Manfaat Daun Cermai Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Share dan Tag Temanmu di :
Tidak hanya buah cermai saja yang dapat dimanfaatkan. Tapi akar dan daun cermai bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat daun cermai.



Sama seperti buahnya, daun cermai juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak diantaranya karbohidrat, saponin, tanin, polifenol, flavonoid, serat, lemak dan protein. Kesemua kandungan yang ada pada daun cermai memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Daun Cermai Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Batuk berdahak

Manfaat daun cermai untuk kesehatan adalah dapat membantu mengobati batuk berdahak. Cara mengolah daun cermai sangat mudah yaitu sediakan 3 genggam pucuk daun cermai, cuci terlebih dahulu. Rebus dengan menggunakan air 3 gelas. Biarkan sampai mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Banyak cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman yang ada disekitar lingkungan. Dan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol adalah daun cermai. Hal ini dikarenakan daun cermai memiliki kandungan saponin dan tanin yang tinggi yang bermanfaat untuk menyerap glukosa dan mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Sariawan

Tidak hanya buah cermai saja yang memiliki manfaat untuk mengobati sariwan. Daun cermai juga memiliki manfaat dapat mengobati sariawan secara alami. Cara mengolah daun cermai pun sangat mudah yaitu sediakan 3 genggam pucuk daun cermai, cuci hingga bersih, rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Biarkanlah hingga mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu diamkan sebentar hingga airnya dingin, kemudian gunakan air rebusannya sebagai obat kumur untuk penderita sariawan. Selain itu, ramuan ini juga bisa untuk diminum.

Asma

Asma adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami. Asma bisa diatasi dengan cara alami yaitu dengan minum air rebusan daun cermai. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 3 pucuk genggam daun cermai, cuci terlebih dahulu, kemudian rebus dengan menggunakan air 3 gelas. Biarkan sampai mendidih sampai air nya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu tambahkan madu atau gula aren. Minum ramuan ini selagi hangat.

Menurunkan tekanan darah tinggi


Tidak hanya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi saja, daun cermai juga bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara mengolah daun cermai sangat mudah yaitu sediakan 3 pucuk genggam daun cermai, cuci terlebih dahulu, kemudian rebus dengan menggunakan air 3 gelas. Biarkan sampai mendidih sampai air nya tersisa 1 gelas saja. Setelah air rebusannya dingin, minum air rebusannya.

Gigitan serangga

Daun cermai juga bisa bermanfaat dapat menwarkan racun akibat gigitan serangga. Cara mengolah daun cermai pun sangat mudah yaitu sediakan 3 genggam pucuk daun cermai, cuci hingga bersih, tumbuk sampai halus. Oleskan ramuan ini pada kulit bekas gigitan serangga.

Sembelit

Khasiat daun cermai untuk kesehatan adalah untuk membantu mengobati sembelit. Oleh karena itu, bagi anda yang menderita sembelit jangan langsung minum obat, sebaiknya atasi dahulu dengan cara alami yaitu dengan minum ramuan daun cermai . Caranya mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 1 genggam daun cermai, cuci terlebih dahulu, giling hingga benar-benar halus. Dapat anda keringkan atau bisa juga digunakan dalam bentuk gilingan yang basah. Kemudian seduh dengan menggunakan air panas, saat hangat tambahkan 1 sendok madu dan aduklah sampai merata. Minum air dan ampasnya, dan minum ramuan ini 2 kali sehari.

Itulah manfaat daun cermai untuk kesehatan beserta cara mengolahnya. Jadi tidak hanya buah cermai saja yang bisa di konsumsi. Daun cermai juga bisa dikonsumsi untuk mengobati berbagai penyakit. Dan semoga manfaat daun cermai yang sudah dijelaskan diatas beserta cara mengolahnya dapat bermanfaat. Bila anda menderita penyakit asma, darah tinggi, kolesterol tinggi, sembelit dan batuk berdahak anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun cermai.

By Rizka Ardiana - Manfaat Senin, 17 April 2017 13:52:51

Related Post :
Kewanitaan
Tanda dan Gejala Menopause…

Tanda dan gejala menopause…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Cara Memanfaatkan Sarang Semut…

Sarang semut memiliki banyak…

Tips
Cara Menanggulangi Polusi Udara…

Pada kenyataannya, polusi udara…

Kesehatan
Jangan Abaikan! Ini Saran…

Agar dapat terhindari dari…

Ibu Dan Anak
Penyakit Asma Tingkatkan Risiko…

Menurut sebuah penelitian, penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Manfaat Femmilove Untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Makanan Jepang Bagi Kesehatan

Selain memiliki rasa yang nikmat,…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga memiliki manfaat yang…

Kirim Pertanyaan
Top