Dampak Negatif Trigliserida Tinggi Bagi Ibu Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Kehamilan merupakan salah satu perubahan fisik terbesar yang dialami oleh perempuan. Sejumlah perubahan luar biasa akan terjadi dalam tubuh dan hidup Anda. Ketika hamil, perempuan akan mengalami berbagai gejala perubahan normal dalam tubuh, seperti merasa lelah, mual, dan muntah. 

Selama masa kehamilan, ibu hamil juga bisa mengalami beragam masalah yang dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin. Salah satu gangguan yang bisa menyerang selama masa kehamilan diantaranya adalah naiknya kadar trigliserida dalam tubuh. 


Pada masa kehamilan, trigliserida darah tinggi bisa menjadi penyebab atau tanda komplikasi kehamilan lanjut, termasuk diabetes gestasional. Selain disebabkan karena konsumsi kalori yang terlalu tinggi, kadar trigliserida tinggi juga bisa disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam 'Canadian Medical Association Journal' menemukan bahwa wanita hamil dengan trigliserida tinggi selama trimester pertama lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes gestasional dibandingkan dengan tingkat trigliserida normal. 

Dampak negatif trigliserida tinggi pada ibu hamil lainnya yaitu preeklampsia, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan penurunan fungsi ginjal. Memiliki preeklampsia dapat berarti penurunan aliran darah ke plasenta yang merupakan sumber utama nutrisi untuk bayi dalam kandungan. Preeklampsia juga bisa mengakibatkan kejang dan penyakit kardiovaskular pada ibu. 

Melakukan pemeriksaan secara rutin sangat perlu dilakukan untuk mengetahui segala ketidaknormalan dalam tubuh selama kehamilan, termasuk juga untuk mendeteksi kadar trigliserida tinggi dalam tubuh. 

Penerapan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah trigliserida tinggid an komplikasi selama kehamilan. Ibu hamil perlu memperhatikan berat badan dan mengurangi asupan daging dan susu berlemak untuk menjaga lemak jeniyh dan kolesterol tetap terkontrol. Selain itu, ibu juga perlu menambahkan serat pada menu makanan harian. Serat dapat membantu membersihkan tubuh dari kolesterol dan memblokis penyerapan trigliserida. 

Tidak hanya mengatur pola makan, untuk mencegah dan menormalkan kadar trigliserida tinggi dalam tubuh juga perlu diimbangi dengan olahraga secara teratur. Lakukan olahraga secara teratur 30 menit sehari dalam seminggu dengan melakukan latihan sederhana, seperti jalan kaki atau berenang. Namun, untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dan sesuai dengan kondisi kehamilan, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 12 April 2017 11:40:03

Related Post :
Kesehatan
Tak Ingin Berat Badan…

Sarapan memiliki perna yang…

Obat Kimia
Obat Pelawan Efek Samping…

Obat Pelawan Efek Samping…

Tips
Tips Cara Mencegah Dan…

Informasi tentang tips cara…

Kesehatan
Pernah Merasa Ketindihan Saat…

Pernah merasa ketindihan saat…

Manfaat
Khasiat Manfaat Daun Cocor…

Khasiat manfaat daun cocor…

Kesehatan
Terbukti! Minum Kopi Bikin…

Selain menghilangkan kantuk, ternyata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Buah Dan Sayur Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

Berbagai pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut adalah pantangan makanan bagi…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Makanan yang baik dikonsumsi setelah…

Kirim Pertanyaan
Top