Bolehkah Ibu Hamil Muda dan Tua Mengkonsumsi Nanas

Share dan Tag Temanmu di :

Saat Ibu Hamil Mengkonsumsi Nanas
Pro dan kontra hadir mengenai ibu hamil yang mengkonsumsi nanas yang kaya akan vitamin C dan serat. Namun meski termasuk makanan alami, ada pula orang yang kontra dan menyarankan agar ibu hamil tidak sembarangan mengkonsumsi nanas. Berikut akan kami jelaskan mengenai efek yang mungkin terjadi pada ibu hamil yang mengkonsumsi buah tropis yang satu ini.



-Membantu mengatasi kecemasan. Cemas adalah kondisi yang wajar terjadi di masa kehamilan. Baik cemas karena perubahan bentuk tubuh hingga cemas karena takut terjadi apa-apa pada kandungan. Menurut studi, nanas mengandung flavonoid dan vitamin yang mempunyai efek ansiolitik. Efek ini bisa membantu meredakan kecemasan yang dirasa.
-Membantu proses melahirkan. Kandungan enzim bromelain yang ada pada nanas bisa membantu melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi. Untuk mendapatkan efek tersebut, nanas yang dikonsumsi setidaknya berjumlah 7 buah. Namun mengkonsumsi nanas terlalu banyak bisa memicu diare, sebuah kondisi yang pasti akan sangat menggangu proses persalinan.
-Berdampak buruk pada kulit bayi. Mengkonsumsi nanas yang disajikan dengan panas diduga bisa memberikan dampak buruk terhadap kulit bayi atau reaksi alergi.
-Memicu terjadinya keguguran atau bayi lahir dini. Karena efeknya bisa memicu kontraksi, maka nanas kerap diduga bisa membuat perempuan hamil yang mengkonsumsinya akan melahirkan bayi terlalu dini atau bisa mengalami keguguran.

Sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi buah ini di awal-awal kehamilan.


Jika ingin memanfaatkan efek bromelain dalam membantu proses melahirkan, Anda bisa mencoba mengkonsumsinya jika usia kandungan sudah besar. Konsumsi nanas yang masih segar dan hindari mengkonsumsi nanas yang sudah diproses seperti minuman kaleng atau jus nanas karena enzim bromelainnya sudah rusak.


Anda bisa mengkonsumsi bagian inti nanas yang memang agak sedikit keras. Namun di bagian itulah terdapat banyak kandungan enzim bromelain. Sebelum mengkonsumsi nanas, pastikan kamu sudah membersihkannya hingga nanas sudah dalam kondisi higienis. Buang bintik mata yang ada pada nanas, lalu cuci dengan air matang.


Sebelum mencoba metode memakan nanas untuk memudahkan persalinan, ada baiknya Anda mengonsultasikan hal ini kepada dokter terlebih dahulu. Selama kehamilan, intinya Anda harus sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi nanas terutama di awal usia kandungan. Jika sebelum hamil Anda memiliki riwayat alergi terhadap buah yang satu ini, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya sama sekali. Kesimpulannya, berhati-hatilah dalam memasukkan apapun ke tubuh selama Anda berbadan dua.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Ibu Hamil Rabu, 18 Mei 2016 21:51:31

Related Post :
Kesehatan
Menu Makanan untuk Penderita…

Untuk membantu menurunkan kadar…

Alami
Cara Alami Mengatasi Ambeien…

Cara alami mengatasi ambeien…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Gejala dan Penyebab…

Mengetahui serta mewaspadai gejala…

Kesehatan
Jenis-jenis Jamu Gendong dan…

Berbagai macam jenis jamu…

Kesehatan
Cara Diet Pisang Yang…

Cara diet pisang yang…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat buah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Pengaruh Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita darah…

Ibu Hamil
Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil jangan mengonsumsi obat…

Kirim Pertanyaan
Top