Manfaat Daun Insulin Untuk Diabetes Dan Kesehatan Lainnya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun insulin ada baiknya untuk lebih di publikasikan lebih gencar lagi. Pasalnya, daun ini ternyata memiliki kandungan luar biasa yang mana dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti halnya diabetes, gangguan hati dan sebagainya.


Khasiat dari daun insulin sendiri secara langsung di buktikan oleh sebuah penelitian yang di lakukan oleh beberapa ahli. Adapun menurut Michael Hermann dari Research Project Leader of The Andean Roots and Tubers mengungkapkan, bahwasannya tanaman yakon (sebutan tanaman insulin di Indonesia) ini memiliki kandungan fruktosa sekitar 35%.

Sedangkan menurut penelitian lainnya seperti yang di lakukan oleh Dr, Sri Widowawati (Peneliti Balai Besar Penlitian dan Pembangunan Pascapanen Pertanian Bogor), tanaman yakon ini kaya akan kandungan insulin dimana setiap unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang bisa di cerna oleh enzim percernaan namun bisa di fermentasi di usus besar. Adapun untuk informasi selengkapnya, bisa anda simak dalam uraian singkat berikut ini.

manfaat daun insulin untuk diabetes dan masalah kesehatan lainnya

Daun insulin mungkin masih terdengar asing oleh anda, Bahkan mungkin andapun belum mengetahui bentuk maupun rupa dari tanaman yang satu ini. Hal tersebut memang di karenakan tanaman yang memiliki nama latin smallanthus sonchifolius atau Polymnia edulis, P. Sonchifolia ini  bukan berasal dari Indonesia atau negara Asia lainnya, melainkan asli dari pegunungan Andes Argentina. Di tempat asalnya sendiri, tanaman yang satu ini banyak di budidayakan karena memang mulai dari daun hingga akarnya di pergunakan sebagai pengobatan herbal.


Ciri-ciri tanaman insulin atau yakon ini sendiri adalah memiliki ketinggian lebioh dari 2 m, menghasilkan bunga mencolok berwarna kuning , rimpang berkembang hanya di bawah permukaan tanah dan terus menghasilkan tunas antena. Selain itu, tanaman ini juga memiliki sedikit rasa manis dan resin karena terdapatnya insulin di dalamnya.

Adapun manfaat dan khasiat daun insulin untuk kesehatan secara lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Membantu mengobati diabetes

Nah, bagi anda yang kini tengah menderita diabetes, ramuan herbal insulin bisa menjadi alternatif terbaik untuk membantu memulihkan kondisi anda. Adapun untuk pengolahannya bisa anda simak di akhir pembahasan.

2. Mengobati gangguan hati

Khasiat insulin lainnya adalah dapat mengatasi masalah gangguan hati hingga menguatkan hati dari berbagai jenis penyakit. Untuk itu, anda bisa mengonsumsi manfaat daun teh insulin secara teratur agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang hati.

3. Meningkatkan kesehatan organ ginjal

Daun insulin juga mampu untuk menyehatkan ginjal secara alami. Karena ginjal sensiri sangat rentan terserang virus mauopun kuman yang dapat membuat fungsi keduanya terganggu. Dan untuk mencegajnya, anda bisa menggunakan daun insulin sebagai alternatif obatnya.

4. Menjaga kesehatan kandung kemih

Tak hanya ginjal, kandung kemihpun dapat tersrang kuman manupun virus yang mempengaruhi kinerjanya. Maka dari itu, anda bisa mencegahnya dengan daun insulin ini.

5. Membantu mengatasi penyakit liver

Dari penelitian yang lebih lanjut seputar daun insulin di ketahui di dalam daun insulin terkandung zat yang mana sangat baik untuk membantu mengatasi masalah penyakit liver.

6. Kaya akan kandungan antioksidan

Di dalam daun ini juga terkandung senyawa antioksidan yang melimpah dan sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Bahkan mengonsumsi daun insuklin secara teratur mampu untuk menjadi alternatif pnghasil antioksidan di dalam tubuh.

7. Mengobati radang tenggorokan

Kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalam daun insulin di ktahui dapat membantu mengatasi masalah tenggorokan seperti halnya radang tenggorokan.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut sebuah penelitian terbaru, pohon insulin di percaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggisampai 5-10%. Maka dengan sangat bijak anda bisa mengambil manfaat dari daun insulin sebagai salah satu alternatif tanaman obat herbal yang efektif dalam mengatasi hipertensi.

9. Menurunkan kadar gula dalam darah

Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh pada umumnya menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit serius. Adapun jika kini anda tengah mengalami kondisi serupa maka anda bisa mencoba menurunkannya dengan mengonsumsi daun insulin. Karena di dalamnya di percayai mengandung senyawa yng dapat menurunkan kadar gula darah.

10. Antibakteri dan anti mikroba

Jika anda mengonsumsi daun insulin secara teratur maka dapat mencegah perkembangan bakteri dan kuman berbhaya di dalam tubuh, khususnya pada organ ginjal dan saluran kemih.

11. Memiliki efek prebiotik

Perlu anda ketahui bahwasannya daun insulin ini memiliki kandungan Fructooligosaccharides atau suatu fruktoasi yang sangat baik untuk bakteri baik di dalam usus. Maka dari itu, untuk mengonsumsi daun insulin juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda.

Cara mengolah daun insulin untuk kesehatan

Selain dapat di konsumi secara langsung, anda juga bisa mengolah daun insulin dengan cara berikut:

  • Siapkan 15 lembar daun insulin baik yang segar maupun yang telah kering.
  • Setelah di cuci bersih kemudian rebus dengan menggunakan 5 gelas air.
  • Setelah tersisa menjadi 3 gelas, kemudian angkat dan saring.
  • Minumlah ramuan daun insulin tersebut 2-3 kali sehari secara tertur, hingga kondisi anda mengalami pembaikan.

Namun di balik manfaat daun insulin yang begitu melimpah, menurut beberapa informasi yang beredar, seperti halnya zat insulin pada umumnya, daun insulin yang di konsumsi secara berlebihan dapat menbabkan timbulnya efek samping. Adapun efek samping daun insulin yang kemungkinan terjadi adalah gula darah akan menurunkan secara drastis, iritasi kulit, metabolisme tubuh menjadi menurun dan hipoglikmia, hiperglikemia. Adapun untuk meminimalisir terjadinya efek samping tersebut ada baiknya jika anda tidak mengonsumsi daun insulin dalam jangka panjang dan konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 15 April 2017 11:56:44

Related Post :
Kewanitaan
Mewaspadai Risiko Penyakit Kanker…

Sama halnya seperti organ…

Ibu Hamil
Dampak Dan Bahaya Mendengkur…

Dampak dan bahaya mendengkur…

Manfaat
Tak Disangka! Ini Manfaat…

Selain daging buahnya, bijinya…

Kesehatan
Hati-Hati! Makan Sendiri Ternyata…

Apakah Anda tahu bahwa…

Ibu Dan Anak
Inilah Manfaat Ajaib Madu…

Beragam manfaat dan khasiat…

Penyakit
Sering Mendengkur Keras Saat…

Sering mendengkur dengan keras…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
11 Khasiat Dan Manfaat Daun Ginseng Jawa Untuk Kesehatan

Selain untuk pakan kenari, khasiat…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Wortel Untuk Kesehatan

Kegunaan dan manfaat daun wortel…

Daun
Kandungan Gizi Dan Manfaat Daun Lamtoro Untuk Kesehatan

Kandungan gizi beserta khasiat dan…

Kirim Pertanyaan
Top