Bahaya Kadar Trigliserida Tinggi Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Dalam jumlah yang normal, trigliserida memang diperlukan tubuh untuk menyediakan cadangan energi. Namun, jika kadar trigliserida tinggi dan tidak dapat terkontrol, maka justru akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan, salah satunya dapat memicu risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebenarnya perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar trigliserida tinggi dalam tubuh. Namun, banyak penderita yang tidak menyadari bahwa memiliki kadar trigliserida tinggi, sehingga terlambat untuk diatasi. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda melakukan tes darah untuk mengetahui kadar trigliserida dalam tubuh.


Dalam kondisi yang tidak terkontrol, kadar trigliserida tinggi dapat menimbulkan efek samping pada tubuh. Berikut ini bahaya kadar trigliserida tinggi bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui :

  • Bahaya trigliserida tinggi untuk gula darah

Kenaikan trigliserida dalam darah bisa menajdi merupakan gejala awal dari adanya resistensi tubuh terhadap insulin. Kondisi ini tentu mengarah pada penderita diabetes dengan kondii yang lebih parah. Dimana kondisi ini bearti tubuh sudah tidak lagi menggunakan insulin atau hormon pengontrol gula darah dengan maksimal.

Ketika insulin tidak berfungsi dengan baik, maka glukosa yang didapat dari makanan yang dikonsusmi akan disebarkan ke seluruh tubuh. Dimana kondisi ini bisa memicu naiknya level gula darah dalam kondisi yang drastis. Hal ini pulalah yang dapat memicu kondisi pra-diabetes yang berbahaya sebelum berubah menjadi diabetes tipe 2.

  • Bahaya trigliserida untuk pankreas

Jika kadar trigliserida dalam darah tinggi, yaitu sekitar 500 mg/dl, kondisi ini kemungkinan akan membuat penderita mengalami radang pankreas atau pankreatitis, dimana kondsii ini dapat mengakibatkan kerusakan jaringan secara permanen. Sedangkan gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini biasanya berupsa sakit pada  bagian area perut.

  • Bahaya trigliserida untuk liver

Selain berpengaruh pada gula darah dan pankreas, kadar trigliserida tinggi juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit fatty liver atau hati berlemak. Kondisi ini bisa terjadi akibat kebiasaan mengonsumsi makanan yang kesehatannya kurang terjaga dengan baik. Penyimpanan lemak yang terjadi secara terus menerus bisa jadi membuat banyaknya lemak pada aliran darah. Kondisi ini pun bisa memicu timbulnya trigliserida yang meningkat pada darah.

Mengingat begitu besarnya bahaya kadar trigliserida tinggi yang timbulkan bagi kesehatan tubuh, maka kita patut waspada dan segera lakukan pemeriksaan melalui tes darah untuk mengetahui kadar trigliserida dalam tubuh. Jika diketahui kadar tigliserida dalam darah Anda tinggi, maka segera lakukan pengobatan dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup. Namun, jika metode tersebut dirasa kurang cukup, maka Anda bisa mengonsumsi obat trigliserida tinggi alami atau yang telah diresepkan dokter untuk membantu menurunkan dan mengontrol kadar trigliserida tinggi dalam tubuh.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 07 April 2017 09:47:40

Related Post :
Obat Cina
Khasiat Agaricpro Untuk Mengatasi…

Khasiat agaricpro untuk mengatasi…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Obat antibiotik untuk penyakit…

Penyakit
Inilah Gejala Penyakit Kelamin…

Inilah gejala penyakit kelamin…

Penyakit
Jangan Sampai Terlambat! Ketahui…

Jangan sampai terlambat! Ketahui…

Tips
Cara Agar Minus Pada…

Berbagai tips dan cara…

Kulit
Tips Sehat Mencegah Penuaan…

Berikut adalah tips dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ikuti Aturan Ini Agar Olahraga Lebih Bermanfaat Bagi Tubuh

Meskipun menyehatkan, jangan lakukan olahraga…

Kesehatan
Pantangan Dan Anjuran Makanan Untuk Penderita TBC

Pantangan dan anjuran makanan untuk…

Kesehatan
Makanan yang dianjurkan untuk Penderita Rematik

Selain mengonsumsi obat rematik, mengonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top