Cara Menurunkan Kadar Lemak dalam Darah Tanpa Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Sebenarnya lemak darah atau disebut juga lipid memiliki peran yang baik dalam tubuh. Lemak darah yang bertemu protein dapat membentuk lipoprotein atau kolesterol yang penting bagi sel-sel tubuh untuk membangkitkan energi.

Namun, jika kondisi lemak darah melebihi kadar normal atau disebut juga hiperlipidemia dapat menjadi salah satu faktor risiko utama serangan penyakit jantung. Selain itu, angka lain yang perlu diperhatikan adalah kadar trigliserida, yaitu jenis lemak darah yang didapat dari kalori yang tidak dibakar oleh tubuh. Kalori ini biasanya berasa dari karbohidrat dan lemak yang dikonsumsi. Kadar trigliserida tinggi dalam darah atau disebut hipertrigliseridemia juga dapat meningkatakn risiko timbulnya penyakit jantung.


Memeriksakan kadar lemak darah secara rutin sangat diperlukan. Hal ini disebabkan karena kadar kolesterol dalam darah umumnya tidak disertai dengan gejala khusus. Sebagai tindakan pencegahan dan untuk mengontrol kadar lemak darah agar tidan naik, beberapa cara mencegah dan menurunkan kadar lemak dalam darah tanpa obat berikut ini bisa Anda lakukan :

  • Membatasi makanan yang digoreng dan menggantinya dengan makanan yang diproses dengan cara direbus ataupun di kukus.
  • Batasi makanan yang berbahan dasar beras, seperti pasta, nasi, roti tawar, permen, dan kue karena berisiko memperlambat pembakaran lemak tubuh.
  • Buang kulit ayam sebelum mengolahnya
  • Hindari mengonsumsi kuning telur.
  • Hindari konsumsi gula berlebih dan makanan yang diproses, seperti makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  • Perbanyak konsumsi protein tanpa lemak yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh, seperti daging tanpa lemak, ikan (salmon atau makarel), daging unggas, tahu, seafood, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.
  • Konsumsi sayur dan buah secara cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Pastikan untuk mengonsumsi 5-9 porsi sayur dan buah setiap harinya. Pilihlah sayur dan buah yang berwarna gelap aatu cerah, karena mengandung lebih banyak antioksidan, vitamin, dan mineral.
  • Hindari konsumsi minuman keras, karena tinggi akan kandungan kalori dan gula yang dapat meningkatakn kadar trigliserida.
  • Hindari konsumsi minuman manis, seperti jus kemasan dan minuman ringan bersoda.
  • Pilihlah susu, es krim, keju, dan yoghurt rendah lemak.
  • Jadikan air mineral sebagai sumber cairan utama tubuh untuk mencukupi kebutuhan energi dan membuat perut lebih kenyang.
  • Tidur lebih awal untuk mencukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Kualitas tidur yang baik penting untuk menjaga kinerja tubuh tetap berfungsi dengan baik.
  • Berolahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida tinggi. Berjalan kaki, berenang, bersepeda, bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang tepat.

Beberapa cara tesebut bisa Anda lakukan untuk mengontrol dan mengelola kadar lemak dalam darah. Selain itu, terdapat obat penurun kadar lemak darah seperti salah satunya obat trigliserida tinggi alami yang umumnya diberikan kepada mereka yang telah memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung. Walaupun begitu, konsumsi obat tanpa disertai dengan perubahan gaya hidup sehat tetap tidak akan memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh.

By Sri Maryati - Tips Selasa, 11 April 2017 11:03:42

Related Post :
Kesehatan
Penyebab Menurunnya Nafsu Makan…

Tingkat stress bisa berpengaruh…

Daun
Manfaat Daun Bungur Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Mengenal Gejala Gegar Otak…

Berikut adalah gejala gegar…

Obat Cina
Obat Kanker Payudara Herbal…

Obat kanker payudara herbal…

Penyakit
Diagnosa dan Pengobatan Kista…

Diagnosa dan pengobatan kista…

Penyakit
Tidak Ingin Terkena Gastritis?…

Berikut ini adalah beberapa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Ada 6 cara mencegah penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top