Olahraga Yang Baik Dilakukan Bagi Penderita Rematik

Share dan Tag Temanmu di :

Sama hal nya dengan makanan, penderita rematik harus menghindari pantangan makanan dan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita. Begitupun dengan olahraga, ada olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita rematik. Ada juga olahraga yang baik atau boleh dilakukan penderita rematik.


Bagi penderita rematik bila ingin olahraga, sebaiknya konsultasi dahulu pada dokter olahraga apa yang baik dilakukan dan olahraga apa yang harus dihindari. Karena bila penderita penyakit ini melakukan olahraga yang tidak tepat misalnya olahraga yang terlalu membebani lutut, maka dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa di sendi lutut. Dan nyeri sendi lutut ini merupakan salah satu gejala rematik.       

Oleh karena itu, penderita rematik harus melakukan olahraga yang tepat dan tentunya tidak terlalu membebani lutut. Karena bila penderita penyakit ini melakukan olahraga yang tepat yang sesuai dengan anjuran dokter, maka dapat membantu mengurangi gejala rematik.

Olahraga Yang Baik Dilakukan Bagi Penderita Rematik

Jalan kaki

Olahraga yang baik dilakukan bagi penderita rematik adalah jalan kaki. Karena jalan kaki termasuk olahraga yang ringan tidak mengganggu persendian yang terasa nyeri. Jalan kaki dapat bermanfaat bagi penderita rematik yaitu bisa membantu memperkuat otot, membakar kalori dan memperkuat tulang.

Berenang

Berenang juga termasuk olahraga yang baik dilakukan bagi penderita rematik, karena jenis olahraga ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri sendi yang merupakan gejala rematik. Bagi anda yang menderita rematik sekali-kali lakukanlah berenang, jangan hanya berjalan kaki saja.

Bersepeda

Seseorang yang menderita penyakit rematik berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Sehingga penderita rematik harus melakukan olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan otot jantung seperti olahraga bersepeda. Namun tidak hanya untuk menjaga kesehatan jantung saja, bersepeda juga bermanfaat bisa membantu meningkatkan kekuatan kaki.

Yoga

Olahraga yang tepat bagi penderita rematik adalah yoga. Karena yoga gerakannya lebih aman untuk dilakukan. Sehingga bagi penderita rematik ingin melakukan olahraga yoga, anda bisa melakukan olahraga ini.

Aerobik


Aerobik ringan juga merupakan olahraga yang tepat bagi penderita rematik. Aerobik ringan yang bisa anda lakukan adalah berdansa, berjalan dan naik tangga. Salah satu manfaat aerobik adalah untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan tulang. Selain itu juga bisa membantu mengurangi resiko osteoporosis.

Ada beberapa manfaat olahraga bagi penderita rematik diantaranya mengurangi rasa sakit di persendian, membantu meningkatkan kekuatan tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Tapi tetap, penderita rematik harus melakukan olahraga yang tepat. Karena tidak semua olahraga baik dilakukan oleh penderita penyakit ini.

Sehingga untuk mengurangi gejala rematik tidak hanya dengan minum obat rematik alami saja, tapi juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga yang baik untuk penderita rematik dan juga harus memperhatikan pola makan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 13 April 2017 11:39:29

Related Post :
Penyakit
Ini yang Perlu Anda…

Sebagian besar kasus kanker…

Manfaat
Kebaikan Manfaat Daun Katuk…

Selain terkenal sebagai bahan…

Kesehatan
Terapi Pengobatan untuk Mengatasi…

Berikut ini beberapa jenis…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kesehatan
Haid 2 Kali Dalam…

Beragam penyebab haid 2…

Obat Kimia
Amfetamin Obat Untuk Mengatasi…

Amfetamin obat untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat telur bebek untuk kesehatan…

Kesehatan
Kesehatan
Benarkah Jambu Biji Bisa Meningkatkan Jumlah Trombosit?

Trombosit turun merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top