Cara Mudah Mengatasi Migrain Pada Ibu Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Mudah Mengatasi Migrain Pada Ibu Hamil

Migrain salah satu bentuk gangguan spesifik yang terjadi pada bagian otak sehingga menyebabkan munculnya gejala seperti sakit berdenyut pada salah satu atau kedua bagian kepala, sensitif pada suara, cahaya, ataupun bau-bauan, mual dan muntah, serta pandangan menjadi kabur. Hingga saat ini Para ilmuwan belum bisa mengungkapkan secara pasti penyebab migrain, tapi faktor keturunan dan lingkungan menjadi salah satu penyebabnya. Serangan migrain juga di duga dipicu oleh adanya perubahan keseimbangan kimiawi organ otak.


Cara Mudah Mengatasi Migrain Pada Ibu Hamil

Tantangan mengatasi migrain saat hamil yaitu meringankan keluhan ibu dengan mempertimbangkan resiko pengobatan terhadap janin. Pendekatan paling ideal yaitu dengan pencegahan, kemudian penanganan alamiah dan terakhir pengobatan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah mengatasi migrain pada ibu hamil diantaranya :

1. Istirahat

Tenaga dapat pulih kembali setelah beraktivitas dan dapat meredakan migrain dengan melakukan istirahat yang cukup ditempat yang gelap dan tenang karena biasanya penderita migrain peka terhadap cahaya sehingga anda dapat menghindari cahaya terang. Apabila sulit untuk tidur karena perasaan yang tidak nyaman pemicu hormon, jangan mengkonsumsi obat tidur karena sangat berbahaya dan lakukanlah relaksasi untuk menenangkan pikiran atau bisa dengan mendengarkan musik.

2. Lakukan rileksasi

Dengan rileksasi dipercaya dapat menurunkan intensitas migrain, seperti yoga, meditasi, dan peregangan. Bagi anda yang beragama islam, berdzikir dapat membuat seorang lebih tenang dan fokus serta kondisi ini dipercaya mampu meredakan migrain.

3. Kompres dingin dibagian yang sakit

Anda dapat meengompres dingin dibagian yang sakit sehingga dapat membantu menyempitkan pembuluh darah.

4. Melakukan aktivitas sehari-hari

Dengan melakukan aktivitas sehari-hari akan membantu tubuh untuk bergerak yang membuat aliran darah tetap lancar, membakar kalori berlebih, dan jantung sehat. Dan makan secara teratur jangan sampai telat makan.

5. Hindari stress berkepanjangan

Ketika saat hamil harus menghindari stress yang berkepanjangan dan pastikan beristirahat di ruangan yang tenang, sejuk, dan gelap saat serangan migrain muncul. Anda dapat juga melakukan terapi dingin yaitu dengan meletakan katung es yang dibungkus kain dibagian belakang leher atau dibagian yang terasa sakit.

6. Hindari dehidrasi

Perbanyak minum air putih sehingga anda akan terhindar dari dehidrasi serta pemicu migrain.

7. Hindari pemicu

Pemicu kelelahan, stress, suara bising, lampu menyala, asap rokok, kelebihan panas atau dingin, dan makanan tertentu misalnya kafein, soklat, pemanis buatan, dll merupakan pemicu umum dari migrain maka dari itu anda harus menghindarinya sehingga tidak terserang sakit kepala migrain.

8. Olahraga ringan

Olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar, pastinya dilakukan sesuai dengan standar olahraga untuk ibu hamul. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa berolahraga akan sangat baik untuk mengurangi frekuensi munculnya migrain dan juga dapat mengurangi pemicu migrain lain seperti depresi dan stress.

9. Biofeedback

Biofeedback yaitu latihan yang didampingi para ahli untuk mengetahui sejauh mana fungsi tubuh bekerja yang sangat baik untuk mengetahui keseimbangan fungsi tubuh dan tentu akan berpengaruh pada menurunnya rasa sakit pada migrain.

Demikian penjelasan mengenai cara mudah mengatasi migrain pada ibu hamil yang bisa anda lakukan sendiri jika tengah merasakan migrain.

By Ana Rediana - Tips Sabtu, 08 April 2017 14:10:33

Related Post :
Penyakit
Mengetahui Masalah Kutil pada…

Kutil merupakan salah satu…

Tips
Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Daun
11 Khasiat Dan Manfaat…

Selain untuk pakan kenari,…

Manfaat
Jangan Sepelekan Manfaat Ikan…

Disamping memiliki rasa yang…

Manfaat
Suka Makan Buah Ciplukan?…

Suka makan buah ciplukan…

Penyakit
Ketahui Penyakit MERS Lengkap…

Ini dia penyakit MERS,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mencegah dan Mengatasi Pengentalan Darah Saat Hamil

Cara mencegah dan mengatasi pengentalan…

Tips
Cara Sehat Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Selain dengan obat, menurunkan asam…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan…

Kirim Pertanyaan
Top