Pantangan Makanan Saat Sariawan Yang Perlu Di Hindari

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan makanan saat sariawan ada baiknya dapat di hindari oleh para penderitanya. Hal tersebut beberapa makanan ini di ketahui malah dapat memperparah kondisi sariawan anda jika di konsumsi. Dan adapun makanan penderita sariawan adalah sebagai berikut.


Sariawan mungkin menjadi suatu kondisi yang tak asing untuk di dengar karena memang kondisi ini mungkin pernah di alami oleh hampir semua orang termasuk salah satunya oleh anda. Terlebih sariawan juga dapat di almi oleh siap saja, entah itu wanita, pria, anak-anak, dewasa yang mana kondisi ini sering kali mengganggu kenyamanan karena rasa sakit yang terjadi, sehigga akan mengurangi kenikmata saat makan, minum bahkan berbicar sekalipun.

Sariawan sndiri adalah luka kecil, dengan tepi berwarna kemerahan yang mana bia muncul di mana saja pada jaringan rongga mulut, seperti halnya mulut, pipi, gusi, lidah, ternggorokan serta bagian lainnya dari pada mulut. Penyebab sariawan sendiri hingga saat ini belum di ketahui secara pasti, namun kondisi tertentu di duga menjadi pemicunya seperti halnya terdapat kelainan pada sistem imun, alergi terhadap produk rongga mulut dan lainnya.

Meski penyakit ini tidak menular dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada baiknya anda juga mengetahui beberapa pantangan makanan penderita sariawan yang wajib anda ketahui agar proses penyembuhan semakin cepat.

Pantangan makanan saat sariawan yang perlu di hindari

Setelah sebelumnya kami informasikan berbagai jenis makanan untuk mengobati sariawan, anda juga perlu menghindari beberapa jenis pantang ini, yang di antranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung minyak berlebih

Jenis makanan ini sangat rentan menjadi pemicu panas dalam. Adapun panas dalam sendiri adalah salah satu hal yang menjadi penyebab timbulnya sariawan. Dan jika jenis makanan yang satu ini di konsumsi oleh penderita sariawan maka jelas, hal tersebut dapat memperparah sariawan yang di alami. Adapun beberapa jenis makanan ini seperti gorengan, martabak, margarin, nasi goreng, dan makanan sejenis yang mengandung banyak minyak.

2. Makanan yang panas

Tak sebatas jenis, tekstur makanan pada penderita sariawan juga perlu di prhatikan. Jangan sampai anda mengonsumsi makanan dalam keadaan masih panas hal tersebut di karenakan dapat memperburuk iritasi sariawan yang terjadi pada mulut maupun lidah. Bahkan tak hanya itu, mengonsumsi makanan panas juga di percaya dapat merusak email gigi.

3. Makanan yang membuat iritasi

Beberapa jenis makanan dapat menimbulkan iritasi dan membuat penyakit sariawan yang anda alami semakin parah. Adapun jenis makanan yang di maksud adalah seperti halnya makanan bercitarasa pedas, seperti sambal, pedas, lada dan lainnya.

4. Makanan yang di fermentasikan

Makanan jenis ini di ketahui dapat mengikis luka semakin dalam sehingga menghambat penyembuhan. Adapun beberapa makanan yang di maksud seperti tape singkong, tape ketan, makanan atau buah yang di fermentasikan dan sebagainya.

5. Alkohol

Minuman yang satu ini pun masih termasuk ke dalam pantangan makanan penderita sariawan. Seperti halnya makanan yang di fermentasikan, alkohol juga mengandung senyawa yang dapat memperparah kondisi sariawan anda.

6. Makanan bertekstur keras

Makanan yang memiliki tekstur keras pun sebaiknya di tidak konsumsi oleh penderitanya sariawan. Selain dapat menyebabkan penderita mengunyahnya lama, makanan yang memiliki tekstur keras seperti halnya jambu batu, kue kering dan lainnya juga di ketahui dapat memperparah luka sariawan yang muncul.

Nah, itulah beberapa pantangan makanan saat sariawan yang ada baiknya di hindari oleh penderitanya. Adapun jika anda mengalami sariawan berkepanjangan sebaiknya selain mengonsumsi obat sariawan alami juga periksakan kondisi anda pada pusat kesehatan terdekat, untuk mengetahui diagnosis dan pengobatan sariawan yang tepat.

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 24 April 2017 11:07:17

Related Post :
Obat Kimia
Retinoic Acid Obat Untuk…

Retinoic acid obat untuk…

Kesehatan
Ini Larangan Dan Pantangan…

Berikut adalah larangan dan…

Ibu Dan Anak
Waspada! Memar pada Anak…

Bunda jangan biarkan lebam…

Manfaat
Manfaat Daging Trenggiling si…

Trenggiling yang merupakan hewan…

Kesehatan
Kerja Shift Malam Bisa…

Ada beberapa perusahaan yang…

Penyakit
Ini Gejala Dan Penyebab…

Berikut adalah berbagai gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Jenis-jenis Pendarahan Otak Lengkap Gejalanya

Pendarahan otak adalah salah satu…

Kesehatan
6 Gangguan Pernafasan yang Tidak Boleh Diabaikan

Meskipun terlihat sepele, namun sebaiknya…

Kirim Pertanyaan
Top