Khasiat Manfaat Daun Ashitaba Atau Seledri Jepang Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun ashitaba atau seledri jepang untuk kesehatan mungkin masih banyak yang belum mengetahui akan hal ini. Namun, beberapa orang lainnya telah lama memanfaatkan jenis seledri jepang ini untuk menjaga kesehatan mereka.  Adapun untuk mengetahui apa manfaat daun ashitaba selengkapnya, anda bisa menyimak ulasan berikut ini.


Mungkin sebagian anda ada yang bertanya-tanya mengapa tanaman ashitaba di sebut dengan seledri jepang? Hal tersebut memang di karenakan tanaman yang satu ini memiliki bentuk hampir menyerupai seledri dan juga berasal dari negeri sakura Jepang tepatnya dari pulau Hacho Jo Island (pulau panjang umur). Di beri nama pulau panjang umur, memang di karenakan penduduk di pulau tersebut rata-rata memiliki umur panjang hingga 90 tahun.Dan setelah di teliti, rahasia dari umur panjang mereka adalah karena mengonsumsi daun ashitaba setiap hari sebagai sayur.

Tak hanya di pulai Hacho Jo Island, hal tersebut telah telah terkenal secara luas di seluruh penjuru negeri jepang. Bahkan daun seledri jepang ini juga telah di manfaatkan sejak zaman dinasti Ming (1518-1593), yang mana daun ini menjadi daun andalan para tabib pada saat itu sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam jenis gangguan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kandungan dan ciri-ciri daun ashitaba

Ashitaba memiliki nama latin Angelica Keiske koidzumi. Ciri-ciri ashitaba sendiri adalah memiliki batang dan daun berwarna hijau, dan bentuk daun yang berberigi layaknya daun seledri.


Di dalamnya juga di ketahui mengandung berbagai kandungan nutrisi dan zat aktif yang beberapa diantaranya berupa xhanthoagelol dan 4-hydroxyderricin yang mana kandungan tersebut terkandung di dalam daun dan batang ashitaba. Adapaun fungsi dari kandungan tersebut adalah sebagan kandungan antioksidan yang mana sangat cocok untuk menccegah kanker, menurunkan gula darah, menurunkan resiko jantung, memulihkan fungsi tubuh, sebagai antibakteri serta membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

Adapun kandungan selengkapnya, seperti halnya yang di lansir dari Japan FDA OS, bahwasannya di dalam 100 gr daun ashitaba di ketahui mengandung vitamin A 21300 IU, vitamin B1 1.15 mg, vitamin B2 1.97 mg, vitamin B6 1.11 mg, vitamin B12 0.04 mg, vitamin C  330 mg, vitamin E 25.5 ug, biotin 28.5 ug, serat 28.1 gr, karoten total 38.3 mg, asam pantotenat 3.48 mg, protein 38.8 mg, mangan 216 mg, kalsium 487 mg, zat besi 31.9 mg, potasium 4.06 gr dan sodium 365 mg.

Khasiat dan manfaat daun ashitaba atau seledri jepang bagi kesehatan

Adapun setelah kita mengenal berbagai kandungan yang di milikinya, maka tak hran jika jenis daun yang satu ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, yang diantaranya adalah sbagai berikut.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mermiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah salah satu keuntungan bagi tubuh untuk lebih mudah memblok dan mengalahkan berbagai sumber penyakit yang akan menyerang tubuh. Bagi anda yang memiliki sistem imun yang lemah maka anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anda secara alami dengan mengonsumsi daun ashitba.

2. Melancarkan peredaran darah

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, manfaat dari daun ashitaba yang lainnya adalah dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan yang terdapat di dalamnya terbukti dapat melancarkan peredaran darah, sehingga  dapat memperlancar sistem-sistem kerja organ di dalam tubuh hingga mencegah terjadinya pembekuan dalam darah.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Daun ashitaba seledri jepang juga terkenal akan kandungan seratnya yang begitu tinggi. Serat sendiri tentunya sangat di butuhkan oleh tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan. Untuk memenuhi kebutuhan serat harian, anda bisa mengonsumsi seledri jepang ini secara rutin.

