Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil secara alami mungkin menjadi salah satu informasi yang tengah banyak di cari terutama oleh ibi hamil yang kini tengah mengalami kondisi yang serupa. Lalu, bagaimana cara mengatasi kaki bengkakk pada ibu hamil? Infomasi selengkapnya bisa anda simak pada uraian berikut ini.

Terjadinya perubahan bentuk atau postur tubuh selama kehamilan adalah salah satu hal yang sering kali di anggap wajar selama perubahan yang terjadi menunjukkan gejala maupun keluhan yang normal. Adapun salah satu keluhan kehamilan yang pada umumnya banyak di jumpai pada ibu hamil adalah mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu atau edema. Adapun pembengkakan yang sering terjadi pada umumnya adalah di bagian kaki.


Seperti yang telah di sampaikan pada kesempatan sebelumnya, bahwasannya penyebab kaki bengkak pada ibu hamil sering kali di sebabkan oleh perubahan kadar hormon sehingga menyebabakan menumpuknya cairan dan sodium pada kaki. Selain itu, tekanan dari petumbuhan janin serta peningkatan volume darah selama kehamilan juga dapat menimbulkan pembengkakan. Kondisi tersebut pada umumnya sering kali di anggap wajar, meski pada beberapa kondisi lainnya hal ini perlu di waspadai karena kaki bengkak juga dapat di sebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan.

Kondisi kaki bengkak pada ibu hamil sering kali di temukan pada ibu hamil yang telah masuki trimestert akhir atau trimester tiga kehamilan, yang mana di karenakan kondisi berat badan yang semakin bertambah sehingga beban pada kaki semakin berat. Meskipun kondisi ini dianggap wajar, namun untuk mendapatkan kenyamananan selama kehamilan ada baiknya anda segera mengendalikannya dengan menjauhi beberapa faktor penyebabnya dan juga dengan menyembuhkanya dengan cara alami.

Tips dan cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil secara alami

Terdapat beberapa langkah maupun cara alami mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil, yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Saat anda duduk atau tidur, ada baiknya untuk mengganjal kaki dengan bantal, yang vertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah.
  • Usahakan ibu hamil untuk berolahraga secara tertur, seperti halnya berenang, jalan kaki dan olahraga ringan lainnya.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama, karena ini adalah faktor peningkat tingginya resiko mengalami edema atau pembengkakan pada kaki maupun anggahota tubuh lainya.
  • Mengurangi garam dalam masakan, karena penggunaan garam dalam masakan sejatinya dapat memperburuk kondisi pembengkakan.
  • Tidak menggunakan alas kaki dengan hak tinggi atau terlalu kekecilan, karena hal tersebut dapat menghambat sirkulasi darah ke kaki.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dengan porsi yang cukup, untuk menjaga agar kenaikan berat badan saat hamil tidak terlalu drastis.
  • Anda juga bisa memijat ringan kaki yang bengkak untuk mengatasinya. Caranya dengan memijat kaki yang bengkak dengan mengarahkan pijatan ke lutut. Pijat dengan lembut dan jangan terlalu keras. Gunakan juga kayu putih ataupun baby oil agar pijatan terasa lebih nyaman.

Adapun jika cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil di atas kurang membantu, dan pembengkakan yang terjadi kian parah serta di sertai dengan beberapa gejala lainnya seperti halnya sakit kepala, mual, muntah, nyeri heba pada perut hingga gangguan penglihatan, sebaiknya anda segera memrksakan diri ke dokter ahli kandungan. Hal tersebut di karenakan terdapat kemungkinan kaki bengkak yang anda alami adalah salah satu gejala dari gangguan kesehatan yang tidak anda sadari sebelumnya.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Senin, 17 April 2017 09:03:31

Related Post :
Kesehatan
Karena Alasan Ini Demam…

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, namun…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
7 Bahan Alami Ini…

Mengobati penyakit kulit kudis…

Ibu Dan Anak
Cara Tenangkan Bayi Sering…

Tips menenangkan bayi sering…

Obat Kimia
Ini Manfaat Kandungan Policresulen…

Bukan untuk obat sariawan,…

Ibu Hamil
Manfaat Jalan Kaki Di…

Manfaat jalan kaki di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil

Hal yang harus dilakukan setelah…

Ibu Hamil
Begini Cara Mencegah Preeklampsia Ringan Dan Berat Saat Hamil

Begini cara mencegah preeklampsia ringan…

Ibu Hamil
Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Sungsang yang Harus Diwaspadai

Posisi bayi sungsang termasuk kelainan…

Kirim Pertanyaan
Top