Bahaya Mengonsumsi Kedelai Secara Berlebihan

Share dan Tag Temanmu di :

Kedelai atau kacang kedelai merupakan salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar dari banyak makanan dari Asia Timur, seperti kecap, tahu, dan tempe. Kedelai merupakan sumber protein nabati dan minyak nabati dunia. 

Meskipun memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, namun ternyata kita harus membatasi konsumsi kedelai. Pasalnya, mengonsumsi kedelai secara berlebihan justru dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.


Sebuah studi menyebutkan bahwa asupan kedelai yang berlebihan dihubungkan dengan gangguan pencernaan, kerusakan sistem kekebalan tubuh, disfungsi tiroid, penurunan kognitif, gangguan reproduksi dan infertilitas, bahkan kanker dan penyakit jantung.

Berikut ini beberapa bahaya mengonsumsi kedelai secara berlebihan yang patut diwaspadai :

  1. Isoflavon yang ditemukan dalam kedelai dapat memblokis estrogen dan mengganggu fungsi endokrin, sehingga menyebabkan infertilitas dan meningkatkan risiko kanker payudara. 
  2. Mengonsumsi kedelai berlebih dapat meningkatkan kandungan trypsin inhibitor masuk dalam tubuh yang pada akhirnya mengganggu pencernaan protein dan dapat mengakibatkan ganggguan pankreas.
  3. Aluminium dan mangan dalam kedelai mengandung kadar tinggi aluminium yang jika dikonsumsi secara berlerbihan dapat meracuni sisten saraf dan ginjal. 
  4. Goitrogens dalam kedelai jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menghalangi sintesis hormon tiroid dan menyebabkan hipotiroidisme dan kanker tiroid. 

Selain itu, kedelai yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa memicu timbulnya alergi pada mereka yang memiliki sensitifitas terhadap kedelai.

Sama halnya dengan makanan lain, kedelai juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu, konsumsilah kedelai secukupnya. Mengonsumsi 1 atau 2 porsi kedelai sehari masih direkomendasikan. Selain itu, lebih baik pilihlah produk kedelai yang memiliki kadar isoflavon yang rendah, seperti tempe atau tahu. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi beragam jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 12 April 2017 14:16:41

Related Post :
Tips
Cara Mengatasi Bayi Yang…

Cara mengatasi susah buang…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Gejala Dan…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Cara…

Meskipun infeksi bakteri listera…

Alami
Ini 9 Cara Alami…

Berikut ini adalah berbagai…

Kewanitaan
Hal Sepele yang Bisa…

Kelembaban pada area kewanitaan…

Penyakit
Mengenal Penyakit Kurap Dan…

Penyakit kulit terdiri dari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Apa Benar Micin Bisa Bikin Bodoh? Ketahui Fakta Berikut!

Banyak yang berpendapat bahwa micin…

Kesehatan
Kebaikan yang Bisa Didapat Jika Tidur 8 Jam Sehari

Memiliki kualitas tidur yang baik…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top