Hal yang Perlu Dilakukan Jika Alami Keputihan Abnormal

Share dan Tag Temanmu di :

Keputihan abnormal atau disebut juga leukorrhea merupakan suatu kondisi dimana vagina mengeluarkan cairan tidak normal yang berbau. Cairan tersebut memiliki tekstur yang tiasa biasa dan dapat menimbulkan rasa gatal atau nyeri. Hal ini sering kali merupakan pertanda adanya masalah yang terjadi pada tubuh.

Keputihan abnormal bisa disebabkan oleh beragam hal, namun penyebab yang paling umum adalah infeksi dari zat yang mengganggu keseimbangan bakteri atau jamur pada vagina. 


Penanggulangan yang tepat terhadap keputihan sangat penting. Maka dari itu, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan jika alami keputihan abnormal :

Kenali warna dan bau pada keputihan

Sebelum menyatakan bahwa keputihan yang Anda alami termasuk keputihan abnormal, maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu waran dari keputihan itu sendiri, apakah abu-abu, putih susu, kuning, coklat, atau hijau. Warna dapat menentukan penyebab dan gangguan yang terjadipada vagina dan sel telur. Maka dari itu warna dan bau keputihan merupakan tanda yang paling penting dan menentukan apakah keputihan yang dialami termasuk keputihan abnormal atau bukan. 

Mengingat apa saja yang digunakan akhir-akhir ini

Untuk menjaga agar vagina tetap bersih dan harus, tidak sedikit wanita yang sering menggunakan beragam produk perawatan vagina. Sebagian cara aman untuk pH vagina dan kesehatan, namun sebagian lagi tidak. Maka dari itu, cobalah untuk mengingat kembali apa saja yang telah kamu gunakan akhir-akhir ini, seperti doucher, atau sabun khusus untuk daerah kewanitaan yang menganung parfum. Pasalnya, dua hal tersebut juga bisa mengakibatkan keputihan dan gangguan pada kesehatan vagina.

Tampon dan kondom juga bisa sebabkan infeksi

Serpihan kondom yang tertinggal di dalam vagina ternyata dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, tampon yang terlalu lama berada didalam vagina juga bisa menimbulkan infeksi pada vagina. 

Obat herbal

Sebagian perempuan takut untuk pergi ke dokter karena tidak mau diberikan obat antibiotik atau obat berbahan kimia untuk mengatasi keputihan. Jika demikian, Andan bisa menggunakan obat keputihan alami seperti air rebusan dauns irih, bawang putih, dan sebagainya. 

Kunjungi dokter

Meskipun Anda bisa memilih obat herbal sebagai solusi untuk mengatasi keputihan abnormal, namun alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter bagian ginekologi. Anda bisa melakukan pemeriksaan mengenai keluhan Anda secara lengkap. Selain itu, dokter juga kemungkinan akan memeriksa vagina Anda serta mengambil sampel dari cairan keputihan. Jika diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan darah. Ketika berkonsultasi dengan dokter, Anda perlu memberitahukan apakah anda aktif dalam berhubungan badan atau tidak serta produk pembersih daerah kewanitaan yang Anda gunakan. 

By Sri Maryati - Kewanitaan Selasa, 18 April 2017 13:21:31

Related Post :
Kesehatan
Ini Ragam Makanan Berwarna…

Beragam makanan berwarna hitam…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Selain sering di gunakan…

Penyakit
Inilah Kebiasaan Buruk Yang…

Kebiasaan buruk yang menyebabkan…

Tips
Tips Sederhana Jaga Kesehatan…

Penggunaan gadget dapat menimbulkan…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa…

Kebiasaan merokok yang sering…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Kanker…

Diagnosis dan pengobatan kanker…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memperburuk Keputihan

Tanpa disadari, beberpa kebiasaan sehari-hari…

Kewanitaan
Kewanitaan
Jenis-Jenis Keputihan Tidak Normal yang Harus Diwaspadai

Keputihan merupakan kondisi yang sangat…

Kirim Pertanyaan
Top