4. Mencegah infeksi pada kulit

Daun ashitaba juga memiliki sifat antibakteri dan antinflamasi sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada kulit atau bagian tubuh anda yang lainnya.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan ashitaba juga terkenal memiliki kandungan antiaging yang dapat melaan terjadinya kerutan pada kulit wajah  serta menyehatkan kulit lainnya seperti mengecilkan pori-pori kulit, mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit wajah tidak nampak kusam hingga dapat mencerahkan warna kulit.

6. Memperbaiki fungsi ginjal dan hati

Hati dan ginjal adalah dua organ dari bagian tubuh yang memiliki perananan penting dalam sistem kinerja tubuh. Nah, kandungan yang terdapat di dalam daun seledri jepang ini bisa membantu anda untuk memperbaiki sistem organ penting tubuh anda seperti halnya ginjal dan hati.

7. Menurunkan kolesterol tinggi

Kandugan di dalam seledri jepang ini juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Bahkan lebih dari itu, kandungannyapun mampu untuk menstabilkan tekanan darah. Sehingga sangat cocok di konsumsi bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

8. Mencegah kanker dan tumor

Kanker dan tuor adalah beberapa diantara penyakit yang paling di takuti. Namun dengan mengonsumsi daun ashitaba ini secara teratur, maka resiko anda menalami penyakit kanker maupun tumor semakin berkurang.

9. Mengobati glaukoma dan gangguan kesehatan mata lainnya

Berbagai kandungan vitamin yang terdapat di dalam daun ashitaba ini juga memiliki peranan baik dalam membantu mengobati penyakit mata seperti penyakit glaukoma, mata minus, plus hingga katarak.

10. Menyehatkan otak

Kandungan yang terdapat di dalam daun seledri jepang juga nyatanya dapat melancarkan peredaran darah hingga ke otak, sehingga otak dapat bekerja hingga maksimal. Kondisi tersebut pun mendukung untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

11. Menjaga kesehatan dan merangsang pertumbuhan rambut

Kandungan berupa vitamin E yang terdapat di dalam daun ashitaba, memiliki fungsi untuk mempercapat pertumbuhan rambut. Bahkan peran daun ashitaba sebagai stimulator penumbuh rambut dan menumbuhkan rambut pada kepala botak sekalipun. Selain itu, kandungan di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan rambut seperti hanya membuatnya menjadi berkilau, lebat dan mencegah hadirnya ketombe di kulit kepala.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kegunaan daun ashitaba seledri jepang untuk kesehatan seperti:

  • Sebagai antioksidan alami yang kuat
  • Anti inflamasi dan antibakteri
  • Menurunkan berat badan
  • Membantu mengobati penyakit hati
  • Membantu meningkatkan kesehatan penderita kanker paru-paru
  • Membantu mengobti penyakit kanker kulit
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Mengatasi jerawat
  • Merangsang pembentukan sel darah merah
  • Sebagai pembersih darah
  • Menurunkan kadar gula dalam darah
  • Penangkal sinar ultraviolet (UV)
  • Mencegah terjadinya hipertensi
  • Mengeluarkan racun di dalam tubuh
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapaun untuk mendapatkan manfaat yang terdapat di dalamnya tersebut, anda bisa secara langsung mengonsumsi daun ashitaba sebagai sayuran atau mengonsumsinya dalam bentuk teh daun ashitaba, tablet maupun kapsul yang kini telah banyak tersedia tanpa mengurangi kandungan yang terdapat di dalamnya sedikitpun.

Sekian informasi yang dapat kmi sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat manfaat daun ashitaba untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda seputar pengobatan herbal.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 11 April 2017 10:34:09

Related Post :
Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Alami
Obat Radang Tenggorokan Tradisional…

Mengobati radang tenggorokan secara…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Mengenal Cara Diagnosis Dan…

Cara diagnosis dan pengobatan…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Penyakit yang…

Tanpa diketahui, ternyata mata…

Tips
Tips Mudah Mengatasi Telinga…

Cara dan tips mudah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Kirim Pertanyaan
Top