Olahraga Yang Baik Dilakukan Bagi Penderita Rematik

Share dan Tag Temanmu di :

Sama hal nya dengan makanan, penderita rematik harus menghindari pantangan makanan dan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita. Begitupun dengan olahraga, ada olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita rematik. Ada juga olahraga yang baik atau boleh dilakukan penderita rematik.


Bagi penderita rematik bila ingin olahraga, sebaiknya konsultasi dahulu pada dokter olahraga apa yang baik dilakukan dan olahraga apa yang harus dihindari. Karena bila penderita penyakit ini melakukan olahraga yang tidak tepat misalnya olahraga yang terlalu membebani lutut, maka dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa di sendi lutut. Dan nyeri sendi lutut ini merupakan salah satu gejala rematik.       

Oleh karena itu, penderita rematik harus melakukan olahraga yang tepat dan tentunya tidak terlalu membebani lutut. Karena bila penderita penyakit ini melakukan olahraga yang tepat yang sesuai dengan anjuran dokter, maka dapat membantu mengurangi gejala rematik.

Olahraga Yang Baik Dilakukan Bagi Penderita Rematik

Jalan kaki

Olahraga yang baik dilakukan bagi penderita rematik adalah jalan kaki. Karena jalan kaki termasuk olahraga yang ringan tidak mengganggu persendian yang terasa nyeri. Jalan kaki dapat bermanfaat bagi penderita rematik yaitu bisa membantu memperkuat otot, membakar kalori dan memperkuat tulang.

Berenang

Berenang juga termasuk olahraga yang baik dilakukan bagi penderita rematik, karena jenis olahraga ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri sendi yang merupakan gejala rematik. Bagi anda yang menderita rematik sekali-kali lakukanlah berenang, jangan hanya berjalan kaki saja.

Bersepeda

Seseorang yang menderita penyakit rematik berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Sehingga penderita rematik harus melakukan olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan otot jantung seperti olahraga bersepeda. Namun tidak hanya untuk menjaga kesehatan jantung saja, bersepeda juga bermanfaat bisa membantu meningkatkan kekuatan kaki.

Yoga

Olahraga yang tepat bagi penderita rematik adalah yoga. Karena yoga gerakannya lebih aman untuk dilakukan. Sehingga bagi penderita rematik ingin melakukan olahraga yoga, anda bisa melakukan olahraga ini.

Aerobik


Aerobik ringan juga merupakan olahraga yang tepat bagi penderita rematik. Aerobik ringan yang bisa anda lakukan adalah berdansa, berjalan dan naik tangga. Salah satu manfaat aerobik adalah untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan tulang. Selain itu juga bisa membantu mengurangi resiko osteoporosis.

Ada beberapa manfaat olahraga bagi penderita rematik diantaranya mengurangi rasa sakit di persendian, membantu meningkatkan kekuatan tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Tapi tetap, penderita rematik harus melakukan olahraga yang tepat. Karena tidak semua olahraga baik dilakukan oleh penderita penyakit ini.

Sehingga untuk mengurangi gejala rematik tidak hanya dengan minum obat rematik alami saja, tapi juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga yang baik untuk penderita rematik dan juga harus memperhatikan pola makan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 13 April 2017 11:39:29

Related Post :
Manfaat
Manfaat Luar Biasa Kulit…

Mulai sekarang, sebaiknya jangan…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Rematik…

Berikut adalah berbagai macm…

Manfaat
Mengenal Khasiat Dan manfaat…

Berikut adalah kandungan, khasiat…

Manfaat
Mengenal Manfaat Sehat Kaldu…

Selain daging dan ikan,…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Temulawak…

Khasiat dan manfaat temulawak…

Tips
Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penyakit Liver kronis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?

  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...


Kesehatan
Hal Yang Akan Di Dapat Saat Anda Diet Instan

Inilah hal yang akan didapat…

Kesehatan
Dampak Negatif Terlalu Sering Mengonsumsi Obat Warung

Mengonsumsi obat warung dalam jangka…

Kesehatan
5 Fakta Sindrom Putri Tidur yang Tidak Banyak Diketahui

Berikut ini merupakan beberapa fakta…

Kirim Pertanyaan
Top