Mengenal Khasiat Manfaat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun mangkokan tentunya tak asing di kalangan para herbalis. Namun bagi masyarakat awam, tentunya hal ini masih belum banyak di ketahui. Lalu, apa manfaat daun mangkokan untuk kesehatan selengkapnya? Untuk mendapatkan jawabannya anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Sesuai dengan namanya, daun mangkokan sendiri adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki daun melengkung dan juga dapat menampung air tak ubahnya seperti mangkok. Jenis daun ini tentunya merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan juga biasa di tanam di pekarangan rumah. Pada umumnya daun mangkokan sendiri biasa tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian bisa mencapai hingga 6 meter.

Klasifikasi ilmiah dari tanaman mangkok ini selengkapnya adalah:

  • Kerajaan: Plantae
  • Ordo: Apiales
  • Famili: Araliaceace
  • Genus: Polyscias
  • Spesies: P. scutellaria

Khasiat dan manfaat daun mangkokan untuk kesehatan

Perlu untuk anda ketahui, bahwasannya daun mangkokan ternyata memiliki kandungan baik untuk kesehatan dan sering kali di jadikan sebagai pengobatan tradisional. Bahkan di dalmnya sendiri mengandung efek antioksidan, antinflamasi dan juga antibakteri di dalamnya. Adapun khasiat dari daun mangkokan selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Di dalam daun mangkokan terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga apabila di konsumsi maka sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Sehingga dengan arti kata lain daun mangkokan dapat mencegah berbagai penyakit pencernaan, seperti halnya sembelit atau susah BAB, diare hingga buang air kecil yang tidak lancar.

Untuk mengonsumsinya, anda bisa mengolahnya sendiri yaitu dengan cara di rebus dan di makan sebagai lalapan. Atau juga dapat membuat tumisan dari daun yang memiliki kandungan serat yang tinggi ini, sesuai dengan selera anda.

2. Membantu mengobati luka

Jika anda mengalami luka seperti halnya akibat terjatuh, anda bisa mencoba mengatasinya dengan daun mangkokan agar luka cepat kering secara alami, sehingga luka anda tidak mengalami infeksi. Caranya cukup dengan menghaluskan beberapa lembar daun mangkokan yang telah di cuci bersih  kemudian rekatkan pada bagian tubuh anda yang mengalami luka.

3. Mengobati peradangan

Manfaat dari daun mangkokan lainnya adalah dapat membantu mengobati peradangan dan juga bertindak sebagai antiinflamasi. Sifat anti peradangan dan antiinflamasi ini juga apat mencegah munculnya berbagai peradangan pada bagian organ tubuh anda, seperti halnya radang tenggorokan, lambung dan juga usus. Bahkan selain itu, daun mangkok juga dapat mengatasi dan mengobati peradangan pada payudara anda.

4. Melancarakan peredaran darah

Selain serat, nyatanya daun mangkokan juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dan zat besi inilah salah satu jenis mineral yang dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan mengoptimalkan suplai darah serta oksigen ke dalam organ-organ tubuh anda.

5. Mencegah timbulnya gejala anemia

Tak hanya dapat memperlancar peredaran darah, akan tetapi  manfaat zat besi yang terkandung dalam daun mangkokan sendiri juga baik untuk mencegah gejala penyakit anemia. Adapun gejala anemia sendiri meliputi rasa lemas, letih, mudah merasa lelah, sakit kepala, tubuh serasa ingin pingsan dan banyal lagi lainnya. Nah, dengan adanya kandungangan zat besi ini maka semua gejala anemia dapat teratasi.

6. Menjaga kesehatan mata

Daun mangkokan juga di ketahui memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Dan jenis vitamin inilah yang membuat daun mangkokan sangat baik untuk kesehatan. Dengan terjaganya kesehatan mata, maka dapat menghindarkan anda dari ebrbagai gangguan mata mulai dari katarak hingga rabun.

7. Menghobati sariawan

Daun manggokan juga di kenal memiliki kandungan vitamin C. Selain baik untuk meningkatklan kekebalan tubuh, vitamin C juga nyatanya sangat baik untuk mengobati sariawan.

8. Menjaga kesehatan tulang

Daun mangkokan juga ternyata memiliki kandungan vitamin D di dalamnya. Adapun vitamin D sendiri adalah jenis vitamin yang bersamaan dengan fosfor dan juga manfaat kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Bagi mereka yang masih berada pada masa pertumbuhan, vitamin D juga mampu untuk menambah tinggi badan dan juga mengoptimalkan fungsi struktur dari tulang.

9. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat daun mangkokan untuk rambut, menjadi kegunaan daun mangkokan yang terakhir. Termasuh di dalamnya dapat menyuburkan rambut dan juga mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti halnya rambut rontok dan juga menghilangkan ketombe. Adapun cara untuk memanfaatkannya adalah sebagai berikut:

- Ambil 4-5 lembar daun mangkokan dan cuci hingga bersih.
- Kemudian rendam dengan menggunakan minyak kelapa (VCO).
- Setelah di rendam, peras daun mangkokan hingga benar-benar kering.
- Oleskan minyak yang telah bercampur dengan daun mangkokan tersebut pada kulit kepala hingga merata. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mengoptimalkan efek yang baik bagi kulit kepala anda.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat daun mangkokan untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

By Nida Saripah - Manfaat Sabtu, 08 April 2017 11:50:49

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Alami
Obat Alami Pengering Luka…

Obat alami pengering luka…

Tips
Tips Diet Sehat Yang…

Tips diet sehat yang…

Penyakit
Mengenal Lebih Dekat Tentang…

Jika anda ingin mengenal…

Kesehatan
Benarkah Minum Air Lemon…

Banyak yang menyebutkan jika…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Rutin Minum Air Mentimun yang Jarang Diketahui

Mentimun kaya akan kandungan nutrisi…

Manfaat
Manfaat Luar Biasa Kulit Bawang Bagi Kesehatan

Mulai sekarang, sebaiknya jangan buang…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top