Cara Sederhana Untuk Mencegah Keputihan Dengan Mudah

Share dan Tag Temanmu di :

Selain mengetahui cara mengobati keputihan secara alami, penderita juga harus mengetahui cara mencegah keputihan agar tidak mudah datang lagi. Namun, tidak semua wanita dewasa mengetahui cara mencegah keputihan sehingga sebagian wanita sering mengalami keputihan.


Sebagian wanita pasti pernah mengalami keputihan, bahkan mungkin hampir semua wanita dewasa pernah mengalaminya. Dan keputihan pun bisa dialami oleh ibu hamil. Sama seperti penyebab keputihan pada umumnya, salah satu penyebab munculnya keputihan saat hamil adalah kurang menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Perubahan hormon yang terkain dengan kehamilan juga bisa menjadi penyebab timbulnya keputihan pada ibu hamil.

Karena ada banyak faktor yang menjadi penyebab keputihan, maka keputihan pun bisa dicegah. Terlebih bagi anda yang pernah mengalami keputihan sangat disarankan untuk mencegahnya supaya anda tidak mudah sering mengalami keputihan.

Cara Sederhana Untuk Mencegah Keputihan Dengan Mudah

Hindari penggunaan cairan pembersih area kewanitaan

Cara sederhana untuk mencegah keputihan adalah jangan terlalu sering menggunakan cairan pembersih vagina. Terlebih bagi anda yang sering mengalami keputihan, sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih vagina supaya keputihan yang anda derita tidak semakin parah.

Hindari penggunaan bahan pelumas ketika berhubungan intim

Mungkin bagi sebagian wanita menggunakan pelumas supaya vagina lebih lentur ketika berhubungan intim. Padahal kebiasaan tersebut dapat menyebabkan keputihan pada wanita. Sebab bahan pelumas tersebut dapat mengakibatkan pertumbuhan virus atau bakteri lebih cepat pada vagina. Oleh karena itu jangan menggunakan pelumas ketika berhubungan intim.

Membersihkan organ intim dengan tepat


Mencegah keputihan juga bisa dengan menjaga kebersihan organ intim. Selain itu juga harus membersihkan organ intim dengan tepat yaitu mencuci organ intim dari depan ke belakang. Jangan mencuci organ intim dari area belakang ke depan. Dan jangan membersihkan organ intim dengan kanin maupun tissu terlalu dalam, karena dapat mengakibatkan konstaminasi bakteri pada bagian dalam.

Jangan menggaruk organ intim sat mengalami keputihan

Memang keputihan membuat wanita tidak nyaman karena membuat organ intim terasa gatal. Namun jangan menggaruk organ intim saat gatal akibat keputihan. Sebab dapat mengakibatkan keputihan yang lebih parah.

Ganti pembalut ketika menstruasi


Ketika menstruasi sebaiknya sering ganti pembalut, supaya mengurangi resiko infeksi yang dapat mengakibatkan keputihan berkepanjangan sesudah menstruasi. Selain itu, selalu menjaga kebersihan organ intim ketika menstruasi.

Sering ganti celana dalam

Agar terhindar dari keputihan sebaiknya selalu menjaga kebersihan organ intim yaitu dengan cara sering mengganti celana dalam 2-3 kali sehari. Apalagi bila celana dalam sudah basah, dianjurkan untuk mengganti celana dalam segera.

Cara lainnya untuk mencegah keputihan diantaranya jangan berhubungan intim dahulu saat keputihan dan jangan terlalu sering memakai celana yang ketat. Pencegahan tidak hanya dari luar saja, tapi juga dari dalam yaitu dengan minum air putih yang banyak dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Karena mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat mencegah infeksi bakteri, virus maupun termasuk infeksi jamur penyebab keputihan. Namun bagi anda yang sedang mengalami keputihan dan  mencari pengobatan yang alami untuk mengobati keputihan, obat keputihan alami bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk anda yang sedang mengalami keputihan.

By Rizka Ardiana - Kewanitaan Rabu, 19 April 2017 14:02:32

Related Post :
Penyakit
Waspada! Ini Bahaya Sindrom…

Waspada!! ini bahaya sindrom…

Penyakit
Waspada! Ini Jenis-Jenis Penyakit…

Waspada! Inilah jenis-jenis penyakit…

Kesehatan
Jenis-Jenis Injeksi Lutut untuk…

Injeksi lutut merupakan salah…

Kesehatan
Makanan Pengganti Nasi Untuk…

Makanan Pengganti Nasi Untuk…

Kesehatan
Sudah Diet Tapi Berat…

Ketahui beragam penyebab berat…

Kesehatan
Makanan dan Minuman Penyebab…

Makanan dan minuman penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Mewaspadai Risiko Penyakit Kanker Vagina pada Wanita

Sama halnya seperti organ lainnya,…

Kewanitaan
Mengapa Menstrual Cup Lebih Baik dari Pembalut? Ini Alasannya

Dibandingkan dengan pembalut, penggunaan menstrual…

Kewanitaan
Jangan Sering Memakai Pantyliner! Ini Bahayanya

Berbagai bahaya memakai pantyliner untuk…

Kirim Pertanyaan
Top