan jambu. Jika Anda ingin mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung beta karoten tinggi, maka Anda bisa memilih kesemek, apricot, mangga, wortel, labu, brokoli, dan bayam.

Lemak sehat

Sebaiknya ganti lemak jenuh yang terkadnung pada daging dengan lemak tak jenuh dari tanaman, seperti minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak canola.

Itulah beberapa menu makanan untuk penderita trigliserida tinggi yang bisa dikonsumsi dan membantu diet penurunan kadar trigliserida tinggi selain dengan obat penurun trigliserida tinggi. Selain itu, imbangi juga dengan melakukan olahraga secara rutin. Semoga informasi tersebut bisa membantu.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 06 April 2017 11:28:12

Related Post :
Alami
Obat Penggemuk Badan Tradisional…

Obat penggemuk badan tradisional…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Polip…

Untuk mencegah timbulnya polip…

Kesehatan
Mengenali Perbedaan Trigliserida dan…

Mengetahui perbedaan trigliserida dan…

Alami
Obat Luka Caesar Yang…

Obat luka caesar alami…

Kesehatan
Faktor Penyebab Rematik Di…

Rematik tidak hanya menyerang…

Penyakit
Penyakit Infekasi Lambung Gejala…

Penyakit infeksi lambung beserta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Sayur-Sayuran Yang Bagus Untuk Diet

Menurunkan berat badan bisa dilakukan…

Kesehatan
Tak Disangka! Ternyata Keputihan Juga Memiliki Manfaat

Tidak selalu membahayakan, ternyata keputihan…

Kesehatan
Daftar Makanan Agar Cepat Hamil Yang Terbukti Ampuh

Daftar makanan agar cepat hamil…

Kirim Pertanyaan
Top