Khasiat Dan Manfaat Daun Ekor Naga Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun ekor naga telah lama di percaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Namun, mungkin sebagian dari pada anda ada yang belum mengenal banyak tentang tanaman obat herbal yang satu itu. Untuk itu, kenali berbagai khasiat dan manfaat selengkapnya hanya disini.


Daun ekor naga memiliki nama latin Rhaphodophora pinnata (L.f) Schott adalah salah satu dari sekian banyak tanaman herbal yang termasuk ke dalam keluarga Araceae, yang berasal dari Himalaya, Australia dan pasifik. Di Indonesia sendiri, nama lain daun ekor naga di setiap daerahnya berbada beda. Seperti halnya jalu mampang dan sulang (di Jawa), samblung (di Bali) serta lolo munding dan lolo tali (di daerah Sunda).

Adapun ciri-ciri dari daun ekor naga dan bagian tanaman lainnya adalah tanaman ini merambat ke atas, yang pada umumnya bisa mencapai ketinggian hingga 15 meter. Sedangkan bentuk daunnya yaitu panjang bulat, berbagi-bagi dan bertoreh serta ujung daunnya yang runcing. Batang tanamannya pun berbentuk bulat dan tumbuh memanjang serta melilit. Tanaman ini juga memiliki akar gantung dan akar pelekat.

Kandungan dan manfaat daun ekor naga bagi kesehatan

Di dalam daun naga terdapat berbagai senyawa dan mineral penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan daun naga diantaranya adalah natrium, zat besi dan juga kalium. Sehingga daun naga juga memilik sifat direutik atau sebagai peluruh urin.

Adapun khasiat daun ekor naga untuk kesehatan lengkap deng cara membuat ramuan herbalnya diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatas anemia

Di dalam daun ekor naga terkandung zat besi yang belimpah, yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Maka dari itu, dengan mengonsumsi daun ekor naga ataupun air rebusannya secara teratur maka dapat penyakit anemia yang anda alami dapat teratasi dengan cepat.

2. mengobati batuk

Selain di Indoensia, jenis daun inipun sering kali di gunakan untuk kesehatan salah satunya oleh masyatakat vietnam. Di vietnam sendiri daun naga sering kali di olah untuk mengatasi batuk, paralisis dan kknjungtivitis. Adapun cara pengolahannya yaitu dengan merebusa 2 lembar daun ekor naga dan rimpang jahe yang telah di bersihkan sebelumnya dengan menggunakan 300 ml air hingga tertinggal 200 ml saja. Konsumsi air rebusannya selagi hangat secara teratur.

3. mengatasi nyeri dan bengkak akibat rematik

Pada penderita rematik, rasa nyeri dan pembengkakan adalah gejala yang paling sering muncul. Adapun untuk mengatasi gejala rematik tersebut dengan menggunakan daun naga cukup dengan merebus beberapa lembar daun ekor naga dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih. Biarkan beberapa saat dan minum obat rematik alami ini secara teratur hingga sembuh.

4. Mempercepat pemulihan luka

Selain dapat mengatasi penyakit anemia, kandungan zat besi yang terdapat di dalam daun ekor nagapun ternyata dapat membantu pemulihan jaringan kulit yang mengalami luka. Untuk itu, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Membantu mencegah dan mengobati kelumpuhan (paralysis)

Manfaat dari daun ekor naga lainnya adalah mengatasi kelumpuhan. Alternatif ini pada umumnya sering kali di gunakan untuk mengatasi kelumpuhan pada bagian tubuh. Adapun untuk caranya tidak sulit, yaitu cukup dengan mengonsumsi air rebusan ini secara tertur setiap hari hingga kondisi anda menglami perubahan.

6. Menguatkan tulang

Beberapa mineral penting yang terdapat di dalam daun ekor naga pun ternyata sangat berguna untuk kesehatan dan menguatkan tulang, hingga efektif untuk mencegah tulang keropos. Seperti pada beberapa manfaat sebelumnya, anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan mengonsumsi air rebusannya secara teratur.

7. Mecegah kanker dan tumor

Menurut sebuah data empiris, daun naga juga memiliki kemampuan untuk mencegah dan melawan sel abnormal penyebab kanker. Penggunaan daun ini sebagai antikanker, telah lama di kenal di Singapura. Cara memanfaatkannya sendiri, cukup dengan menyeduuh daunnya sebagai minuman teh

8. Mengatasi radang kulit

Khasiat daun ekor naga lainnya adalah dapat mengatasi berbagai infeksi mauopun peredangan pada kulit. Seperti halnya kurap, ruam, bisul dan juga kutu air. Adapun caranya adalah dengan melumatkan daun naga hingga halus dan tempelkan secara mereta pad bagian kulit yang bermasalah. Biarkan selama 15 menit, sebelum di bilas dengan menggunakan air bersih. lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun ekor naga untuk kesehatan yang di antaranya dapat mengatasi suara serak, mengilangkan jerawat hingga berperan sebagai pembersih darah. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 13 April 2017 10:37:51

Related Post :
Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Hindari makanan dan minuman…

Tips
Tips Cara Mencegah Dan…

Informasi tentang tips cara…

Tips
Cara Menormalkan Kadar Trigliserida…

Mengubah gaya hidup dan…

Manfaat
Jenis Buah Yang Baik…

Ada beberapa jenis buah…

Penyakit
Mengenal Tentang Diabetes Dan…

Diabetes merupakan penyakit jangka…

Kesehatan
Bahaya Membunyikan Persendian Jari…

Bahaya membunyikan persendian jari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Gandarusa Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun gandarusa…

Daun
Ini Khasiat Daun Kemuning Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Inilah berbagai manfaat dan khasiat…

Kirim Pertanyaan
Top