Cara Sederhana Untuk Mencegah Asam Urat Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Sebenarnya asam urat telah ada pada tubuh manusia, hanya saja kadar asam urat setiap orang berbeda-beda. Ada memiliki kadar asam urat normal, ada pula yang memiliki kadar asam urat tinggi. Oleh karena itu, pencegahan asam urat tinggi sangat penting untuk dilakukan supaya kadar asam urat pada tubuh tidak mudah tinggi.


Ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan tingginya kadar asam urat diantaranya pola makan yang tidak sehat, minum alkohol yang berlebihan, obat-obatan, faktor genetik, mengidap penyakit darah tinggi dan mengidap penyakit diabetes. Oleh karena itu, penderita asam urat tinggi harus menjaga pola makan juga gaya hidup sehat supaya terhindar dari komplikasi akibat asam urat tinggi.

Gejala Asam urat tinggi

  • Setiap menjelang tidur malam dan bangun tidur, sendi terasa sakit di setiap harinya.
  • Rasa sakit di persendian juga disertai dengan ngilu, pembengkakan, meradang, berwarna kemerahan dan kesemutan.
  • Nyeri sendi dibagian lengan yaitu jari tangan dan pergelangan tangan.
  • Bila telah parah, rasa nyeri di persendian pun luar biasa sakitnya, bahkan ketika bergerak pun sendi akan terasa sangat nyeri.

Memang, setiap penderita asam urat tinggi memiliki gejala yang berbeda-beda. Dan bagi anda yang sebelumnya tidak pernah mengidap penyakit asam urat, kemudian mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas. Maka sebaiknya konsultasi pada dokter, untuk memastikan apakah gejala yang anda alami termasuk gejala asam urat tinggi atau bukan.

Cara Sederhana Untuk Mencegah Asam Urat Tinggi

Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan berikut ini adalah cara sederhana untuk mencegah asam urat tinggi yaitu diantaranya:

Rajin olahraga

Salah satu cara sederhana untuk mencegah asam urat tinggi adalah dengan rajin olahraga saat masih muda. Karena bila rajin olahraga sejak dini yaitu ketika masih muda maka tulang dan sendi akan kuat sampai kelak nanti tua. Bila sendi sehat dan kuat maka tidak mudah nyeri di persendian. Meskipun tidak setiap hari, lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu.

Konsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi

Untuk mencegah asam urat juga tidak hanya dengan berolahraga saja tapi juga imbangi dengan pola makan sehat seperti makan buah yang mengandung antioksidan tinggi. Selain itu mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah stroberry dan buah ceri dipercaya bisa membantu menurunkan asam urat tinggi dalam tubuh.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi     

Cara mencegah asam urat tinggi yaitu dengan membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin. Karena jika mengkonsumsinya terlalu sering dan berlebihan maka bisa berisiko terkena asam urat tinggi. Dan makanan yang mengandung purin tinggi adalah makanan cepat saji, jenis daging, jeroan dll.

Konsumsi makanan yang rendah lemak


Membiasakan makan makanan yang rendah lemak dapat membantu mengurangi resiko terkena asam urat tinggi. Oleh karena itu, bagi anda suka makan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan yang bersantan dan di goreng mulai dari sekarang batasi konsumsi makanan tersebut. Karena mengkonsumsi makanan yang bersantan maupun makanan yang digoreng bisa menyebabkan obesitas. Dan obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang bisa menyebabkan asam urat tinggi.

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks


Cara mencegah asam urat tinggi juga yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji gandum utuh, ubi-ubian dan nasi merah. Bahkan tidak hanya dapat membantu mencegah asam urat saja, tapi juga dapat membantu menurunkan asam urat tinggi.

Cara sederhana lainnya untuk mencegah asam urat tinggi yaitu hindari mengkonsumsi minuman alkohol, banyak minum air putih, konsumsi buah yang mengandung vitamin C, dan jangan terlalu berlebihan saat bekerja hingga lupa waktu supaya tubuh tidak mudah lelah.

Cara-cara diatas juga bisa anda lakukan untuk penderita asam urat tinggi sebagai pencegahan agar penyakit asam urat yang dideritanya tidak sering kambuh bahkan tidak kambuh lagi. Selain menerapkan pola hidup sehat, untuk mengatasi masalah asam urat tinggi bisa dengan mengkonsumsi obat  asam urat alami.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 11 April 2017 12:04:27

Related Post :
Tips
Tips Cara Alami Mengobati…

Cara alami mengobati batuk…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Tulang…

Cara mencegah kanker tulang…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Tips
Cara Merawat Luka Caesar…

Cara merawat luka caesar…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap…

Berikut ini berbagai penyebab…

Kesehatan
Makanan Sumber Kalsium Pilihan…

Berikut ini merupakan beberapa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Sehat untuk Bantu Meringankan Batu Empedu

Selain dengan cara medis, penderita…

Kesehatan
Ketahui! Ini Ragam Penyebab Dan Gejala Artritis Septik

Mengenal artritis septik lengkap dengan…

Kesehatan
Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Syaraf Kejepit

Olahraga yang tepat bagi penderita…

Kirim Pertanyaan
Top