Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Menangani Batuk Kering

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak semua penderita batuk menderita batuk yang sama, ada batuk yang disertai dengan dahak disebut juga dengan batuk berdahak. Dan ada juga batuk yang tidak disertai dengan dahak atau disebut juga dengan batuk kering. Namun kali ini tidak akan membahas dahulu tentang batuk berdahak. Tapi akan membahas dahulu tentang penyebab, gejala dan cara menangani batuk kering.


Ketika kita batuk, tentunya membuat kita tidak nyaman. Terlebih batuk kering, karena penderita jenis batuk ini terkadang merasakan nyeri, gatal dan mengganjal di tenggorokan. Untuk meredakan gejala batuk kering biasanya sebagian orang langsung minum obat batuk yang beredar dipasaran. Padahal untuk meredakan gejala batuk kering bisa dengan cara alami yaitu dengan obat batuk kering alami.

Jenis-jenis batuk kering

Ada 3 jenis batuk kering yang harus anda ketahui yaitu diantaranya:

-Batuk kering biasa. Penyebab batuk kering biasa adalah infeksi virus. Dan gejalanya yaitu penderita mengalami batuk secara terus-menerus, terasa mengganjal di tenggorokan.

-Batuk menggonggong. Batuk menggonggong atau disebut juga dengan croup. Biasanya penderita mengalami nyeri di tenggorokan serta kesulitan bernafas.

-Batuk rejan. Penyebab batuk rejan adalah infeksi bakteri. Biasanya penderita batuk rejan ini mengalami gejala batuk terus-menerus.  

Penyebab batuk kering

Selain mengetahui jenis-jenis batuk kering. Penyebab batuk kering juga harus diketahui. Supaya anda bisa melakukan pencegahan agar terhindar dari batuk kering. Banyak faktor yang menjadi penyebab batuk kering diantaranya infeksi virus, efek samping dari obat-obatan, udara kering, iritan misalnya asap dan debu.

Ada pula kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan batuk kering diantaranya alegri, asam lambung tinggi, flu, asma, bronkitis kronis, radang tenggorokan, radang paru-paru dan penyaki jantung.

Gejala batuk kering

Gejala batuk kering sangat penting untuk diketahui, supaya anda bisa melakukan pengobatan sedini mungkin jika anda mengalami gejala batuk kering. Berikut ini adalah gejala batuk kering diantaranya:

  • Terasa gatal di tenggorokan
  • Terasa mengganjal di tenggorokan
  • Tidak hanya gatal, tenggorokan juga terasa nyeri.
  • Batuk terus-menerus
    Muncul suara lengkingan ketika batuk

Cara Menangani Batuk Kering

Ada beberapa cara alami untuk menangani batuk kering yaitu diantaranya:

Terapi uap

Cara menangani batuk kering secara alami adalah dengan terapi uap. Caranya isi panci dengan 1/3 air kemudian rebus air hingga mendidih. Angkat panci, tutuplah kepala dengan handuk kemudian hirup uap lewat mulut anda.

Minum banyak air putih

Salah satu gejala batuk kering adalah gatal dan nyeri di tenggorokan. Nah mengurangi gejala ini disarankan untuk minum air putih yang banyak untuk menjaga tenggorokan supaya lemabab serta mengurangi rasa nyeri di tenggorokan akibat batuk kering.

Cukupi asupan vitamin C  

Cukupi asupan vitamin C di setiap harinya supaya bisa membantu melawan infeksi dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin c bisa didapat dari suplemen maupun makanan. Namun lebih baik cukupi asupan vitamin C dari makanan seperti jeruk, lemon, pepaya dll.

Madu dan lada


Madu tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Namun, madu juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati batuk kering.

Sediakan madu dan lada. Masukan 1 sendok madu ke dalam gelas kecil dan campurkan dengan lada. Aduk hingga merata. Kemudian jilat ramuan madu dan lada dengan pelahan. Lakukan cara ini setiap malam sesudah makan.

Berkumur dengan air garam

Cara menangani batu kering yang selanjutnya adalah dengan berkumur-kumur air garam yang hangat. Isi panci dengan 2 gelas air dan masukan 2 sendok garam. Kemudian rebus. Diamkan hingga hangat, dan kumur-kumurlah dengan air garam hangat tersebut. Lakukan cara ini 3 kali sehari.

Jeruk nipis

Bahan alami seperti jeruk nipis bisa dijadikan obat batuk kering yang alami juga aman. Sediakanlah jeruk nipis, peras. Kemudian perasan jeruk nipis tersebut ditambahkan kecap atau madu. Dan aduklah hingga rata. Minum ramuan jeruk nipis ini 3 kali sehari.

Jahe

Minum air jahe hangat tentu bisa menghangatkan tenggorokan. Sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita batuk kering, dimana penderita biasanya nyeri dan terasa gatal di tenggorokannya. Untuk mengurangi gejala batuk kering tersebut bisa dengan mengkonsumsi air jahe hangat.

Bagi penderita batuk kering sebaiknya menghindari polusi dahulu untuk sementara, karena polusi seperti debu, udara yang kotor bisa memperparah gejala batuk kering yang sedang anda alami. Selain itu hindari merokok, hindari benda atau makanan yang membuat anda alergi.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 12 April 2017 10:50:12

Related Post :
Tips
Tips Penting Sebelum Menyimpan…

Tips penting sebelum menyimpan…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Makanan Yang…

Berbagai manfaat konsumsi makanan…

Kesehatan
Anggapan Bahaya Tidur dengan…

Tidur dengan kipas angin…

Daun
Manfaat Daun Karet Kebo…

inilah berbagai khasiat dan…

Manfaat
Manfaat dan Efek Samping…

Mengenal manfaat dan efek…

Manfaat
Mengungkap Khasiat Luar Biasa…

Dibalik tubuhnya yang kecil,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Mata Terasa Kering? Ketahui Penyebab Mata Kering Dan Pengobatannya

Informasi tentang penyebab mata kering…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top