Cara Mudah Cegah Perut Kembung Setelah Makan

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak sedikit orang yang sering merasakan perut kembung setelah makan. Tentu saja hal ini membuat penderitanya tidak nyaman dan juga rasa begah pada perut yang dirasakan juga bisa mengganggu aktivitas. 

Perut kembung adalah salah satu gejala intoleransi makanan, yang juga dapat menyebabkan mual, sakit perut, diare, dan juga sembelit. Gejala intoleransi makanan biasanya timbul dalam waktu beberapa jam atau dalam hitungan hari setelah mengonsumsi makanan tertentu.


Kondisi ini diakibatkan karena ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan enzim tertentu yang diperlukan untuk mencerna makanan tersebut. Hal ini sebagian besar berhubungan dengan makanan seperti produk dari gandum, susu, produk kedelai, telur, kacang, kerang, dan coklat.

Perut kembung bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena makan yang berlebihan, intoleransi terhadap makanan tertentu, makanan yang terkontaminasi, atau perubahan cuaca. 

Namun, jika Anda sering mengalami perut kembung setelah makan, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk cegah perut kembung setelah makan, diantaranya :

  • Beri jarak setidaknya 15 menit sebelum dan sesudah antara makanan dan minuman. Ini akan membantu dalam mencegah pembentukan gas dan menyebabkan perut kembung. Jadi, sesudah makan sebaiknya beri jarak 15 menit sebelum minum air putih.
  • Berjalan sebentar setidaknya 5 menit setelah makan atau berolahraga ringan sebelum sarapan juga bisa membantu dalam mencegah perut kembung.
  • BagiA nda yang intoleran terhadap laktosa, maka perlu menghindari produk susu karena bisa meningkatkan pembentukan gas dan menyebabkan perut kembung. 
  • Pastikan untuk mengunyah makanan dengan benar dan bukan hanya menelannya. Ketika menelan makanan dengan cepat, maka akan ada banyak gas dalam perut. Hal ini tentu akan menyebabkan retensi gas dan mengakibatkan perut kembung. 
  • Kurangi asupan garam untuk cegah perut kembung, Pasalnya, kelebihan konsumsi garam dapat menyebabkan tubuh mengalami retensi air. Hal ini akan mengakibatkan perut kembung.
  • Soda dan minuman berkarbonasi yang berlebihan merupakan salah satu faktor penyebab perut kembung. Hal ini disebabkan karena gas yang dilepaskan akan menyebabkan perut jadi begah dan terasa tidak nyaman. 

By Sri Maryati - Tips Rabu, 19 April 2017 14:20:59

Related Post :
Tips
Tips Cara Alami Menghilangkan…

Salah satu masalah yang…

Kesehatan
Makanan yang dianjurkan untuk…

Selain mengonsumsi obat rematik,…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Melon merupakan buah yang…

Ibu Hamil
Hernia Inguinalis Cenderung Terjadi…

Hernia inguinalis cenderung terjadi…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Kesehatan
Manfaat Rutin Berolahraga Bagi…

Manfaat rutin berolahraga bagi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Lemah

Cara mencegah penyakit jantung lemah…

Tips
Cara Mengobati Bronkitis Dengan Bawang Putih

Cara mengobati bronkitis dengan bawang…

Tips
Mengatasi Otak yang Sedang Malas dengan Minuman Herbal

Tips mengatasi otak yang sedang…

Kirim Pertanyaan
Top