Ketahui Ciri-Ciri Nyeri Haid Tidak Normal

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri nyeri haid tidak normal sebaiknya di ketahui oleh anda yang sering kali mengalami nyeri saat haid. Karena tak jarang nyeri haid pun di kategorikan berbahaya, yang mana di sebabkan oleh beberapa jenis penyakit, sehingga penggunaan obat nyeri haid alami juga tisak memberikan efek. Maka dari itu, sebagai bentuk kewaspadaan anda, anda bisa menyimak terlebih dahulu informasi berikut.


Nyeri haid adalah kondisi yang di alami sebagain wanita pada saat menstruasi setiap bulannya. Kondisi ini sering kali di anggap normal di karenakan memang pada saat mengalami menstruasi, tubuh melepaskan hormon prostaglandin, yang berfungsi untuk menstimulasi otot rahim untuk berkontraksi. Nah, kondisini ini lah yang menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujuung saraf nyeri, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kram di perut.

Sensasi nyeri yang di alami oleh setiap wanitapun berbeda-beda. Ada yang bersifat ringan, bahkan ada pula nyeri haid yang di rasakan sangat parah, sehingga mengganggu aktivitas kesehariannya. Nah, nyeri haid yang parah ini pada umumnya di kategorikan sebagai nyeri haid yang tidak normal, karena kondisi tersebut kemungkinan di sebabkan oleh adanya gangguan di organ reproduksi.

Ciri-ciri nyeri haid tidak normal

Selain nyeri haid berlebihan, masih terdapat banyak tanda-tanda nyeri haid tidak normal yang perlu anda ketahui lainnya. Karena pada dasarnya hyei haid sendiri di kategorikan menjadi 2 bagian yaitu nyeri haid primer (normal) dan nyeri haid sekunder (abnormal).

1. Nyeri haid primer

Nyeri haid primer sendiri sering kali di kategorikan sebagai nyeri haid yang normal, yang pada umumnya terjadi akibat kontraksi otot rahim sebagai akibat dari hormon prostaglandin. Nyeri haid satu ini jumlahnya meningkat pada wanita yang belum menikah di banding dengan wanita yang telah menikah. Adapun ciri-ciri nyeri haid normal ini diantaranta:

- Nyeri yang di rasakan pada umumnya satu atau dua hari sebelum haid datang atau saat haid hari pertama.
- Nyeri yang di rasakan berada di perut bagian bawahm pinggang hingga paha.
- Sifat nyeri yang di rasakan muli dari ringan hingga berat, danbertahan selama 12 jam hingga paling lama 17 jam.
- Gejala yang menyertai seperti muntah, mual, lemas dan diare.

Jika nyeri haid yang anda alami termasuk normal, maka anda dapat menggunakan cara meredakan nyeri haid secara alami, seperti halnya melakukan kompres hangat pada bagian bawah pusar untuk mengurangi rasa nyeri, melakukan pijatan, hinga melakukan relaksasi seperti halnya meditasi dan juga yoga.

Selain itu, anda juga bisa mengonumsi obat sakit perut saat haid yang di jual bebas di apotek. Pada umumnya jenis obat ini sendiri mengandung paracetamol dan juga ekstrak tumbuhan hyoscymami. Adapun paracetamol bekerja di susunan saraf pusat yang memberikan untuk memberikan reaksi pada produksi prostaglndin sehingga dapat mengahambat pembentukan sinyal rasa nyeri. Sedangkan ekstrak tumbuhan hyoscyami yang di kombinasikan dalam obat ini membantu melemaskan otot perut sehingga mengurangi nyeri haid pada perut dan pening  yang muncul saat haid.

2. Nyeri haid sekunder

Nyeri haid sekunder pada umumnya baru timbul di kemudian hari setelah haid  hari pertama. Adapun penyebab nyeri haid ini sendiri sering kali di sebabkan oleh beberapa penyakit maupun kelainan pada organ reproduksi. Adapun tanda-tanda nyeri haid tidak normal adalah:

- Nyeri yang di rasakan lebih parah di bandingkan dengan nyeri kram biasa.
- Nyeri terkadang bisa berkurang  meskipun haid telah selesai.
- Nyeri yang di rasakan tidak di sertai dengan gejala mual dan muntah.

Jika anda mersa apabila nyeri haid yang anda rasakan termasuk ke dalam nyeri haid yang tidak normal, maka segeralah berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan untuk elakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang seperti USG abdomen dan lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar ciri-ciri haid yang tidak normal. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 10 April 2017 08:59:54

Related Post :
Alami
Obat Biang Keringat Pada…

Obat biang keringat alami…

Kesehatan
Bahaya Racun Ikan Fugu…

Mengetahui dampak dan bahaya…

Daun
Luar Biasa! Inilah Manfaat…

Luar biasa!! inilah sederet…

Penyakit
Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri…

Berikut adalah tanda dan…

Manfaat
Fakta Seputar Manfaat Infused…

Inilah fakta seputar manfaat…

Kesehatan
Mulut Terasa Manis ?…

Mulut terasa manis setelah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Jenis Terapi Kesuburan Yang Tepat Saat Program Hamil

Yuk memgenal jenis terapi kesuburan…

Kesehatan
Mengetahui Cara Diagnosis dan Penanganan Stroke Mata

Berikut ini merupakan informasi seputar…

Kesehatan
Waspada! Singkong Mentah Bisa Sebabkan Keracunan Sianida

Singkong merupakan salah satu makanan…

Kirim Pertanyaan
Top