Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab kaki bengkak pada ibu hamil

Masa kehamilan adalah masa paling membahagiakan dan menegangkan bagi seorang wanita. Bagaimana tidak, di samping ia akan menjadi seorang ibu, di sana pula terdapat sedikit rasa kekhawatiran saat fase melahirkan tepat di depan mata. Namun terlepas dari hal itu, di momen kehamilan tersebutpun sering kali terdapat banyak masalah kesehatan yang terkadang menyebabkan ketidaknyamanan dan memperburuk kondisi selama kehamilan.


Namun, tidak setiap keluhan pada kehamilan belum tentu bersifat membahayakan dan tentunya terdapat solusi untuk mengatasinya. Dan salah satunya adalah masalah kaki bengkak. Mungkin bagi para ibu yang telah mengalami kehamilan sebelumnya kondisi ini tidak menyebabakan kekhawatiran yang berlebih. Namun bagi para calon ibu yang tengah merasakan kehamilan pertamanya, tentu kondisi ini sering kali di cemaskan oleh mereka. Adapun untuk mengetahui penyebab kaki bengkak pada saat hamil dan cara mengatasinya bisa anda simak dalam uraian singkat berikut ini.

Faktor penyebab kaki bengkak pada ibu hamil dan cara mengatasinya

Masalah kaki bengkak bagi ibu hamil tua maupun ibu hamil muda adalah keluhan umum yang sering kali di anggap normal dan wajar. Bahkan menurut suatu data, di laporkan sebanyak tiga perempat dari pada ibu hamil mengalami keluhan ini mulai dari tingkatan ringan hingga berat sehingga sangat menggangu aktivitas. Adapun keluhan kaki bengkak pada wanita hamil ini umumnya terjadi di sekitar lutut ke bawah. Kondisi ini biasanya kian memuncak dan terasa berat pada saat cuaca tengah panas, sore hari, bangun tidur dan ketika ibu hamil banyak berdiri atau duduk sepanjang hari.

Secara umum, penyebab kaki membengkak pada ibu hamil sendiri di karenakan oleh adanya penumpukan cairan secara berlebih pada kaki ibu hamil. Kondisi tersebut di latar belakangi oleh hormon kehamilan yang membuat tubuh menahan dan mengumpulkan cairan dan sodium (garam) yang lebih banyak. Gaya gravitasipun menjadi alasan mengapa cairan lebih banyak berkumpul pada bagian kaki.

Hal yang menyebabkan kaki bengkak pada ibu hamil juga adalah saat usia kehamilan makin membesar terutama pada trimester ke-tiga kehamilan. Kondisi ini di latar belakangi oleh perumbuhan janin yang kian membesar. Janin yang kian membesar tersebut pada umumnya menjadi hambatan pada aliran vena (pembuluh darah balik) sehingga membuat lebih banyak cairan berkumpul pada kaki. Bahkan selain kaki, beberapa anggahota tubuh lainnyapun dapat mengalami pembengkakan seperti halnya pada mata, muka leher dan bagian lengan.

Selain dari pada respon tubuh yang normal, penyebab pembengkakan kaki pada ibu hamil juga bisa di sebabkan oleh respon tubuh yang abnormal ataupun penyakit, seperti halnya preeclampsia. Adalah suatu penyakit eksklusif yang hanya dapat di derita oleh ibu hamil. Kondisi ini dini di sebabkan oleh tubuh ibu hamil yang berusaha untuk menyerang plasenta di dalam kandungan, baik ibu hamil yang baru pertama kali atau yang telah hamil untuk ke sekian kalinya.

Meski terkadang tidak menampakan gejala, adapun ciri utama terjadinya kondisi ini adalah tekanan darah yang tinggi. Selain itu, terdapatnya protein tinggi di dalam urin dan juga kaki bengkak saat hamil. Adapun gejala preeclampsia lainnya yang dapat terjadi adalah nyeri ulu hati di bagian kananan atas, sakit kepala hebat, pandangan yang buram, mual dan muntah parah, serta keluarnya urin yang sedikit. Bahkan jika terjadi gejala kejang pada ibu hamil, maka sebaiknya segera bawa ibu hamil ke pusat kesehatan terdekat.

Dan selain preeclampsia, beberapa gangguan kesehatan lainnypun dapat menjadi penyebab kaki bengkak seperti halnya varises, arthritis, diabetes, pembekuan darah, penyakit ginjal, penyakit liver, penyakit paru kronis, tiroid hingga tumor. Beberapa gejala gangguan kesehatan tersebut, sebelumnya tidak dapat di prediksi oleh ibu hamil secara mandiri. Maka inilah yang menjadi salah satu alasan kuat pentingnya melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala pada ibu hamil.

Maka dari itu, meski penyebab kaki bengkak pada ibu hamil sering kali di anggap hal yang wajar, namun kewaspadaan terhadap kondisi lainnyapun patut anda waspadai. Adapun tips ataupun cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama adalah seperti menghindari posisi berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama, membiasakan posisi duduk dengan kaki yang lebih tinggi di banding jantung, menggunakan kaos kaki dan alas kaki yang nyaman, mengurangi asupan garam di dalam masakan dan masih banyak lagi yang lainnya.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Sabtu, 15 April 2017 09:52:02

Related Post :
Ibu Hamil
Inilah Ciri-Ciri Rubella pada…

Inilah ciri-ciri rubella pada…

Kesehatan
Melakukan Pertolongan Pertama pada…

Tips pertolongan pertama pada…

Kesehatan
5 Pilihan Menu Takjil…

Berikut adalah pilihan menu…

Obat Kimia
Amfetamin Obat Untuk Mengatasi…

Amfetamin obat untuk mengatasi…

Penyakit
Mengenal Diagnosis Dan Pengobatan…

diagnosis dan pengobatan penyakit…

Penyakit
Ketahui Komplikasi Penyakit Radang…

Radang panggul merupakan infeksi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Hindari Makanan Penyebab Keguguran Hamil Muda

Untuk para ibu hamil hindari…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil jangan mengonsumsi obat…

Ibu Hamil
Begini Cara Mencegah Preeklampsia Ringan Dan Berat Saat Hamil

Begini cara mencegah preeklampsia ringan…

Kirim Pertanyaan
Top