Jenis Makanan Untuk Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan untuk mengobati sariawan berikut sangat tepat apabila di konsumsi oleh penderita sariawan, agar sariawan yang di deritanya cepat sembuh. Tak hanya sehat, beberapa jenis makanan inipun mengandung beberapa jenis mineral dan vitamin yang baik untuk menguurangi hingga menghilangkan sariawan. Apa saja? simak informasi selengkapnya hanya disini.


Sariawan merupakan suatu kondisi yang di tandai dengan timbulnya rasa sakit yang di sebabkan oleh terdapatnya luka yang berbentuk bercak warna putih kekuningan akibat terjadinya kelainan yang timbul pada selaput lendir mulut. Sariawan sendiri pada umumnya sering kali menyerang daerah mulut seperti halnya bibir, lidah, gusi dan tenggorokan.

Banyak orang yang menduga, bahwasannya sariawan di sebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C pada tubuh seseorang. Namun, selain dari pada itu, masih banyak kondisi lainnya yang bisa menyebabkan sariawan. Bahkan, penyebab sariawan berkepanjangan di yakini merupakan suatu tanda dari penyakit.

Bagi siapa saja yang menderita kondisi ini pasti akan mengalami ketidak nyamanan yang luar biasa terutama karena rasa perih sehingga menyebabkan penderitanya menjadi kurang berselera makan dan juga malas untuk menggosok gigi. Tak jarang merekapun segera membeli obat yang di jual di apotik untuk mengatasinya. Namun, mungkin tanpa anda sadari ternyata masih banyak obat sariawan alami yang bisa kita manfaatkan, yang salah satu diantaranya bersumber dari makanan.

Jenis makanan untuk mengobati sariawan yang di anjurkan

Berikut adalah beberapa jenis makanan untuk mempercepat penyembuhan sariawan, sekaligus juga dapat menjadi pencegah dan penangkal sariawan pada anak maupun dewasa yang efektif.  Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung vitamin B

Seseorang yang kekurangan vitamin B di ketahui sangat rentan terjangkit beberapa msalah kesehatan seperti halnya sariawan, anemia, letih hingga depresi. Adapun untuk mengobati sariawan agar cepat pulih secara alami bisa anda mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk penyakit sariawan yang kaya akan vitamin B seperti halnya tiram, telur ikan, susu kedelai, daging, telur, dan juga susu beras.

2. Makanan yang kaya zat besi

Tak hanya berfungsi dapat menguatkan tulang dan otot melainkan makanan yang banyak mengandung zat besi juga sangat baik untuuk meredakan sariawan. Beberapa contoh makanan yang akaya akan zat besi diantranya adalah seperti bayam, daging sapi, tiram, hati ayam, kalkun, wijwn, sereal, labu, kentang, brokoli dan juga telur. Namun, konsumsilah dalam takaran yang wajar, mengingat segala sesuatu yang berlebih juga tidak baik terutama untuk kesehatan.

3. Makanan yang mengandung asam folat

Menu makanan untuk penderita sariawan lainnya adalah makanan yang mengandung manfaat asam folat. Untuk sayurann kandungan yang satu ini di temukan dalam bayam, asparagus, kubis dan lobak. Sedangkan pada buah-buahan asam folat terdapat di dalam pepaya, nanas, pisang dan grapefruit.

4. Makanan yang kaya vitamin C

Selain vitamin B, Vitamin C juga wajib di konsumsi oleh orang sariawan. Hal tersebut di karenakan vitamin C mampu meningkatkan kembali kekebalan tubuh untuk melawan infeksi bakteri penyebab sariawan. Adapun beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin C diantaranya seperti jeruk, buah berry, sayuran hijau dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Air kelapa

Meski yang satu ini bukan termasuk ke dalam kategori makanan, namnun air kelapa sendiri cukup ampuh dan efektif dalam menyembuhkan sariawan. Untuk itu, jangan malas untuk mengonsumsi air kelapa saat sariawan menyerang. Karena air kelapa sendiri mampu untuk menurunkan inflamasi dan mencegah sariawan datang kembali.

6. Buah-buahan yang mengandung air

Beberapa buah-buahan seperti semangka, pir dan ketimun juga di ketahui sangat baik di konsumsi oleh anda yang kini tengah sakit sariawan. karena beberapa jenis buah-buahan tersebut sendiri bersifat menenangkan dan memulihkan sariawan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi resep maupun menu makanan untuk mengobati sariawan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi anda. Namun, anda mengalami sariawan terus menurus atau tak kunjung sembuh lebih dari pada 2 minggu, maka anda sebaiknya segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat karena bisa jadi itu tanda penyakit.

By Nida Saripah - Kesehatan Sabtu, 22 April 2017 09:48:33

Related Post :
Tips
Cara Mengobati Bisul Yang…

Cara mengobati bisul yang…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit…

Berikut ini adalah berbagai…

Manfaat
Menguak Kandungan dan Manfaat…

Tidak hanya memiliki rasa…

Kesehatan
Mengejutkan! Ini Manfaat Sehat…

Bukan hanya digunakan berpasangan…

Tips
Cara Mudah Atasi Mata…

Berikut adalah beberapa tips…

Ibu Hamil
Penyebab Sesak Nafas saat…

Sesak nafas merupakan hal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Nafsu Makan Naik Turun saat Stres? Ini Penyebabnya!

Pernahkah Anda merasakan nafsu makan…

Kesehatan
Mewaspadai Komplikasi yang Bisa Timbul pada Penderita ALS

Sama halnya dengan penyakit kroni…

Kesehatan
Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi Susu Kental Manis Bagi Tubuh

Berikut adalah berbagai dampak terlalu…

Kirim Pertanyaan
Top