Manfaat Kalsium Selain Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kalsium, Tidak Sekadar Memelihara Pertumbuhan Tulang dan Gigi
Kalsium terkenal sebagai zat yang memiliki peranan dalam memelihara pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti susu, tahu, tempe, keju, kacang-kacangan, bayam, brokoli, dan ikan sarden. Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga dibutuhkan untuk sistem pembekuan darah, saraf, dan jantung.



Pada beberapa kasus, tubuh manusia ada yang membutuhkan asupan kalsium lebih tinggi khususnya di masa kanak-kanak. Juga pada perempuan hamil dan menyusui. Selain pada makanan, kalsium juga bisa didapat dari suplemen yang manfaatnya tidak hanya memenuhi asupan kalsium tubuh, tetapi juga untuk mengurangi kadar fosfat serta mencegah defisiensi kalsium. Berikut kami jelaskan lebih rinci mengenai manfaat kalsium untuk tubuh.
-Mendukung tinggi badan. Orang yang sejak dini mengonsumsi kalsium cukup, ukuran tubuhnya dijamin akan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Terlebih jika dibarengi dengan olahraga. Kalsium memang membuat pertumbuhan tulang menjadi cepat dan juga padat.


-Membantu pembekuan darah.  Saat bagian tubuh terluka, kalsium membantu membekukan darah. Manfaat kalsium dalam proses pembekuan darah sama dengan manfaat minyak lintah.
-Mencegah keropos tulang. Asupan kalsium cukup bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang.
-Membakar lemak. Sebuah penelitian membuktikan, kalsium dalam tubuh memiliki fungsi dalam mengatur berat badan karena kalsium memiliki sifat menekan nafsu makan.
-Membantu menjaga tekanan darah. Tekanan darah bisa dikontrol dengan kalsium. Tak hanya itu, mineral ini pun mampu membantu pergerakan otot serta kinerja saraf sehingga pembuluh darah dan jantung bisa bekerja dengan baik.
-Memperkuat gigi. Kalsium membantu gigi menjadi lebih kuat sehingga bisa terhindar dari penyakit seperti gigi berlubang atau gigi keropos.
-Mencegah kanker usus. Asupan kalsium dalam tubuh yang tercukup bisa menghindarkan Anda dari kanker usus karena kalsium bisa menekan pertumbuhan polip penyebab kanker usus.
Anda yang berminat mengonsumsi suplemen kalsium, sebaiknya hati-hati jika Anda sedang menderita penyakit sarkoidosis, gangguan ginjal, serta kandungan kalsium dalam darah dan urin sangat tinggi. Jika terjadi alergi pada suplemen yang biasanya berbentuk tablet dan cairan ini, segera temui dokter.
Mengenai dosis kalsium, disesuaikan dengan tingkat keparahan defisiensi serta kebutuhan seseorang terhadap mineral ini. Orang dewasa umumnya diberikan dosis 1000-1200 mg per hari. Sementara anak-anak tidak lebih dari 1500 mg per hari.


Berbeda dengan obat-obat kimia yang kami bahas sebelumnya, suplemen kalsium jarang ada yang menyebabkan efek samping. Hanya saja jika dikonsumsi dengan dosis berlebihan akan membuat sakit perut dan diare.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Manfaat Minggu, 22 Mei 2016 22:50:27

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat Kesehatan Terapi Leuhang Untuk Tubuh

Manfaat kesehatan terapi leuhang (Sauna…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Informasi tentang temulawak, kandungan nutrisi,…

Manfaat
Manfaat Viostin DS Untuk Kesehatan Sendi Dan Tulang Rawan

Manfaat viostis DS (Double Strength)…

Tambah Pertanyaan
Top