Obat Sariawan Alami di Lidah Tenggorokan Bibir

Share dan Tag Temanmu di :

Obat Sariawan Alami

Saat Anda terkena sariawan, pastinya segala aktivitas yang berhubungan dengan mulut seperti halnya makan, minum bahkan menyikat gigi akan terasa tidak nyaman dan juga menyakitkan. Tak hanya di bibir, sariawan juga bisa terjadi di lidah, gusi, atau bagian mulut lainnya. Adapun penyebab sariawan pada anak maupun dewasa bisa muncul akibat tubuh terinfeksi virus, mengalami stres, alergi terhadap makanan tertentu, atau kurang vitamin. Penyebab lainnya dapat di pengaruhi kekebalan tubuh bermasalah, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, hormon naik-turun, serta adanya luka di mulut.


Sariawan umumnya bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 7 sampai 14 hari. Namun, pastinya proses penyembuhan dapat di lakukan dengan melakukan pola hidup yang baik dan hingga melakukan pengobatan. Namun, pada kesempatan kali ini kami tidak akan merekomendasikan suatu produk yang perlu anda beli di apotek, melainkan pengobatan sariawan di lakukan secara tradisional dan alami.

Obat sariawan alami di lidah, tenggorokan dan bibir pada anak dan dewasa

Berikut adalah beberapa obat sariawan alami yang ampuh dan kami rekomendasikan untuk Anda pakai:

- Rajin sikat gigi dan membersihkannya dengan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
- Kurangi konsumsi makanan asam dan pedas karena bisa membuat sariawan tambah parah.
- Oleskan magnesium hidroksida cair ke bagian yang sariawan dua atau tiga kali sehari.
- Sikat gigi dengan perlahan dan pakai sikat gigi yang lembut serta pasta gigi yang bebas deterjen.
- Minum air delapan gelas perhari.
- Bongkahan kecil es batu juga bisa disimpan di bagian mulut yang terkena sariawan.
- Berkumur dengan obat kumur atau mouth wash yang tidak mengandung alkohol.
- Hindari kopi, makanan asin, cokelat, keripik kentang, minuman bersoda, biskuit yang mengikis mulut, kacang-kacangan, minuman beralkohol, makanan dan minuman yang terlalu dingin, terlalu panas, atau terlalu manis.
- Hindari menyentuh sariawan terlebih menggunakan tangan yang tidak steril karena bisa menyebabkan infeksi menyebar.
- Konsumsi makanan yang dihaluskan, digiling, dipotong kecil, serta mudah ditelan.
- Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan, terutama yang mengandung zat besi, vitamin C, dan vitamin B.
- Jika mulut terasa benar-benar sakit, pakai sedotan untuk minum.

Adapun selain dari pada itu, anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut, yang aman di gunakan pada anak balita untuk di jadikan sebagai obat herbal sariawan hingga bibir pecah-pecah. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Air kelapa

Salah satu bahan alami yang bagus untuk mengobati sariawan adalah Air kelapa hijau. Untuk memanfaatkannya sendiri bisa anda pergunakan untuk berkumur maupun di minum.

  • Air garam

Berkumur-kumur menggunakan larutan garam tiga sampai empat kali sehari juga merupakan metode penyembuhan sariawan secara tradisional.  Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air. Atau bisa juga mengganti garam dengan baking soda.

  • Kopi bubuk

Kopi bubuk yang di pergunakan disini adalah kopi hitam asli dan original. Caranya cukup dengan menburkan kopi bubuk pada bagian yang terkena sariawan dan tunggu beberapa menit sebelu berkumur dengan air. Lakukan cara ini secara teratur, maka 2-3 hari anda akan mengalami perubahan.

  • yogurt

Selain mengandung vitamin C, yogurt juga nyatanya membantu menjaga keseimbangan bakteri baik yang ada di di mulut dan badan. Hal tersebut tentu dapat mempercepat sekaligus mencegah terjadinya sariawan. Selain menempelkannya pada sariawan yang terdapat di dalam mulur, pinggir bibir maupun dekat gusi anda juga bisa mengonsumsinya secara tertur.

  • Tomat

Tomat di ketahui mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik bagi penyembuhan sariawan hingga radang tenggorokan. Untuk memanfaatnya anda bisa mengonusmi tomat secara langsung atau mengolahnya menjadi jus tanpa gula untuk di jadikan sebagai obat kumur alami.

  • Daun kemangi

Salah satu manfaat daun kemangi yang populer di masyarakat adalah dapat menyembuhkan sariawan. Untuk itu, anda bisa mengunyah 4-5 lembar daun kemangi  serta air minum.

  • Kunyit

Kunyit di ketahui memiliki sifat antiinflamasi yang kuat di dalamnya. Untuk mengatasi sariawan sendiri anda bisa mengoleskan ramuan pasta kunyit yang terbuat dari tumbukan kunyit yang di padu padankan dengan satu sendok teh gliserin tepat pada bagian luka sariawan. Setelah beberapa menit anda dapat berkumur hingga bersih.

  • Mentimun

Tak banyak yang mengetahui bahwasannya manfaat mentimun juga ternyata dapat di pergunakan untuk mengatasi sariawan, Karena pada umumnya mentimun sendiri sering kali di gunakan untuk masker kecantikan atau untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun untuk mengatasi sariawan anda bisa mengonsumsi 2 buah mentimun setiap harinya.

Jika sariawan tetap eksis di mulut Anda sekalipun telah diobati dengan berbagai cara, segera hubungi dan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab sariawan berkepanjangan agar segera mendapatkan penanganan tepat dan cepat. Terlebih jika luka sariawan terus membesar, berulang, menyebar, serta berlangsung lebih dari tiga minggu dan terasa sangat sakit sekalipun telah minum obat anti nyeri. Konsultasikan pula jika sariawan membuat Anda demam tinggi.

Obat sariawan alami memang bervariasi. Namun ada baiknya kita melakukan upaya preventif dengan menjaga kesehatan mulut yakni dengan rajin gosok gigi dua kali sehari agar sariawan tidak datang.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Tips Rabu, 18 Mei 2016 00:10:50

Related Post :
Kesehatan
Faktor Penyebab Rematik Di…

Rematik tidak hanya menyerang…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit…

Belajar mengenali gejala sakit…

Tips
Tips Cara Memasak Sayuran…

tips cara menikmati sayuran…

Alami
Obat Oles Sipilis Tradisional…

Obat Oles Sipilis Qnc…

Tips
Tips Agar Minum Kopi…

Penderita maag kini tidak…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Air…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Ketahui penyebab bibir hitam yang…

Tips
Tips Agar Minum Kopi Aman Bagi Penderita Maag

Penderita maag kini tidak perlu…

Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda Secara Alami

Cara mengatasi darah tinggi di…

Kirim Pertanyaan
Top