Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Share dan Tag Temanmu di :

Hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati. Penyebab penyakit hepatitis adalah infeksi virus. Ada 5 jenis virus yang menyebabkan penyakit ini yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D dan virus hepatitis E.


Setiap penderita hepatitis berbeda-beda, ada orang yang menderita hepatitis akut dan  ada pula yang menderita hepatitis kronis. Hepatitis akut adalah penyakit hepatitis yang berlangsung beberapa minggu dapat sembuh tanpa ada dampak berkelanjutan. Sedangkan hepatitis kronis adalah penyakit hepatitis berlangsung lama yaitu sampai bertahun-tahun lamanya.

Jenis-jenis penyakit hepatitis dan penyebabnya

Hepatitis A

Penyakit hepatitis A adalah jenis penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Organ hati yang terinfeksi virus ini dapat membesar, namun tidak menimbulkan kerusakan hati permanen. Dan virus hepatitis A ini cukup mudah menular pada orang lain. Hepatitis A merupakan jenis penyakit hepatitis yang bersifat akut yaitu berlangsung sekitar 1 hingga 2 minggu.

Hepatitis B

Penyakit hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B. Virus ini bisa menular pada orang lain dan penularannya melalui ibu yang pada saat mengandung telah terkena hepatitis B, transfusi darah, jarum suntik, peralatan medis dan hubungan seksual. Hepatitis b adalah jenis penyakit yang bisa berkembang jadi kronis jika penderita tidak segera melakukan pengobatan.

Hepatitis C

Hepatitis C disebabkan oleh virus hepatitis C. Sama seperti jenis hepatitis lainnya, hepatitis C juga menular. Dan penularannya melalui transfusi darah jarum suntik. Hepatitis C juga merupakan jenis penyakit hepatitis yang berbahaya. Karena virus hepatitis C terus bertahan dalam tubuh yang lama kelamaan mengganggu fungsi liver.

Hepatitis D

Hepatitis D disebabkan oleh virus hepatitis D. Orang yang pernah mengalami penyakit hepatitis B dapat terinfeksi virus hepatitis D. Dan orang terinfeksi ganda terkena infeksi virus hepatitis D dan virus hepatitis B maka bisa menyebabkan penyakit yang lebih kronis.

Hepatitis E


Hepatitis E adalah jenis penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis E. Penyakit hepatitis E ini bersifat akut, namun tidak mengakibatkan kronis.

Tidak hanya disebabkan oleh virus, hepatitis juga bisa disebabkan oleh penggunaan alkohol yang berlebihan, bahan kimia dan obat-obatan. Oleh karena itu, bagi penderita hepatitis berhenti konsumsi alkohol. Karena jika terus melakukan kebiasaan buruk yang satu ini dapat memperburuk hepatitis yang anda derita.

Gejala Penyakit Hepatitis

  • Perut bagian atas mengalami pembengkakan
  • Kuku berubah warna jadi warna kuning
  • Mata yang biasanya terlihat putih berubah warna menjadi kuning
  • Terasa nyeri di sekitar hati
  • Bengkak di kaki
  • Terasa nyeri di perut
  • Adanya perubahan warna pada tinja, yaitu warna tinja berubah menjadi warna putih.
  • Adanya perubahan warna pada urin yaitu urin jadi warna lebih gelap

Bila anda mengalami salah satu gejala atau beberapa gejala diatas, sebaiknya memeriksakan diri anda pada dokter. Untuk memastikan apakah anda terkena penyakit hepatitis atau tidak.

Untuk pengobatan penyakit hepatitis tergantung pada jenis hepatitis. Namun pada umumnya penderita diharuskankan berhenti mengkonsumsi minuman alkohol, banyak istirahat minum, dan  obat untuk mengurangi gejala penyakit hepatitis. Namun bagi anda yang memilih pengobatan alami, obat hepatitis alami bisa menjadi solusi untuk penderita hepatitis.

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu lakukan pencegahan hepatitis sejak dini. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit hepatitis diantaranya:

  • Melakukan vaksinasi. Namun di indonesia hanya tersedia 2 vaksin saja vaksin hepatitis A dan B. Karena hingga saat ini belum ada vaksin hepatitis C, D dan E.
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Menjaga kebersihan diri sendiri
  • Hindari kontak langsung dengan cairan tubuh maupun darah penderita hepatitis B
  • Menghindari kontak darah penderita hepatitis C
  • Hindari jarum suntik secara bersamaan, karena jika memakai jarum suntik bekas orang yang menderita hepatitis maka anda akan berisiko terkena virus hepatitis tersebut.

Meskipun penyakit hepatitis dapat dicegah, namun virus penyebab penyakit hepatitis bisa berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menyebabkan hancurnya jaringan sel liver, sistem kekebalan tubuh menjadi melemah, gagalnya fungsi liver, dan mengakibatkan kanker hati.

By Rizka Ardiana - Penyakit Jum'at, 07 April 2017 14:01:06

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan…

Tahukah Anda bahwa ternyata…

Manfaat
12 Jenis Akar Tanaman…

Dari sebuah tanaman obat…

Penyakit
Jenis Penyakit Anemia Dan…

Penyakit anemia adalah suatu…

Kewanitaan
Menstrual Cup Solusi Alternatif…

Saat haid, biasanya banyak…

Obat Kimia
Cara Menetralisir Kadar Asam…

Cara Menetralisir Kadar Asam…

Penyakit
Menyeramkan! Ini Bahaya Komplikasi…

Menyeramkan! Ini bahaya komplikasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Jenis-Jenis Konjungtivitis Berdasarkan Penyebabnya

Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis dibagi menjadi…

Penyakit
Faktor Penyebab Dan Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Berikut adalah berbagai faktor penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top