Perawatan Luka Diabetes Terbaru Dan Modern Di Rumah

Perawatan luka diabetes yang baik dan benar sebaiknya perlu di ketahui sejak dini karena bagi para penderitanya. Karena luka diabetes sendiri bukan sejenis luka biasa dan dan dapat menyebar dengan cepat apabila penangan yang di lakukan tidak tepat. Untuk itu, jangan persah sampai melewatkan untuk menyimak informasi berikut ini.

Luka diabetes adalah salah satu dari komplikasi penyakit diabetes yang patut untuk anda waspadai. Pada mulanya, luka pada penderita diabetes baik yang di sebabkan oleh goresan, terjatuh hingga kecelakaan terlihat biasa seperti luka pada umumnya. Namun, perlu anda ketahui bahwasannya sekecil apapun luka yang timbul pada penderita diabetes akan sulit sembuh, karena karakteristik luka diabetes sendiri yang sulit kering, sehingga pada umumnya luka dapat meluas dan parah jika seandainya penanganan yang tepat tidak di lakukan.

Hal tersebut sendiri di picu oleh kadar gula darah yang melambung tinggi di dalam tubuh, yang mana kondisi tersebut merusak aliran darah dan berbagai komponen syaraf, sehingga kesensitifitasnya terhadap nyeri menghilang. Dan oleh sebab itu, terjadinya luka baru sering kali tidak di sadari oleh penderita hingga ia menyadari adanya luka setelah mendapati luka telah bernanah dan mengeluarkan cairan akibat telah terjadi infeksi. Bahkan gula yang memenuhi darah tersebut pun menjadi pemicu tumbuh suburnya jamur pada luka, sehingga luka sangat sulit di sembuhkan.

Tata cara perawatan luka diabetes terbaru secara moderen di rumah

Adapun bagi anda penderita diabetes yang kini tengah mendapati adanya luka yang belum cukup parah di salah satu bagian sisi tubuh anda terutama pada kaki (diabetic foot), maka cara merawat luka diabetes sebagai pertolongan pertama yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cuci tangan dengan menggunakan sabuan cair (jika bisa yang mengandung antiseptik). Hal tersebut sangat berguna untuk membersihkan tangan dari berbagai kuman yang dapat membahayakan luka.
  2. Alangkah baiknya, perawatan di lakukan dengan menggunakan sarung tangan bersih untuk mencegah adanya infeksi.
  3. Selanjutnya, cuci luka dengan menggunakan air hangat yang telah di tambahkan antiseptik. Selain itu, anda juga bisa mencuci lukanya dengan menggunakan cairan infuse NaCl, ataupun air rebusan daun biji. Bahkan proses pencuci luka dengan menggunakan air rebusan daun jambu ini sendiri di ketahui bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menghilangkan bau pada luka. Caranya cukup dengan merebus 5 lembar daun jambu yang telah di bersihkan dengan menggunakan 1 liter air hingga mendidih. Gunakan untuk mengompres atau membersihkan luka.
  4. Hindari membersihkan luka dengan cairan toksik seperti H2O2.
  5. Setelah luka di cuci, kemudian gunakan kasa kering dan steril untuk mengeringkan luka secara pelan-pelan.
  6. Kemudian, tutup luka dengan kassa yang bersih dan juga steril. Dan juga gunakan plester untuk menjaga balutan agar tidak kotor dan tetap aman.
  7. Jika luka yang terjadi pada bgian kaki, maka anda dapat menggunakan kaos kaki yang dapat menyerap keringat dan juga terasa nyaman.
  8. Cuci tangan anda kembali hingga bersih.
  9. Adapun jika luka telah berwarna kuning ataupun menghitam sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi itu adalah luka mati yang harus segera melakukan pengangkatan, yang jika terus di biarkan dapat menyebar lebih luas lagi.

Pada orang awam, luka yang terlihat kering (menghitam atau menguning) sering kali di anggap mulai sembuh, yang padahal jauh di bawah kulit luka sudah dalam dan bahkan telah terbentuk goa (terowongan di bawah kulit. Ketidaktepatan dan ketidaktahuan keluarga maupun penderita sering kali memperparah luka. Terlebih jika terdapat keengganan penderita untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan karena khawatir akan terjadinya tindakan amputasi, hal tersebut adalah suatu tekanan besar pada pasien yang sering kali menyebabkan luka semakin parah. Padahal tidak setiap luka harus berujung dengan amputasi.

Maka darin itu, ada baiknya jika anda maupun salah satu dari anggahota keluarga ada yang tengah menderita luka diabetes, maka ada baiknya untuk segera membawanya ke pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Apabila penderita enggan di bawa, sebaiknya anda mencari alternatif lain selain melakukan hanya perawatan luka diabetes di rumah, seperti halnya anda bisa menggunakan obat luka diabetes tradisional dari QnC Jelly gamat yang mana khasiatnya telah terbukti ampuh untuk mengatasi luka diabetes secara alami. Informasi pemesanan Silahkan Klik Disini.

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 21 April 2017 09:59:59

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?

  • makanan untuk otak

    1 Balasan

    Kesehatan

    makanan apa yang cocok untuk mengisi nutrisi otak ? trima kasih

  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..


Kesehatan
Kelemahan Makanan Organik Yang Perlu Diketahui

Mengonsumsi makanan organik banyak memberikan…

Kesehatan
Tahapan-Tahapan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba

Tahapan-tahapan rehabilitasi bagi pecandu narkoba…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Empedu

Pantangan makanan bagi penderita batu…

Tambah Pertanyaan
Top