Mengenali Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol

Share dan Tag Temanmu di :

Untuk menjaga agar jantung tetap sehat, maka Anda perlu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, selain kolesterol, Anda juga harus memperhatikan kadar trigliserida. Sayangnya, sebagian besar orang masih bingung dengan keduanya. Tidak sedikit orang yang memiliki kesulitan mengetahui perbedaan kolesterol dan trigliserida. Beberapa bahkan menganggap keduanya sama, padahal tidak. 


Pengertian 

Trigliserida merupakan senyawa yang ada dalam makanan dan plasma darah. Trigliserida merupakan sumber energi dan ketika trigliserida masuk dalam tubuh melalui makanan, maka bentuknya bisa berubah menjadi sel-sel lemak jika tidak ditransfer menjadi energi. Jadi, pada dasarnya, tubuh memerlukan trigliserida untuk menghasilkan energi. 

Sedangkan kolesterol adalah bentuk lemak sterol yang didalamnya terdapat membran sel. Dalam batas normal, kolesterol berfungsi sebagai pembangun sel dan juga hormon di dalam tubuh. Kelebihan lemak sterol jahat akan sangat berbahaya bagi tubuh, terutama dapat menyebabkan penyakit yang disebabkan karena kadar kolesterol tinggi, seperti gagal jantung, stroke, dan sebagainya. 

Perbedaan kolesterol dan trigliserida

Trigliserida merupakan sumber bagi protein, sedangkan kolesterol diperlukan untuk membentuk sel. Keduanya sama-sama penting bagi tubuh, asalkan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Kadar kolesterol normal seseorang sebaiknya tidak lebih dari 150 mg/dL, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung. 

Jika jumlah trigliserida dalam tubuh berlebih, maka sel-sel lemak bisa menyumbat pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk jantung dan stroke. Trigliserida tinggi juga bisa mempengaruhi kinerja pankreas.

Untuk menjaga agar kadar trigliserida dalam tubuh tetap normal dan terkontrol, maka hindari konsumsi makanan  berlemak berlebihan, hentikan konsumsi alkohol, turunkan berat badan, olahraga secara teratur, dan hindari produk yang mengandung gula tinggi atau yang sudah dimurnikan. 

Selain dengan mengubah pola hidup sehat, menurunkan trigliserida juga bisa menggunakan obat penurun trigliserida, baik obat tradisional ataupun obat yang telah diresepkan dokter. 

Itulah beberapa informasi mengenai perbedaan trigliserida dan kolesterol yang perlu diketahui. Menjaga kadar kolesterol dan trigliserida tetap normal sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, terutama untuk mencegah terjadinya serangan penyakit jantung. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 13 April 2017 10:20:20

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Berbagai Gejala Abses…

Informasi tentang abses payudara…

Tips
Tata Cara Menggunakan Obat…

Tata cara menggunakan obat…

Penyakit
Mengenal Penyakit ITP Pada…

Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP)…

Kesehatan
Ingin Menjalankan Pola Hidup…

Olahraga secara teratur memang…

Kesehatan
Tak Ingin Berat Badan…

Sarapan memiliki perna yang…

Daun
Manfaat Daun Ciplukan Beserta…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Olahan Makanan dari Ikan Sapu-Sapu

Sebenarnya jika dipelihara dalam kolam…

Kesehatan
Hati-Hati Stres Dapat Memicu Kram Usus

Faktor psikologis seperti timbulnya depresi,…

Kesehatan
Penting! Ketahui Masa Subur Pria Agar Istri Cepat Hamil

Jika kini anda menginginkan pasangan…

Kirim Pertanyaan
Top