Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Timbulnya Keputihan

Share dan Tag Temanmu di :

Keputihan merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap kali di keluhkan oleh wanita. Dalam kondisi normal, vagina akan memproduksi sejumlah cairan yang berwarna bening, tidak berbau, serta jumlahnya tidak berlebihan. Cairan tesebut bermanfaat sebagai sistem perlindungan tubuh yang alami serta mengurangi gesekan pada dinding vagina saat berhubungan. 


Sebenarnya keputihan sendiri merupakan hal yang wajar terjadi pada area genital wanita. Namun, kelembaban yang tidak sesuai dengan pH (derajat keasaman) dapat membuat bakteri berkembang pesat dan menjadikannya semakin parah. Selain itu, ada beberapa hal sepele yang bisa sebabkan timbulnya keputihan, diantaranya :

Jamur, bakteri, parasit, dan virus

Jamur, bakteri, parasit, dan virus merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan keputihan. Seperti bakteri Gardnella dan parasit Trichomonas Vaginalis yang ditularkan melalui bibir kloset, hubungan seks, atau perlengkapan mandi. 

Kebersihan

Kebersihan merupakan faktor yang paling penting untuk dijaga, terutama pada daerah kewanitaan. Gantilah pakaian dalam minimal 2 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga agar vagina tetap bersih. Jika bagian kewanitaan terasa lembab berlebihan dan mengganggu, sesegera mungkin Anda harus mengganti celana dalam. Selain itu, selalu keringkan vagina setalah cebok dengan lembaran pengering yang bersih.

Konsumsi obat-obatan

Obat antibiotik sering diperlukan dalam proses penyembuhan untuk mengatasi penyakit tertentu. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, obat antibiotik ternyata memiliki dampak pada sistem imunitas tubuh wanita dan menyebabkan keputihan. 

Stres dan beban pikiran

Setiap orang memiliki tingkat stress sendiri-sendiri. Semua kinerja organ tubuh dipengaruhi dan dikontrol oleh otak. Ketika reseptor otak mengalami stres, maka hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh. Lebih dari itu, juga bisa mengakibatkan keputihan pada perempuan. Maka dari itu, jika pikiran dirasa sudah suntuk, sebaiknya segeralah lakukan relaksasi sejenak. 

Itulah beberapa hal sepela yang bisa sebabkan timbulnya keputihan yang sebaiknya dihindari. Selain itu, jika Anda menggunakan pantu liner, sebaiknya jangan terlalu lama dan disarankan untuk sering menggantinya. Pasalnya hal tersebut dapat membuat vagina lembab berlebihan dan memicu berkembangnya bakteri jahat. Jika Anda menemukan adanya hal dirasa mengganggu, maka segeralah temui dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Bahkan, jika diperlukan dokter akan meresepkan obat keputihan untuk membantu mengatasi keputihan yang Anda alami.

By Sri Maryati - Kewanitaan Rabu, 19 April 2017 11:36:20

Related Post :
Penyakit
Bahaya Kesemutan (Kebas) Pada…

Kesemutan (kebas) adalah kondisi…

Alami
Gusi Berdarah? Coba Atasi…

Cara alami atasi gusi…

Kesehatan
Makanan Ini Jadi Harapan…

Selain mengonsumsi obat, penderita…

Kulit
6 Hal Kebiasaan Buruk…

Kebiasan buruk yang harus…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi…

Ketahui manfaat jamur kuping…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Berbagai Penyebab Mood Buruk Pada Wanita Saat Haid

Inilah berbagai penyebab mood buruk…

Kewanitaan
Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top