Jenis Buah Yang Baik Untuk Obat Batuk

Share dan Tag Temanmu di :

Untuk mengobati batuk bisa dengan mengkonsumsi obat batuk dari dokter ataupun dengan obat-obatan alami. Dan untuk mempercepat proses penyembuhannya, penderita batuk pun harus mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Karena ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk penderita batuk.  


Buah-buahan adalah salah satu makanan sehat yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, karena buah memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tidak heran banyak orang yang mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran secara rutin yaitu setiap hari. Tapi tetap harus dengan porsi yang tepat tidak boleh kurang dan juga tidak boleh berlebihan.

Jenis Buah Yang Baik Untuk Obat Batuk

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang baik untuk obat batuk yang dapat membantu dalam proses penyembuhan batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering. Hal ini dikarenakan jeruk memiliki kandungan tinggi vitamin C yang mampu melawan infeksi. Seperti yang telah anda ketahui bahwa penyebab batuk adalah infeksi virus. Sehingga penderita batuk disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk.

Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk secara alami. Buah ini tidak hanya mengandung vitamin C yang tinggi, tapi juga memiliki kandungan flavonoid yang bersifat melegakan pernafasan juga bisa membantu menghilangkan lendir atau dahak di tenggorokan. Sehingga jeruk nipis bisa dijadikan obat batuk berdahak yang alami.

Cara mengolah jeruk nipis untuk mengobati batuk yaitu sediakan 1 buah jeruk nipis, kemudian dibagi menjadi 2 bagian dan peras, Tambahkan 1 sendok madu dan aduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 2-3 kali sehari.

Jeruk lemon

Sama seperti jeruk nipis, jeruk lemon juga merupakan buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak maupun batuk kering. Sehingga jeruk lemon bisa dijadikan sebagai obat batuk berdahak alami dan obat batuk kering alami. Bahkan mengkonsumsi air jeruk lemon ketika batuk juga dapat membantu mengurangi masalah batuk. Karena buah ini memiliki zat yang baik untuk melawan infeksi di tenggorokan.

Cara mengolah jeruk lemon untuk mengobati batuk yaitu sediakan 1 buah jeruk lemon, potong menjadi 2 bagian, dan peras. Campur air perasan tersebut dengan 1 gelas air hangat, kemudian tambahkan madu dan minum ramuan ini 2 kali sehari.

Tomat

Bahan alami untuk mengatasi batuk adalah buah tomat. Bahan alami yang satu ini sangat mudah didapat. Tomat mengandung vitamin yang berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat dapat melawan infeksi penyebab batuk. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita batuk. Pilihlah tomat yang telah matang. Cuci terlebih dahulu dan makan tomat mentah ketika masih segar.

Kiwi

Tidak hanya jeruk dan tomat yang mengandung vitamin C yang tinggi, buah kiwi juga mengandung vitamin C. Kandungaan yang terdapat didalamnya mampu memerangi bakteri maupun virus penyebab batuk. Selain itu, kandungan ini juga berperan besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nanas

Nanas merupakan buah yang baik dikonsumsi oleh penderita batuk berdahak. Karena buah ini memiliki kandungan enzim bromelain yang bermanfaat dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu juga dapat membantu menghilangkan bengkak di saluran pernafasan.

Blueberry

Seperti yang telah kita ketahui bahwa blueberry kaya akan kandungan antioksidan. Namun tidak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga buah ini bisa dikonsumsi oleh penderita flu dan batuk yang membantu mengatasi tubuh yang lemak ketika batuk atau flu.

Pir


Buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Karena buah ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan bakteri maupun virus penyebab batuk.

Buah anggur

Buah anggur memiliki sifat ekspektoran yang dapat mengeluarkan lendir di saluran pernafasan. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi oleh penderita batuk berdahak. Untuk konsumsi buah anggur saat batuk bisa dengan di makan langsung ketika masih segar dan bisa juga diolah jadi jus.

Itulah jenis buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Bila penderita batuk mengkonsumsi buah-buahan tersebut, semoga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah batuk selain minum obat batuk.

By Rizka Ardiana - Manfaat Jum'at, 14 April 2017 11:58:12

Related Post :
Kesehatan
Rangkaian Tes untuk Mendiagnosis…

Untuk mendiagnosis penyakit kanker…

Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga…

Berbagai faktor penyebab sakit…

Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang…

Berbagai cara penanganan asma…

Manfaat
Manfaat Tak Terduga Tepuk…

Tepuk tangan ternyata bukan…

Manfaat
6 Bunga yang Menyimpan…

Disamping memiliki warna yang…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Mengenal Sayuran Bok Choy Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Informasi lengkap tentang sayuran bok…

Manfaat
Mengetahui Kandungan dan Khasiat dari Daging Merpati

Meskipun sering dianggap sebagai hewan…

Manfaat
Khasiat Kopi Untuk Mengurangi Depresi Pada Perempuan

Selain dapat menghilangkan rasa kantuk…

Kirim Pertanyaan
Top